PILIHAN

Hal-hal yang Harus Kita Siapkan Sebelum Liburan

17 Juni 2017 05:39:58 Diperbarui: 17 Juni 2017 07:56:15 Dibaca : 16 Komentar : 0 Nilai : 1 Durasi Baca :
Hal-hal yang Harus Kita Siapkan Sebelum Liburan
Dokumentasi pribadi

Tiap orang tentu mempunyai pengalaman dan cerita seru dalam perjalanan, seperti sebuah kalimat yang sudah sering kita dengar "Setiap Orang Punya Ceritanya Masing-Masing" misalnya saja seseorang sama-sama melakukan perjalanan keliling sumatra dan dengan rute yang sama, lalu cobalah tanya kepada mereka, tentu masing-masing akan mempunyai pengalaman berbeda. Nah itulah salah satu seninya berjalan, karena masing-masing orang bisa mempunyai cerita yang berbeda.

Akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan sekali jika kita sudah liburan tapi ternyata kita lupa sesuatu, nahh nggak mau seperti itu kan? yukk persiapkan baik-baik.

Beberapa orang yang saya tanyai akan melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan tapi adapun yang sok cuek tentang ini, nah kamu di tipe yang mana dulu nih..?? kalau saya sih memang lebih suka menyiapkan selengkap-lengkapnya sebelum melakukan perjalanan, jadi nantinya bisa bener-bener siap jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Dalam artikel kali ini saya mencoba menshare pengalaman saya, apa-apa aja yang perlu kita siapkan ketika ingin beribur.


  1. Perbaiki Niat dan pastinya siapkan fisik yang prima
    Ini hal yang paling utama menurut saya, sebelum kita liburan cobalah untuk memperbaiki niat bahwa perjalanan yang kita lakukan semata-mata hanya karena Allah, mencoba melihat bukti-bukti kekuasan Allah melalui sebuah perjalanan. Bahkan niat ini akan menjadi keramat ketika kita ingin mengunjungi sebuah tempat-tempat yang sedikit mistik, misalnya akan berwisata ke gunung. kenapa..?? karena biasanya banyak yang lupa diri ketika sudah sampai di puncak, ribut-ributlah, melakukan perbuatan yang nggak pantas misalnya,, sadarkah bahwa sebenarnya ada yang sedang memperhatikan kita., nah oleh karena itu tetap rendahkan hatimu dan perbaiki niatmu.

    Siapkan fisik tentu perlu dilakukan apalagi jika berencana liburan ke gunung, ataupun yang membutuhkan tracking-tracking yang lumayan. Dana alias budget tentu menjadi hal yang sangat krusil karena tanpa ini kita nggak akan bisa ke mana-mana. Perlu dana yang tak sedikit untuk membeli ticket pesawat, penginapan dan lain-lain.

  2. Siapkan budget pastinya
    Sebelum melakukan perjalanan pastikan kamu telah menyiapkan budget yang bisa mengakomodir perjalanan yang kamu lakukan, baik untuk one day trip ataupun long trip seperti yang dilakukan oleh teman-teman backpacker. Khususnya untuk perjalanan dengan backpacker maka kamu perlu melakukan management pengeluaran dana sebaik mungkin agar tidak terlalu boros dalam perjalanan.

  3. Carilah Info tentang destinasi yang akan di tuju dan
    Biasanya sebelum saya melakukan sebuah perjalanan, saya akan mencari info sebanyak-banyaknya tentang destinasi tersebut, misalnya gimana cara yang mudah menuju ke sana, dan spot-spot apa aja yang bisa di Explore. Hal ini sering sekali saya lakukan sebelum saya melakukan trip, apalagi di Lampung ini eksistensi sosial media begitu berpengaruh jadi sangat mudah mendapatkan info yang kita cari.

    Nah sekarang masalahnya tinggal, apakah kuota internet kamu mencukupi atau nggak..?? di Lampung ini kebetulan jaringan XL sudah 4G dan juga beberapa kali saya keliling di daerah perkotaanya pun masih sangat lancar dan jaringan 4Gnya masih stabil. Dengan keunggulan ini makanya saya mempercayakan dukungan paket internet saya ke si biru XL ini, jadi akses informasi yang saya butuhkan jadi lebih cepat.    
    Bukan itu aja, di XL pun ada namanya layanan youtube tanpa kuota, jadi ketika saya ingin melakukan trip maka saya bisa bangun lebih pagi untuk mencari info-info tambahan di youtube, misalnya saja video-video perjalanan dari beberapa travel blogger yang telah mengexplore tempat tersebut. Perlu diingat bahwa layanan youtube tanpa kuota ini dapat dinikmati dari jam 01.00 dini hari sampai jam 06.00, jadi usahakan bangun subuh aja.

    Khusus untuk backpacker yang melakukan long trip, seperti keliling jawa atau keliling sumatra maka saya sarankan, sebelum melakukan perjalanan carilah kontak temen-temen di masing-masing daerah yang bakal kamu kunjungi, nantinya temen ini akan memberikan info ke kamu biar nggak nyasar hehe... Pengalaman yang saya pernah saya lakukan ketika keliling sumatra adalah mengontak temen-temen yang sehobbi dengan saya, misalnya perwakilan backpacker di masing-masing daerah dan komunitas-komunitas traveller lainnya.

  4. Membawa pakaian perlengkapan secukupnya dan cheklist baran bawaan
    Membawa barang yang akan dipergunakan dalam perjalanan juga harus menjadi perhatian, harus teliti barang-barang apa aja yang menjadi prioritas jadi nggak asal bawa aja yang bisa membuat kamu kewalahan nantinya.
    Jangan lupa membawa cheklist barang bawaan, kenapa..?ini sangat berguna loh untuk mengecek barang-barang bawaan kamu dan memastikan tidak ada barang kamu yang ketinggalan.

  5. Lain-lainnya    

    Hal-hal kecil yang tidak boleh luput dari perhatian adalah Power Bank dan obat-obatan pribadi. Power bank ini banyak manfaatnya loh, saya ingat banget waktu trip keliling sumatra, di tengah perjalanan HP saya lowbet padahal saat itu saya sedang menggunakan GPS,, :( bisa di bayangin sendiri gimana rasanya berada di tengah perjalanan yang kita nggak tau arahnya, sedang nyari jalan dengan bantuan GPS dan tiba-tiba HP mu mati.. hiksss hikss (nggak usah digambarin gimana sakitnya hatiku saat itu) jadinya kesasar ke mana2 deh. Tapi saya kasi solusinya, yaitu mampirlah di rumah-rumah makan, jadi sambil makan kamu juga bisa numpang ngecas batrei HP kamu yang lowbet.

    Obat-obatan pribadi jangan lupa loh,,,kalau ini cukup kalian ajalah ya yang tau obat-obat pribadi kalian, tapi saya sarankan jangan lupa bawa. oke gais.. happy traveling

    Oke sekian cuap-cuap saya tentang hal-hal yang harus kamu siapin sebelum melakukan sebuah perjalanan, semoga bermanfaat ;)
KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL wisata

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana