Persamaan Serta Perbedaan Soekarno dan Hatta.

18 Oktober 2011 21:00:06 Diperbarui: 25 Juni 2015 17:47:01 Dibaca : 5946 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :

Persamaan kedua bapak bangsa ini adalah sama-sama proklamator,dan dan berjuang dalam proses berdirinya negara Indonesia.Walaupun akhirnya bapak dwi tunggal ini berpisah ditengah jalan.Karena Soekarno telah jauh melenceng dari cita-cita proklamasi kemerdekaan RI.Dan Hatta memilih mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956.


Perbedaan Antara Soekarno dan Hatta.


1a.Soekarno :Adalah orator yang sangat ulung,yang bisa menghipnotis serta membangkitkan semangat rakyatnya.



1b.Hatta           :Adalah seorang konseptor yang hebat,yang lebih banyak bermain dibelakang layar,tapi konsep serta idenya sangat cemerlang dan punya visi jauh kedepan.

2a.Soekarno  :Buah pikiran Soekarno lebih banyak jangka pendek,dan banyak dari pemikiran beliau kurang relevan dengan berjalannya waktu.Banyak gagasan Soekarno yang ditolak disidang PPKI ketika akan menyusun UUD 1945.Juga gagasan Marhaennya tidak laku dijual.

2b.Hatta          :Buah pikiran Hatta lebih cemerlang dan punya visi jauh kedepan dan sangat relevan hingga saat ini.Seperti pikiran beliau tentang politik bebas dan aktif.Belum lagi sumbangsih pikiran beliaupribadi di pasal 27,28,29,33,34, dan 37 UUD 1945.Yang sampai detik ini masih dipergunakan,walaupun UUD 1945 sudah beberapa kali di amandemen.Belum lagi pikiran beliau tentang koperasi sebagai sokoguru perekonomian Indonesia.

3a.Soekarno   :Terlihat sangat suka dipuji dan over.Karena kemanapun dia pergi selalu berpakaian ala militer serta seluruh tanda jasa dia kenakan didadanya.Pernah dia suatu ketika meminta langsung kepada AH Nasution untuk diberikan bintang lencana gerilya,tapi Nasution tidak mau memberikan.Nasution beralasan karena Soekarno bukanlah dari militer tapi sipil,jadi tidak berhak.Waktu itu Soekarno iri melihat Tito presiden yugoslavia mendapatkan itu.


3b.Hatta              :Orangnya terlihat sederhana  dan bersahaja.


4a.Soekarno       ;Suka dengan hal-hal yang mistis dan klenik


4b.Hatta               :Berfikir secara  rasional dan realistis.


5a.Soekarno        :Boros dalam menghamburkan uang negara.Karena setiap pergi dalam perjalanan dinas selalu membawa rombongan yang sangat banyak.Apalagi kalau ke luar negeri sampai membawa lebih dari 100 orang.Yang sangat membebani keuangan negara yang sedang morat marit.


5b.Hatta                :Sangat hemat membelanjakan uang negara dalam keperluan dinasnya.Bahkan untuk baju dan sepatunyapun beliau memakai yang murah untuk orang seukuran wakil presiden.


6a.Soekarno            :Sangat banyak isterinya,tercatat ada 9 perempuan yang telah dia nikahi selama hidupnya.Bahkan Ibu negara Fatmawati sampai keluar dari istana,karena soekarno menikahi Hartini.Setelah ibu Fatmawati keluar dari Istana,makin menggila kelakuan Soekarno terhadap perempuan.Dan dia tidak bisa menjaga martabat isteri-isterinya.


6b.Hatta         :Hanya punya satu isteri yaitu Rahmi,yang sangat berbeda jauh usianya.Hatta 44 tahun sedangkan Rahmi baru menjelang 19 tahun.Hatta telat menikah karena dia berjanji,tidak akan menikah dulu sebelum Indonesia merdeka.Dan janji itu beliau tepati.Dan Hatta sangat mencintai Rahmi serta menjaga harkat dan martabat isterinya,sampai ajal menjemput.Beliau dikaruniai 3 orang putri,Yang kesemua nya punya gelar akademik yang hebat dan banyak.Malah Meutia Hatta pernah jadi menteri.


7a.Soekarno   ;Emosinya kurang terkendali,karena dia akan membreidel koran dan memenjarakan lawa-lawan politiknya yang berseberangan,seperti yang dialami Syhrir,Hamka,Hb Yassin,Mukhtar lubis,Natsir dll.


7b.Hatta             :Emosi Hatta lebih terkendali,bahkan ketika mereka tidak sejalan lagi,Hatta memilih untuk mengundurkan diri tahun 1956.Dan tidak pernah mengkritik Soekarno secara terbuka.Beliau menyampaikan kritiknya secara langsung kepada Soekarno atau lewat syrat.Tapi tidak ada satyupun yang diacuhkan Soekarno.


8a.Soekarno       : Kurang religius


8b.Hatta lebih religius ,karena Hatta dibesarkan keluarga dan lingkungan yang religius


9a.Soekarno        :Kurang ahli dan hebat kalau berunding dengan Belanda.Dan strateginya selalu terbaca oleh Belanda.


9b.Hatta                   :Sangat ahli dan piawai dalam perundingannya dengan Belanda.Dan strategi Hatta sangat sulit diantisipasi Belanda.Karena keahlian dan strategi Hatta PADA TAHUN 1949 Belanda menyerahkan kedaulatan RI di KMB yang ditanda tangani Bung Hatta.Setelah berabad-abad dijajah Belanda,termasuk penyerahan Irian barat berikutnya.


10a. Soekarno        :Tidak banyak menulis buku ataupun sejenisnya.


10b.Hatta                 :Sangat banyak menulis buku-buku baik politik maupun ekonomi.Hitung-hitung untuk menambah uang pensiun saya,untuk menyekolahkan ketiga putri saya ucap Hatta waktu itu.Juga dengan menulis ide dan gagasan saya tidak mati.


11a.Soekarno        :Tidak ada satupun anaknya yang mempunyai gelar akademik.


11b.Hatta                :Ke tiga putri Hatta mempunyai gelar akademik yang prestisius dan banyak.Bahkan Meutia Hatta sempat menjadi menteri.


12a.Soekarno        :Diakhir masa kekuasaannya sangat sengsara,karena beliau dapat tahanan rumah,tanpa boleh dikunjungi siapapun.Penjaganya saja cuma kopral sedangkan dokternya adalah dokter hewan.


12b.Hatta                  ;Tidak sengsara seperti Soekarno,Seluruh hak-haknya sebagai mantan wakil presiden tetap dia terima.Dan geraknya pun tidak dibatasi.


13a. Soekarno         :Tidak dikabulkan Soeharto untuk dikuburkan di Batu tulis Bogor,sesuai permintaan Soekarno.Karena Soeharto kawatir masih terlalu dekat dengan Jakarta.Alasan Soeharto untuk menguburkan Soekarno di Blitar adalah karena dia sangat dekat dengan ibunya,suatu alasan yang di buat-buat.


13b.Hatta       :Seminggu sebelum Hatta meninggal,Soeharto mengunjungi Hatta di rumah sakit.Sambil memegang tangan pak Harto Hatta meminta untuk dikuburkan di TPU Bintaro bukannya di TMPahlawan Kalibata.Dan Soeharto mengabulkan permintaan Hatta ini.Dalam keadaan maut yang hampir menjemputpun Hatta masih memikirkan rakyat yang dia cintai.


Dia lebih memilih dimakamkan di TPU Bintaro,karena TPU itu akan digusur untuk perluasan perumahan elit disana.Luar biasa engkau Hatta.


Bahkan seorang Iwan Fals yang sangat pelit memberikan pujian terhadap pahlawan.Tidak kuasa untuk tidak membuatkan sebuah lagu khusus untuk Hatta.


Jujur,lugu dan bijaksana


Mengerti apa yang terlintas


dalam jiwa,rakyat Indonesia.


Terbayang baktimu,terbayang jasamu


Terbayang jelas,jiwa sederhanamu.........


Hatta adalah sosok pemimpin yang langka,mungkin juga sudah punah.


Ambillah hikmah dari tulisan ini,supaya kita bisa menjadi arif dan bijaksana serta kita lebih dewasa dalam bebangsa dan bernegara



Salam silaturrahim

Novian Nover

/noviannover

Seorang yang sangat hobi membaca buku terutama buku sejarah dan biograpi.Dan juga penikmat musik segala aliran terutama klasik rock dan oldies.Bisa memainkan beberapa jenis alat musik.Dan seorang singel parant dari seorang puteri yang sudah piatu berumur 7,5 tahun.Moto saling berbagi,melengkapi,menambah serta memperkuat tali Silaturrahim
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana