Belajar Penulisan Karya Ilmiah yang Baik dan benar

19 September 2015 10:02:55 Diperbarui: 19 September 2015 10:15:07 Dibaca : Komentar : Nilai :
Belajar Penulisan Karya Ilmiah yang Baik dan benar
Kumpulan Karya Ilmiah

Penulisan Karya Ilmiah Yang Baik Beserta Contoh - Halo semua salam dari member baru :D, Perkenalkan saya adalah seseorang yang hobi menulis tentang banyak hal. Apapun yang ada dalam benak pikiran saya akan saya tuangkan secara langsung di berbagai tulisan :D. Namun jangan terlalu berharap dengan tulisan yang bagus ya lol. Karna saya adalah seorang creativeprenuer yang menceritakan segala hal yang panas saat ini.

Oke, sebelum mulai menulis. kita harus memahami dahulu arti dari Apa itu karya ilmiah ? Berikut saya kutip dari wikipedia

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Sedangkan karya ilmiah berbeda dengan makalah, saya ambil sample makalah karna banyak orang yang berkata tentang karya ilmiah sama dengan Makalah. Makalah menurut KBBI yaitu :

makalah/ma·ka·lah/ n 1 tulisan resmi tt suatu pokok yg dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dl suatu persidangan dan yg sering disusun untuk diterbitkan; 2 karya tulis pelajar atau mahasiswa sbg laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi

Dan terdapat juga beberapa orang yang berkata Karya Ilmiah sama dengan Skripi , sekali lagi saya bilang. Hal itu jauh berbeda. Skripsi tidak sekomplex dari karya ilmiah. Skripsi biasanya dibuat oleh mahasiswa dalam menyelesaikan program studi S1. Berikut saya kutip pengertian skripsi dari wikipedia

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Nah sudah dapat membedakan antara karya ilmiah dengan makalah bukan ? Sekarang ini kita mulai menuju cara penulisan karya ilmiah dengan baik dan benar . Didalam penulisan karya ilmiah terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.Pengalaman saya sendiri dalam menulis karya ilmiah, saya biasa nya mengumpulkan sample terlebih dahulu.

 

Sedangkan cara menulis karya ilmiah yang baik bisa anda ikuti langkah berikut ini :

1. Tahap Persiapan

    a. PERSIAPAN PENULISAN KARYA ILMIAH

    b. PENGUMPULAN INFORMASI UNTUK PENULISAN KARYA ILMIAH

2. TAHAP PROSES PENULISAN

3. TAHAP EVALUASI

Bagi yang ingin mendownload salah satu hasil karya ilmiah saya tentang narkoba silahkan download disini

Di link download dibawah ini apa aja file di dalamnya ? di dalam ini sudah include:

  • Contoh Karya Ilmiah tentang Biologi
  • Contoh Karya Ilmiah tentang Sampah
  • Contoh Karya Ilmiah tentang Bahaya Narkoba (NAPZA)
  • Contoh Karya Ilmiah tentang KIR
  • Contoh Karya Ilmiah tentang Remaja dan Permasalahannya

Dan kunci utama dalam penulisan karya ilmiah yaitu fokus. Fokuslah dengan hal yang lebih penting, jangan biarkan pikiran anda bercabang, karna dengan pikiran yang bercabang akan memperlambat dan menggerus ide ide anda. 

Note tulisan ini berdasarkan pengalaman saya, dan beberapa pengertian saya kutip dari wikipedia. dan Karya Ilmiah

giladota

/penulisan-karya-ilmiah

Seorang yang mencintai untuk menulis tentang Karya Ilmiah dan Dota Guide Indonesia
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article