Mas Nuz
Mas Nuz karyawan swasta

hamba Alloh yang berusaha hidup untuk mendapatkan ridhoNya. . T: @nuzululpunya | IG: @nuzulularifin

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Oli Federal, Pelumas Pilihan Spesial Keluarga Saya

4 September 2015   23:03 Diperbarui: 5 September 2015   00:34 9131 4 4

Cerita oli mesin, mau tak mau harus berbagi pengalaman dulu nih. Burhubung ada 4 motor di rumah, maka cerita si Blacky pasti lebih asoy. Blacky itu julukan motor Vario 110 cc standar, edisi produksi pertama tahun 2006. Tepatnya edisi Desember 2016. Jadi hampir 9 tahun sudah dia menemani perjalanan keluarga saya. Tak terhitung lagi berapa ratus ribu kilo meter perjalanan bersamanya.

Tercatat 3 kali ganti kabel speedometer. Sampai terakhir karena sudah beberapa kali melewati angka keramat '00000'speedo meter, akhirnya saya biarkan mati. Toh, nanti kalau saya pasang lagi, pasti akan mati lagi. Maklum, dengan si blacky itu perjalanan keliling kota atau provinsi seringkali saya jalani. Sementara perjalanan Mojokerto-Jogjakarta PP, hampir rutin saya jalani 2 bulan sekali. Maklum, naik motor adalah hobi saya sejak SMA.

[Bersama si Blacky, mendokumentasikan upacara Kuningan di Bali.]

Bersama di Blacky ini pula, perjalanan ke 6 provinsi pernah saya jalani: Jatim, Jateng, Jabar, DIY, Bali, dan NTB. Trek model apapun pernah saya lewati. Jalan aspal, makadam, tanah, bahkan jalan menanjak berbatuan pun dia lalap. Tentu semua itu tak akan lancar jika tak didukung kondisi sepeda motor yang prima. Utamanya mesin sebagai sumber tenaga yang menggerakkan roda.

Nah, untuk menjaga kebugaran mesin, ada SATU RAHASIA agar MESIN TETAP PRIMA. Mau tahu?

Resepnya sih cukup sederhana. Ikuti aturan main. Itu saja. Berhubung saya dan keluarga termasuk keluarga yang cukup disiplin merawat kendaraan, maka masalah mesin tak lagi merepotkan. Demikian juga untuk si Blacky. Berhubung sejak dari awal sudah diminta untuk Gunanakan Selalu Federal Oil, maka saya pun saklek juga. Tak pindah ke lain hati begitulah. Nurut, mengikuti anjuran Buku Servis dan Garansi Tipe Skutik yang dikeluarkan oleh pabrikan Vario.

Saat itu, saya berpikir bahwa oli tersebut pasti telah melalui uji kelayakan hingga direkomendasikan untuk Vario. Apalagi dari acara gathering perusahaan motor tersebut menyatakan bahwa apapun yang direkomendasikan oleh pabrik, itu lah yang terbaik. Maka saya tak ragu lagi untuk memilih Oli Federal sebagai penghuni setia 'daleman' mesin si Blacky.

Oh, ya. Pada tahun 2006 tersebut Federal Oil untuk si Blacky masih bernama Federal Oli Supreme. Kemudian berubah menjadi Federal Flick, selanjutnya di tahun 2012 menjadi Federal Matic. Oli Federal Matic ini sendiri ada 2 jenis, yaitu Federal Matic Flick 30 dan Federal Matic Flick 40. Flick 30 untuk spesifikasi SAE 10W-30, sementara Flick 40 untuk spesifikasi SAE 10-W40. Flick 30 lebih cocok digunakan untuk motor Honda, sementara untuk Flick 40 lebih cocok untuk motor Yamaha dan Suzuki.

Untuk si Blacky sendiri, saya pilih Federal Matic UltraTech, sebagaimana penampakan gambar di atas. Hal itu karena direkomendsaikan untuk motor matik yang berusia lebih dari 3 tahun. Maka usia 9 tahun pasti cocok dengan si Blacky. Sementara itu, keunggulan yang ditawarkan oli Federal Matic Ultra Tech ini antara lain:

  1. Sangat tepat untuk motor matik yang membutuhkan oli mesin yang tak terlalu encer.
  2. Cocok untuk mesin motor matik yang sering melakukan perjalanan jauh atau membawa banyak beban. (Ini saya banget lho.)
  3. Zat aditif Heat Protection Formula membuat mesin tidak cepat panas dan suara mesin menjadi lebih halus.

Satu lagi keunggulan yang pernah saya alami. Tapi untuk yang ini sebaiknya jangan dicoba di rumah (ups...kayak sulap). Di Buku Servis tertulis: 4000 km / 4 bulan oli harus diganti. Tapi yang terjadi adalah, istri saya mengganti oli pada setelah 5000 km. Kebetulan saat itu saya tidak bisa mengecek. Sebab pekerjaan mengharuskan saya tidak bisa pulang sampai 5 bulan. 

Terus terang, saat itu hati saya cukup kacau. Apalagi urusan ganti-mengganti oli, istri tercinta tinggal terima beres. Maka, langsung saya mengontal mekanik bengkel untuk mengambil si Blacky. Kebetulan tempat servis rutin tersebut adalah langganan untuk motor matik saya. Setelah selesai servis plus ganti oli ternyata menurut mekanik tersebut baik-baik saja.

"Olinya lumayan keruh, Mas," demikian kata sang mekanik. Ya mesti saja, batin saya. Namun tidak ada masalah yang serius. Hanya cukup mengganti ban belakang saja. Kejadian tersebut kami alami sekitar Maret 2008. Duh, saya tak membayangkan jika menggunakan oli selain Oil Federal

Lha kalau Divisi Roda Dua PT Federal Karyatama, pabrikan oil Federal mau membuat Endurance Journey 4000 km, boleh pakai motor saya lho. Apalagi kalau sekalian dengan pemiliknya, alias saya sendiri. He...he...he...serius lho ini. 

Melihat keunggulan yang dimiliki oleh oleh Federal seperti yang saya gunakan, pasti ada pertanyaan, "Bagaimana oli untuk kendaraan yang lain?"

Ho...ho...ho...santai saja. Semua pasti kebagian. Cukup dengan menekan tulisan ini, Anda bisa memilih jenis oli Federal apa yang paling cocok dengan kendaraan Anda. Lengkap dengan keunggulan-keunggulan apa yang ditawarkan. Dan semuanya itu dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau.