Adhi Nugroho
Adhi Nugroho Pegawai Lembaga Negara

Selanjutnya

Tutup

Tekno highlight

Jangan Hanya Melongo, Cari Tahu dengan Kurio

13 September 2017   00:10 Diperbarui: 13 September 2017   00:19 1370 4 2
Jangan Hanya Melongo, Cari Tahu dengan Kurio
Kurio, Satu Aplikasi Untuk Semua yang Kamu Minati | Sumber : Aplikasi Kurio

Sudah tahu belum? Katanya mulai bulan Oktober 2017 pengguna jalan tol sudah tidak bisa menggunakan uang tunai untuk membayar di gardu tol? Atau katanya penghina Ibu Negara kini sudah diringkus polisi? Katanya Novel Baswedan sebentar lagi menjadi tersangka kasus pencemaran nama baik? Ah, jangan hanya melongo. Jangan-jangan beritanya cuma hoax. Makanya, segera cari tahu kebenarannya melalui aplikasi Kurio!

Teknologi berkembang dengan sangat pesat dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, khususnya sejak era smartphone 'menjajah' setiap sendi kehidupan manusia. Bukan hanya digunakan sebagai sarana komunikasi, smartphone juga berfungsi sebagai alat untuk browsing disamping komputer, laptop, atau tablet. Perkembangan ini kemudian memicu industri media yang menyajikan berita terkini, berlomba-lomba untuk tetap berada di hati pembaca hadir melalui smartphone, baik berbasis mobile web ataupun aplikasi. Informasi yang disajikan tentunya akan lebih update ketimbang media konvensional seperti koran maupun majalah.

Derasnya arus informasi yang terjadi dewasa ini tentunya harus dipilih dan dipilah secara bijak oleh masyarakat sebagai pembaca. Jika tidak, maka siap-siap saja jadi korban berita bohong atau hoax. Jangan pernah meremehkan bahayanya berita hoax. Berita hoax konon sama saja bahayanya dengan narkotika dan pornografi yang merusak moral bangsa. Apalagi jika berita hoax tersebut dimanfaatkan untuk menyebarkan kebencian, merusak nama baik orang lain, ataupun membawa isu agama untuk kepentingan golongan tertentu.

Sadar akan bahaya berita hoax, berbagai komunitas dan pegiat media sosial baru-baru ini menyuarakan deklarasi bertajuk Masyarakat Indonesia Anti-Hoax. Tujuannya tidak lain untuk mengajak masyarakat agar semakin pintar dalam memilih berita yang disajikan berbagai media, dan tidak terpancing dengan adanya berita hoax. Pemerintah melalui Kominfo juga terus mendorong Dewan Pers agar melakukan verifikasi terhadap media on-line yang tumbuh subur belakangan ini.

Nah, agar senantiasa update namun tidak terjebak dengan bahaya berita hoax, pembaca dianjurkan untuk memilih portal berita yang kredibel dan akurat, bukan portal berita abal-abal. Salah satu aplikasi berita yang bisa diakses melalui smartphone yang pastinya sudah terbukti anti-hoax adalah Kurio. Lantas, apa saja keunggulan aplikasi asli buatan anak Negeri ini?

Kurio, Aplikasi Berita Asli Buatan Anak Negeri | Sumber : Aplikasi Kurio
Kurio, Aplikasi Berita Asli Buatan Anak Negeri | Sumber : Aplikasi Kurio

Banyak Sumber Berita Dalam Satu Aplikasi

Kurio menyajikan berita dari berbagai portal berita, media, hingga blog penyedia konten berita dan bacaan bermutu dalam satu tempat. Ada Kompas.com, MetroTVNews.com, Viva.co.id, Bola.com, TribunNews.com, Bola.com, dan masih banyak portal berita kredibel dan terpercaya lainnya. Hal ini tentunya sangat memudahkan pembaca, karena tidak perlu membuka banyak portal berita untuk mendapatkan informasi terkini. Cukup membuka satu aplikasi, berbagai informasi terkini tersaji secara lengkap. Apapun latar belakang dan pekerjaan pembaca, Kurio menyajikan semua. Praktis!

Sumber Berita Kurio | Sumber : Aplikasi Kurio
Sumber Berita Kurio | Sumber : Aplikasi Kurio

Selalu Update!

Dengan banyaknya sumber berita dari berbagai penyedia konten berita, maka bisa dipastikan berita yang disajikan oleh Kurio senantiasa update! Berita yang update tentunya sangat sesuai dengan kebutuhan pembaca di era milenial.

Teknologi Machine Learning Pastikan Berita Anti-Hoax

Kurio menggunakan teknologi machine learning yang bertugas memastikan kebenaran dan keakuratan berita sebelum dipublikasi. Semua sumber berita dipastikan kredibel, terpercaya, dan terkurasi secara ketat. Penggunaan teknologi ini memastikan berbagai berita yang disajikan oleh Kurio sudah pasti anti-hoax.

Update Berita Lokal dengan Fitur 'Lokasimu'

Ingin mengetahui apa yang terjadi di sekitarmu? Kurio memiliki fitur bernama 'Lokasimu' yang berfungsi untuk menyaring berita yang ditampilkan bersumber dari daerahmu. Dengan fitur ini, pembaca di Sulawesi akan mendapatkan berita terkini yang terjadi hanya di Sulawesi, bukan di daerah lain. Pembaca juga bisa memilih lokasi berita yang diinginkan dengan memilih menu 'Choose Location' yang ada di dalam fitur 'Lokasimu'.

Fitur Lokasimu di Kurio : Sumber Aplikasi Kurio
Fitur Lokasimu di Kurio : Sumber Aplikasi Kurio

Tampilan Minimalis Memudahkan Navigasi

Tampilan Kurio bertema minimalis dan sederhana sehingga memudahkan pembaca dalam melakukan navigasi. Ingin memilih kategori berita? Tidak perlu loading berlama-lama, cukup klik tab kategori yang terletak di bagian atas aplikasi. Berbagai tab kategori berita mulai dari Top Stories, Lokasimu, Unik, Celebs, Asmara, Tekno, Bola, News, Oto, Health, Life, Style, Travel, dan Bisnis dapat diakses dengan mudah oleh pembaca. Ingin menambah kategori berita? Atau tidak ingin terganggu dengan kategori berita yang tidak disukai? Pembaca juga bisa mengatur kategori berita apa saja yang ditampilkan dalam laman utama melalui menu Manage Topics.

Tampilan Minimalis | Sumber : Aplikasi Kurio
Tampilan Minimalis | Sumber : Aplikasi Kurio

'Don't Miss It', Fitur Berita Unik Yang Tidak Mungkin Terlewati

Ada sebuah fitur unik dalam aplikasi Kurio bernama 'Don't Miss It'. Fitur ini menyajikan berita penting dan unik yang wajib dibaca oleh pembaca. Dengan adanya fitur ini, maka pembaca tidak akan melewati berita penting seperti informasi BPJS yang ternyata menanggung biaya gawat darurat di semua rumah sakit bagi pengguna BPJS.

Fitur Don't Miss It, Manage Topics, Saved Articles, Night Mode, dan Show Image | Sumber : Aplikasi Kurio
Fitur Don't Miss It, Manage Topics, Saved Articles, Night Mode, dan Show Image | Sumber : Aplikasi Kurio

Aplikasi Berita Yang Mengerti Pembaca

Kurio sangat mengerti akan kebutuhan pembacanya. Setidaknya ada beberapa alasan untuk mendukung opini tersebut. Pertama, Kurio memiliki fitur 'Night Mode' yang memastikan pembaca dapat membaca secara nyaman dalam kondisi gelap. Kedua, Kurio juga menyajikan fitur 'Saved Articles' yang memudahkan pembaca untuk menandai artikel yang ingin disimpan dan dibaca di kemudian waktu. Ketiga, Kurio juga memiliki fitur 'Show Image' yang memudahkan pembaca dalam memilih apakah berita yang dibaca ingin disertai gambar atau tidak. Fitur ini tentunya juga akan menghemat kuota data yang digunakan oleh pembaca.

Feedback Yang Ramah

Ini yang membedakan Kurio dengan aplikasi berita lainnya. Setelah log-in dengan menggunakan akun Facebook, Google, Twitter, ataupun e-mail, Kurio akan mengirimkan e-mail kepada pembaca yang berisi warm greetings dan beberapa pertanyaan feedback sebagai bahan masukan untuk kepentingan pengembangan aplikasi di masa depan. Lengkap dengan salam dari David Wayne Ika, CEO Kurio!

Feedback yang Ramah langsung dari CEO | Sumber : Aplikasi Kurio
Feedback yang Ramah langsung dari CEO | Sumber : Aplikasi Kurio

Gratis!

Ini yang paling penting! Semua keunggulan yang sudah diuraikan di atas bisa didapatkan oleh pembaca secara gratis! Pengguna smartphone dapat mengunduh aplikasi Kurio melalui Google Play atau App Store.

Beri Rating Maksimal Untuk Kurio | Sumber : Aplikasi Kurio
Beri Rating Maksimal Untuk Kurio | Sumber : Aplikasi Kurio

Jujur saja, pengalaman yang Saya rasakan setelah membaca berita terkini dengan menggunakan aplikasi Kurio memang tidak ada duanya. Saat ini di Google Play, Kurio memiliki rating 4,1 dari maksimal 5. Sebagai penutup, tidak lupa Saya memberikan rating maksimal untuk aplikasi Kurio disertai dengan sebuah kalimat bernada bangga, "Satu aplikasi untuk membaca berita dari berbagai sumber kredibel. Mantap!"

Yuk, jangan hanya melongo. Cari tahu dengan Kurio!