Media Cetak vs Online

13 September 2012 03:29:00 Dibaca :

Dengan berkembangnya media cetak online di internet, disertai banyaknya perusahaan koran dan majalah yang beralih mendirikan situs online dan dibarengi juga dengan trend penggunaan gadget seperti Handphone, Ipad, Galaxy tab maupun Playbook untuk akses internet, mampukah media cetak bertahan ? Tak ada media yang tak ingin berkembang, itulah penggalan kata yang cocok menggambarkan perkembangan industri media massa yang banyak bersaing dengan media lain belakangan ini. Media massa yang berkembang di era baru ini tidak lagi sama dengan era lama yang hanya dapat dinikmati melalui televisi, cetak, dan radio melainkan dapat dinikmati melalui media online. Bila melihat perkembangan media online yang baru booming pada tahun 1999 yakni dimulai dengan Blog.com hingga sampai pesat pada hari ini.

Media cetak dan media online Berita dalam media online kini dikemas lebih menarik dengan banyaknya fitur fitur dalam web tersebut. Salah satu web berita yang kami analisis yaitu okezone.com. Okezone yang secara teknis sudah memenuhi syarat dan prasayarat penulisan berita dalam web (epetani.deptan.go.id), cukup berkembang sebagai media penyiaran berita. Ketika berita yang di posting melalui okezone.com bisa dinikmati lewat media cetak dan televisi okezone.com berusaha dan mampu menyediakan content berita yang tak kalah menarik.

Mencoba membandingkan penulisan berita yang ditulis dalam media online ( okezone.com ) dengan media cetak ( koran harian Seputar Indonesia, hari Rabu 12 September 2012 ). Dengan begini kami bisa tahu bahwa media online banyak menyediakan fitur dan pilihan berita yang  beragam yang tidak dapat dinikmati dalam koran harian yang kita baca sehari - hari. Persamaan berita di media cetak dengan media online relatif sama, contohnya saja dalam berita olahraganya. Headline yang dibuat dengan media cetak sama  dengan media online tetapi hanya representasi format penulisannya  saja yang berbeda. Namun isi keseluruhan berita sama dengan yang ada di media cetak. Media cetak mengemas berita tersebut dengan lebih singkay dan jelas sehingga memungkinkan untuk bisa dipahami oleh para pembaca begitu pula pada media online.

Disisi lain kami juga menemukan perbedaan pada media cetak dan juga online. Pada media cetak berita yang kami temukan tidak semuanya beritanya ada pada media online, seperti yang ada pada halaman Surabaya. Berita di media cetak tentang "Pengelolaan KBS" tidak ada di media online. Namun headline di media cetak dengan media online sama yakni tentang PON 2012 yang berlangsung di Riau, Pekanbaru. Perbedaan yang lainnya adalah masalah up to date informasi. Media online selalu memperbarui beritanya tiap waktu dengan menyajikan informasi yang sedang terjadi, lain halnya dengan media cetak. Apa yang ada pada media cetak dan telah diterbitkan pada hari itu tidak lagi bisa diperbarui, dan berita yang sedang terjadi baru akan ditampilkan pada keesokan harinya.

Media selalu menampilkan informasi uang diperlukan oleh publik. Namun dalam masalah ini media online lebih unggul dibanding media cetak.  Publik dalam menyampaikan feedback juga tidak secara langsung dalam media cetak namun dalam media online publik dapat memberikan komentar pada informasi tersebut. Namun secara keseluruhan kedua media ini telah memberikan informasi yang dibutuhkan oleh publik.

Semua  kriteria dalam penulisan berita di okezone.com sudah memenuhi standariasi dilihat dari :


  • CONTENT, berita yang ditulis sudah memenuhi kriteria berita yang ada dan bukan sekedar copas dari media cetak. Selain itu pula isinya telah sesuai dengan yang telah terjadi.
  • FUNCTIONALITY, okezone.com mudah digunakan dan diakses kapan saja begitu pula dengan media cetak yang dengan mudah didapat dan dikonsumsi.
  • NAVIGATION, kemudahan dalam menemukan content berita pun terjamin
  • AUDIO / VIDEO Quality,  berfungsi dengan baik pada media online, sedangkan pada media cetak tidak ada video dan audio sehingga online lebih unggul.
  • INTERACTIVITY,  dengan penulisan dalam okezone.com lebih menarik sehingga membuat pembacanya tertarik dan lebih interaktif dalam membaca.


Dari analisis tersebut kami menilai bahwa eksistensi okezone.com cukup berkembang dengan baik dan up to date untuk dinikmati dibanding dengan media cetak. Namun disisi lain media cetak juga memiliki keunggulan karna tidak terlalu memerlukan perangkat seperti halnya media online.

Nobel Arthur

/nobelarthur

simple but extraordinary..
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?