Politik

Mengetahui Konsep dan Sistem Politik Indonesia

13 September 2017   13:43 Diperbarui: 13 September 2017   13:47 256 0 0

Politik merupakan interaksi antara masyarakat dengan pemerintah dalam pembuatan keputsan dan kebijakan tentang kebaikan bersama dalam suatu wilayah tertentu. Sedangkan sistem itu sendiri merupakan keseluruhan yang kompleks dan terorganisasi. Jadi sistem politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembuatan dan pengambilan kebijakan yang mengikat tentang kebaikan bersama antara masyarakat yang berada dalam suatu wilayah tertentu. 

Sistem politik Indonesia diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhan berbagai kegiatan dalam negara Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan umum termasuk proses penentuan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi dan penyusunan skala prioritasnya. Sistem politik Indonesia dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa dan mencapai tujuan nasional maka harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Dalam menyelenggarakan politik negara, yaitu keseluruhan penyelenggaran politik dengan memanfaatkan dan mendayagunakan segala kemampuan aparatur negara serta daya dan dana demi tercapainya tujuan nasional dan terlaksanannya tugas negara sebagaimana yang ditetapkan dalam UUD 1945.

Didalam konsep dan sistem politik Indonesia terdapatnya proses sistem politik dimana menjelaskan tingkah laku (sosial dan politik) yang dibuat oleh manusia yang bertujuan untuk mengatur hubungan antara satu sama lain, adanya struktur sistem politik guna untuk mengetahui struktur-stuktur yang ada dipemerintahan seperti parlemen, kepala negara, kelompok yang berkepentingan dan masih banyak lagi. Lalu adanya fungsi, dengan adanya fungsi dapat mempermudah pemerintah dalam megambil keputusan dan kebijakan yang mengikat mengenai nilai-nilai yang sifatnya material yang mengarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan masyarakat. 

Berbicara mengenai politik tidak ada habisnya karena politik sangat berpengaruh dalam negara tersebut terutama di Indonesia. Indonesia menganut sistem politik demokrasi pancasila yakni sistem politik yang didasarkan pada nilai-nilai luhur, prinsip, prosedur dan kelembagaan yang demokratis. Negara dengan sistem politik demokrasi harus menjamin hak-hak masyarakat melalui tatanan politik yang ditetapkan dalam konstitusi. Sistem demokrasi pancasila memberikan kekuasaan dan membatasi kekuasaan pemerintahan berdasarkan persetujuan yang diperintah rakyat.

 Dengan adanya konsep dan sistem politik, maka menjadikan negara menjadi terarah dan tidak melenceng dari peraturan yang telah ditetapkan, sehingga negara menjadi tentram tanpa adanya gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dalam negara.