Pengertian analisis SWOT pada organisasi/perusahaan

29 Juni 2011 14:41:59 Dibaca :

Analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat ) merupakan analisis dari kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan dari suatu perusahaan atau organisasi serta peluang dan ancaman di lingkungan eksternalnya. Perusahaan atau organisasi harus membuat analisis SWOT dengan menekankan kepada kekuatannya untuk menutupi atau mengalahkan kelemahannya. Juga menggunakan peluang-peluang yang terlihat dari analisis tersebut, untuk menutupi segala ancaman yang ada di lingkungan eksternalnya.

Dengan analisis SWOT ini, maka perusahaan dapat melihat posisi dia terhadap perusahaan yang lain ( pesaing ) di industri yang sama. Dengan analisis ini, dapat di rumuskan grand strategy yang terdiri dari :


  • Strategi-strategi stabilitas perusahaan, yaitu strategi tingkat korporasi yang dibuat karena tidak adanya perubahan yang berarti.
  • Strategi-strategi pertumbuhan perusahaan, yaitu strategi tingkat korporasiĀ  yang berupaya meningkatkan tingkat operasi organisasi.
  • Strategi-strategi pengurangan, yaitu strategi tingkat korporasiĀ  yang berupaya untuk mengurangi keragaman operasional organisasi.
  • Kombinasi, yaitu mengejar dua atau lebih strategi diatas.


Pada awalnya analisis SWOT ini di khususkan kepada perusahaan-perusahaan yang sudah go public, tetapi pada saat sekarang, banyak perusahan-perusahaan yang belum go public sudah menggunakan analisis SWOT ini bersama-sama dengan penggunaan analisis Balance Scorecard.

Parlin Nainggolan

/parlin_nainggolan

Berbagi pengetahuan adalah hal yang memiliki kenikmatan tersendiri.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?