Mohon tunggu...
Sugi Siswiyanti
Sugi Siswiyanti Mohon Tunggu... Full Time Blogger - blogger lifestyle, content writer, writer

Menikmati hidup

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Rutin Menulis Minimalkan Writer's Block

15 Agustus 2017   04:46 Diperbarui: 15 Agustus 2017   05:08 3923
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Notes, Paper, Paper Ball, Memo, Office | www.pixabay.com

Awal Agustus ini saya bergabung dengan UC We Media sebagai kontributor pemula. Artikel pertama saya ditayangkan pada tanggal 7 Agustus silam. Gembira hati ini saat mengecek laporan dari adminnya kalau tulisan saya lulus edit dan sudah terbit. 

Setelah itu, saya tidak pernah menulis artikel apa pun lagi. Sebenarnya banyak ide memenuhi benak saya dari waktu ke waktu tanpa henti. Ide-ide ini paling sering muncul di kondisi yang tidak memungkinkan saya menulis. Jika ada tips menulis yang menyarankan segera tulis begitu ide muncul, hal itu tidak berlaku bagi saya. Mengapa? Karena saat ide muncul, saya sedang sibuk memasak, berjalan kaki, buang hajat, menggendong bayi, dan kesempatan lain yang bagi saya tidak memungkinkan bagi saya untuk mencatat. Jika saran itu mengatakan segera tulis begitu menemukan kertas dan pena, saya sudah ganti fokus.hehehe...

Dari sekian banyak penyebab writer's block, ada tiga penyebab utama :

1. Perubahan alur tulisan

Kadangkala, di tengah penulisan, saya berubah pikiran terhadap alur yang sudah sebelumnya sudah saya susun. Akibatnya, saya harus mengatur ulang alur penulisan sebelumnya agar tetap runtut, tidak membingungkan pembaca.

2. Kurangnya data yang dibutuhkan

Penulisan artikel untuk dibaca banyak orang mutlak ditulis berdasarkan fakta dan data. Jika tidak, itu namanya pembohongan publik. Seringnya, saya sudah mengetahui dan memahami tema yang sedang saya tulis, tetapi saya kekurangan data sebagai pendukung tulisan saya. Akibatnya, saya tidak jadi menulis tema tersebut.

3.  Kesulitan menyertakan foto-foto

Apa yang membuat tulisan pada blog menjadi enak dibaca dan populer? Biasanya foto-foto dan infografis yang menarik. Nah, seringnya saya takpunya referensi foto yang memadai. Bahkan untuk tulisan tentang keseharian, saya jarang punya foto-foto yang bercerita tentang keseharian saya. Kalau lihat blog teman-teman atau Instagram teman-teman yang menyajikan foto-foto keseharian, saya sering komentar dalam hati, sempet banget motretnya. hehehe...Tidak hanya foto, saya juga masih belum bisa menyajikan tulisan dengan infografis menarik seperti yang sering saya lihat di blog teman-teman.

Tiga hal itu tersebut adalah tiga besar penyebab writer's block yang sering saya alami. Kalau dirunut sih, tiga penyebab itu sebenarnya adalah akibat. Akibat tidak rutin menulis, banyak kendala yang saya alami saat dikejar dateline penulisan. Sebenarnya simple banget kan? RUTINITAS.Sampai saya ketik tebal pakai huruf kapital. Satu kata yang luar biasa banyak rintangannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun