Mohon tunggu...
Nikodemus Niko
Nikodemus Niko Mohon Tunggu... Ilmuwan - Peneliti

Saya hanya seorang penulis lepas, hidup di jalanan berbatu dan mati di atas rindu yang berserak.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Burger untuk Anak-anak Pedalaman

19 Mei 2018   17:27 Diperbarui: 19 Mei 2018   18:02 594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bergabunglah bersama saya dalam campaign http:kitabisa.com/BurgerUntukMereka

Saya lahir dan besar di wilayah pedalaman Kalimantan, yaitu di daerah Desa Cowet, Kalimantan Barat. Pada saat saya kecil dan masih duduk di bangku Sekolah Dasar, tidak ada ada jalan raya, tidak ada listrik, tidak ada toilet.

Sampai hari ini komunitas masyarakat di desa kami sudah bisa menikmati akses jalan raya, meskipun masih belum beraspal, hanya jalan raya tanah kuning. Namun hingga hari ini, masih belum ada listrik yang menerangi daerah kami, dan juga masih sedikit keluarga yang memiliki toilet.

Ketika duduk di bangku SD tahun 1990-an, saya masih dapat merasakan program 4 sehat 5 sempurna yang digalakkan oleh sekolah. Setiap seminggu sekali saya dan seman-teman di sekolah mendapatkan makanan tambahan, yang sangat jarang kami makan di rumah.

Saya ingat betul, makanan yang paling saya suka adalah sebutir telur rebus dengan segelas susu hangat. Makanan itu bahkan tidak pernah kami makan di rumah, karena keterbatasan ekonomi orang tua kami.

Kami semua senang mendapatkan makanan gratis, kami semua menyantap makanan dengan sangat gembira. Kemudian, di era tahun 2000-an program makanan tambahan ini sudah tidak ada lagi. Tidak ada lagi program 4 sehat 5 sempurna, meski kondisi masyarakat lokal masih tetap dan tidak berubah, masih dalam kondisi keterbatasan ekonomi. Sehingga mereka jarang menghadirkan makanan bergizi dan sehat untuk anak-anak mereka.

Dengan segala keterbatasan saya, saya ingin menghadirkan kembali program 4 sehat 5 sempurna, meski ini bisa terjadi setahun hanya sekali. Saya akan menghadiahi makanan Burger untuk anak-anak yang ada di Desa Cowet. Mengapa Burger? Makanan ini hanya bisa mereka lihat di televisi, dan belum pernah memakannya. 

Ketika saya sedang berada di McD dan memakan Burger, saya jadi teringat anak-anak di desa saya yang sama sekali belum pernah memakan Burger. Saya ingin menghadiahkan Burger sebagai makanan tambahan yang sehat bagi mereka pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus mendatang.

Mari bergabung bersama saya dalam campaign Burger Untuk Anak-anak Pedalaman, yang rencananya akan diserahkan kepada anak-anak di Desa Cowet. Anda dapat berkontribusi dalam campaign ini melalui donasi pada link: kitabisa.com/BurgerUntukMereka.

Donasi yang anda berikan akan sangat berarti bagi anak-anak di Desa Cowet, karena melalui tangan orang-orang baik mereka dapat mencicipi bagaimana rasanya makanan Burger.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun