Mohon tunggu...
Haryadi Yansyah
Haryadi Yansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

ex-banker yang kini beralih profesi menjadi pedagang. Tukang protes pelayanan publik terutama di Palembang. Pecinta film dan buku. Blogger, tukang foto dan tukang jalan amatir yang memiliki banyak mimpi. | IG : @OmnduutX

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Memaksimalkan Keberkahan di Bulan Ramadan, Pasang Target Aja!

16 Mei 2018   19:30 Diperbarui: 16 Mei 2018   19:29 963
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk orang seperti saya yang sering kali tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu, terlebih lagi jika harus mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan, membuat rencana kegiatan yang terstruktur adalah sebuah solusi.

Nggak usah yang terlalu ribet, sekadar menempelkan post it berisi beberapa checklist box kerjaan yang harus selesai dalam satu hari aja rasanya sudah membantu sekali. Nah, menjelang bulan Ramadan seperti sekarang, sepertinya saya harus kembali membuat/menuliskan beberapa target kegiatan agar pelaksanaan kegiatan selama Ramadan berlangsung dengan efektif dan penuh berkah. Amin.

Apa saja sih rencana kegiatan dan target pencapaian yang saya canangkan untuk dilaksanakan saat Ramadan? Ini dia!

Mengurangi Tumpukan Buku 

Apakah kamu seorang Bibliomania seperti saya? Bagi yang belum ngeh dengan istilah ini, bibliomania adalah sebutan bagi orang yang gemar menimbun buku namun kemampuan membaca berbanding terbalik dengan intensitas membeli buku.

Sedih rasanya melihat tumpukan buku yang bahkan beberapa masih berplastik. Ntah karena kesibukan, atau pengaruh sosial media, kemampuan saya dalam membaca jauh drastis menurun dibandingkan periode saat masih sekolah. Nah, di bulan Ramadan ini, saya bertekad untuk mengurangi sebanyak mungkin tumpukan yang ada.

Mungkin dapat dimulai dari buku yang secara bobot tidak begitu tebal dan benar-benar ingin saya baca terlebih dulu. Hayo, seberapa banyak tumpukan bukumu di rumah? Yuk tanding-tandingan mengurangi tumpukan sama saya!

Sebagian kecil tumpukan (Dokumentasi Pribadi)
Sebagian kecil tumpukan (Dokumentasi Pribadi)
Khatam Al-Quran

Walaupun secara tampang, saya ini nampak soleh --batukbatuk, namun sesungguhnya amalan ibadah saya di hari-hari biasa tidaklah banyak. Bisa disiplin shalat 5 waktu aja rasanya sudah bersyukur sekali. Baca Quran? Duh...

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, saya selalu bertekat untuk mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadan. Targetnya tidak muluk-muluk. Bisa ODOJ (One Day One Juz) saja sudah bagus. Jika berhasil, tepat di penghujung Ramadan, saya akan menamatkan 30 juz atau 1 kitab penuh.

"Lalu, tahun ini bakalan targetin khatam berapa kali?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun