Bukan Hanya Olahraga, Berikut 6 Aktivitas yang Bermanfaat Untuk Membakar Kalori

9 Agustus 2017   14:40 Diperbarui: 9 Agustus 2017   17:54 106 0 0
Bukan Hanya Olahraga, Berikut 6 Aktivitas yang Bermanfaat Untuk Membakar Kalori
aktivitas sehat & bermanfaat -gambar: rumahsehatterpadu.or.id

Olahraga teratur adalah bagian terpenting dalam pola hidup sehat yang juga sulit untuk dilakukan, karena ketika berkeringat akan menyebabkan ketidaknyamanan pada diri Anda.

Tapi beruntung masih ada beberapa kegiatan yang membuat Anda tidak perlu untuk ikut program di pusat kebugaran atau pergi jogging untuk berolahraga. Ada beberapa cara yang menyenangkan yang akan membakar kalori tanpa Anda menyadarinya.

Jadi silakan tambahkan kegiatan di bawah ini dalam kegiatan keseharian Anda untuk membakar kalori.

1. Jalan-jalan: aktivitas sosial yang menyenangkan

Ajak teman Anda untuk melakukan oahraga ini, ketika Anda berjalan sambil ngobrol tentu beban tidak akan terlalu terasa dan olahraga menjadi lebih menyenangkan.

2.Naik gunung: dekat dengan alam sekaligus membakar kaori

Coba saja jalan melintasi beberapa daerah di hutan di dekat rumah. Aktivitas ini juga tidak perlu alat-alat khusus seperti ketika kita ingin mendaki gungung, meskipun tidak terlalu ribet mamun kita tetap bisa dekat dengan alam melalui kegiatan ini.

3. Menari:  Membakar kalori dengan cara yang menyangkan.

Entah  Anda tergabung dengan kelas menari atau hanya sekedar pergi ke cafe musik untuk berdansa dengan teman Anda. Namun nyatanya menari membuat Anda bersemangat dan sehat.

Yang terbaik dari kegiatan ini adalah,  Anda tidak sadar sudah menghabiskan banyak waktu dan tentu saja membakar banyak kalori dengan cara menyangkan yakni berekspresi bersama dengan musik dan lirik lagu semangat atau kata kata putus cinta bertema nostalgia.

4. Yoga: melenturkan dan menyehatkan tubuh

Ada banyak sekali manfaat ketika Anda melakukan yoga dengan teratur, salah satunya adalah membakar kalori. 

Melakukan yoga juga akan membuat tubuh Anda lentur dan membuatnya lebih enak untuk melakukan aktifitas-aktifitas lain. Cobalah untuk melakukanya setiap pagi dan rasakan manfaatnya.

5. Berenang: olahraga kardio yang terselubung

Berenang adalah cara yang menajubkan untuk membakar kalori Anda, karena membutuhkan gerakan otot yang cukup besar.

Jangan bayangkan terlebih dahulu untuk berenang di kolam kelas Olimpiade. Coba dulu untuk berenang di kolam renang atau danau dekat  rumah Anda. Habiskan waktu beberapa saat untuk membakar kalori Anda dengan berenang.

6. Bersih-bersih: menyelam sambil minum air

Seperti halnya berolahraga, bersih-bersih rumah adalah kegiatan yang membuat anda malas unutk menjalaninya. Namun coba bayangkan aktifitas bersih-bersih seperti: menyapu, mengepel, merapikan aneka baju kemeja yang berserakan, menata dan memindah barang, yang sebenarnya membuat tubuh Anda melakukan aktifitas setara ketika berolahraga.

Jika bersih-bersih tidak menjadi aktifitas yang Anda lakukan tiap minggu atau berkala, maka itu adalah kebiasaan yang kurang baik. Coba atur jadwal untuk bersih-bersih rumah, mungkin seminggu sekali.

Ketika Anda rajin bersih-bersih rumah, maka Anda juga akan mendapat dua manfaat. Yang pertama rumah yang bersih dan tertata rapi sedang manfaat yang kedua adalah kesehatan.