HIGHLIGHT

Jennifer Chrysantha Salim, Terpilih Mewakili Indonesia ke Asia Pacific Steinway Regional Final

12 Mei 2012 18:14:51 Dibaca :
Jennifer Chrysantha Salim, Terpilih Mewakili Indonesia ke Asia Pacific Steinway Regional Final
Jennifer Chrysantha Salim memukau dengan permainan pianonya di Malam Final Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2012 di Goethe Jakarta (dok. koleksi pribadi/Olive Bendon)

Pada Selasa (08/05) saya menerima surel yang dilayangkan oleh Goethe Institut Jakarta berisi undangan untuk menghadiri Malam Final Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2012. Kompetisi piano ini adalah salah satu kegiatan JERIN (Jerman Indonesia) yang penyaringan babak semifinalnya dilakukan di 3 (tiga) kota masing-masing Surabaya (31 Maret 2012), Medan (28 April 2012) dan Jakarta (5 Mei 2012). Dua juara dari masing-masing kota dipilih untuk berlaga di final yang diselenggarakan di Goethe Haus, Jakarta - Sabtu, 12 Mei 2012.

Kompetisi piano yang diselenggarakan oleh House of Piano dan PT Citra Intirama sebagai distributor Steinway & Sons di Indonesia, dibagi dalam 2 (dua) kategori utama yaitu:

  • Talentum Piano Competition (TPC) dibagi 2 (dua) kategori masing-masing Kategori A untuk usia dibawah 10 tahun dan Kategori B untuk usia dibawah 13 tahun.
  • Indonesia Steinway Youth Piano Competition untuk usia 10 - 17 tahun

Pemenang yang terpilih dari Indonesia Steinway Youth Competition 2012, mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia bertanding pada Asia Pacific Steinway Regional Final yang akan berlangsung 27-29 Juli 2012 di Singapura. Di kompetisi Asia Pasifik ini, wakil Indonesia akan bersaing dengan Taiwan, Korea, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Thailand memperebutkan satu tiket ke The International Steinway Festival Hamburg, Jerman. International Steinway Festival adalah ajang dua tahunan bagi para pianis muda berbakat dari berbagai belahan dunia untuk unjuk kepiawaian bermain dengan tuts-tuts piano. Tahun ini Asia Tenggara  diberi kesempatan turut serta dalam festival Steinway bersaing dengan Belgia, Cina, Denmark, Perancis, Belanda, Swedia, Spanyol dan Jerman September mendatang.

Muka Jennifer Chrysantha Salim, murid kelas IV SD Mitra Universal dari Surabaya berseri-seri menaiki panggung saat namanya dipanggil sebagai juara pertama Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2012. Jennifer yang dijuluki Jaya Suprana 1/2 manusia 1/2 malaikat, dinilai sebagai peserta yang hebat, optimis harus menang dan memiliki talenta yang luar biasa. Pantas bila permainannya berhasil memikat hati para juri yang terdiri dari Adelaide Simbolon, Fabiola Chaniago, Frank DeMeglio, Glenn Bagus Zulkarnaen, Heboch Kristianto, Iswargia R. Sudarno, Jaya Suprana, Johannes S. Nugroho, Kazuha Nakahara, Levi Gunardi, Ruth Wibisono dan So Kim Wie. Setelah penyerahan hadiah, para juara dari masing-masing kategori unjuk kebolehan ditutup oleh permainan Jennifer yang memukau membawakan Nocturne in B Major karya Chopin. Gurat bahagia dan bangga pun terpancar di wajah sang mama, Ibu Lani yang menemani Jennifer ke Jakarta.

1336846062195947017
Para pemenang Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2012 berfoto bersama juri setelah penyerahan hadiah (dok. koleksi pribadi/Olive Bendon)

Semua finalis Indonesia Steinway Youth Piano Competition 2012 mendapatkan kesempatan mengikuti Masterclass Piano dari Frank DeMeglio. Sedang pemenang pertama dan kedua juga berkesempatan mengikuti Masterclass Piano dari Dr. Steven Spooner.

Beragam kegiatan JERIN dengan motto "Kreativitas dalam Keragaman" diselenggarakan dari Oktober 2011 hingga Juni 2012 di beberapa kota besar di Indonesia yang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Jerman dan menampilkan Jerman sebagai mitra Indonesia. Rangkaian kegiatan tersebut diorganisir oleh Goethe Institut Jakarta, EKONID (Kamar Dagang Jerman-Indonesia) dan Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. Kalender kegiatan lainnya bisa dilihat di SINI. [oli3ve]

Olive Bendon

/oli3ve

TERVERIFIKASI (BIRU)

penikmat alam ciptaan Tuhan, senang berjalan kaki & menyesap senyap saat mutar-mutar di kuburan tua. menitipkan jejak di http://obendon.wordpress.com dan http://perempuankeumala.wordpress.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?