Dr. Nugroho, SBM, MSi
Dr. Nugroho, SBM, MSi pegawai negeri

Saya Pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip Semarang

Selanjutnya

Tutup

Politik

Apa Motif Fadli Zon Kunjungi Habib Rizieq di Arab?

23 Agustus 2017   22:22 Diperbarui: 23 Agustus 2017   23:08 220 1 5

Publik Indonesia kembali dihebohkan oleh ulah wakil rakyat yang juga petinggi Partai Gerindra Fadli zon. Baru-baru ini Fadli Zon mengunggah foto  dia bersama Habib Rizieq sedang makan nasi kebuli bersama di Arab Saudi. Kalau dari twitter Fadli Zon ia mengunjungi Habib Rizieq untuk bersilaturahmi, dan ternyata kondisinya sehat wal afiat.

Tentu menjadi pertanyaan besar untuk apa Fadli Zon mengunjungi Habib Rizieq yang merupakan buron negara karena berbagai kasus di antaranya adalah kasus Chat Porno? Pertama, mungkin Fadli hanya ingin menyambung tali silaturahmi dengan Habib Rizieq yang telah ikut berjasa memenangkan Anies-Sandi di Pilgub DKI Jakarta yang didukung oleh Partai Gerindra. Kedua, bisa juga Fadli ingin mengejek polisi dan pemerintah Indonesia yang tidak bisa memulangkan paksa Habib Rizieq yang jelas merupakan seorang tersangka.

Kalau ini motivasinya maka polisi dan pemerintah Indonesia harus segera menanggapinya dengan memulangkan paksa Habib Rizieq untuk segera ditindaklanjuti perkara hukumnya. Kalau ada kendala dalam pemulangan itu, polisi dan pemerintah hendaknya terbuka saja sehingga mungkin akan banyak masukan dari berbagai pihak untuk mengatasi masalah itu. Ketiga, barangkali Fadli dan Habib juga bertemu untuk merancang strategi lanjutan misalnya untuk memenangkan Prabowo di 2019. Tetapi saya kira, dengan tindakan Fadli menemui Habib justru akan merugikan elektabilitas Prabowo. jadi Prabowo mestinya memperingatkan secara keras Fadli atas tindakannya menemui Habib Rizieq di Arab.