GoDok Indonesia
GoDok Indonesia Editor

Aplikasi kesehatan yang menyajikan layanan Tanya Dokter Gratis dan Ragam Artikel seputar kesehatan, gaya hidup, keluarga hingga ragam penyakit

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Ingin Tetap Fit dan Bugar Saat Puasa? Lakukan 8 Cara Ini

20 Juni 2017   10:03 Diperbarui: 20 Juni 2017   12:50 44 2 1
Ingin Tetap Fit dan Bugar Saat Puasa? Lakukan 8 Cara Ini
source: https://journal.sociolla.com/fit-di-bulan-puasa/

GoDok – Berpuasa, artinya harus menjalani 12 jam tanpa makan dan minum hingga adzan Maghrib menjelang.  Biasanya, rasa lemas dan lapar yang dirasakan akan menjadi suatu alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan. Benar, bukan? Nah, sudah seharusnya puasa tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk tetap semangat dalam beraktivitas! Karenanya, saat puasa Anda perlu menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang sehat dan bugar.

Bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya, yuk simak 8 cara agar tetap fit dan bugar saat berpuasa berikut ini:

1.  Imbangi setiap asupan makanan yang bergizi

Cara agar tetap fit dan bugar saat puasa yang pertama. Meskipun berpuasa, asupan makanan Anda harus tetap seimbang. Untuk itu, konsumsilah makanan berkarbohidrat, berprotein dan tinggi serat secara cukup saat sahur dan buka puasa. Jangan sampai puasa menjadikan tubuh Anda lemah dan lemas karena kekurangan asupan gizi yang penting bagi tubuh.

2. Jalani sahur dengan sempurna

Jangan lewatkan sahur, ya! Saat sahur Anda harus membekali diri untuk berpuasa dengan makanan-makanan yang bergizi penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya, pilih nasi sebagai penyetor karbohidrat, dan pilih daging, sayur-sayuran, serta buah-buahan sebagai pemasok protein dan vitamin. Dengan pilihan yang tepat, Anda akan tetap bertenaga sepanjang hari meskipun tengah berpuasa.

3. Selingi dengan olahraga

Cara agar tetap fit dan bugar saat puasa, sebisa mungkin lakukan olahraga ringan dan santai jika Anda mengantuk. Meski ringan, olahraga yang dilakukan harus tetap membuat Anda bergerak. Contohnya, seperti jalan cepat atau bersepeda di pagi atau sore hari. Tak hanya itu, Anda dapat pula mencoba bowling, yoga atau jogging santai sebagai alternatif olahraga lainnya. Hindari olahraga yang berat atau berlebihan, sebab hal ini hanya akan membuat Anda kelelahan dan dehidrasi saat puasa.

(Baca: Bahaya Tidur Setelah Sahur, Waspadai Sebelum Terlambat!)

4. Sibukkan diri dengan aktivitas positif

Nah, selanjutnya cara agar tetap fit dan bugar saat puasa lakukanlah aktivitas-aktivitas yang Anda sukai sembari menunggu waktu hingga berbuka. Sibukkan diri Anda dengan hal-hal positif seperti, kuliah, kerja, sekolah, membaca novel, atau hang out bersama teman-teman Anda yang juga sedang berpuasa. Dengan cara ini,  menjalani puasa akan terasa lebih ringan dan mudah.

5. Kurangi makanan dan minuman yang berbahaya

Cara agar tetap fit dan bugar saat puasaa selanjutnya adalah dengan menghindari makanan-makanan berbahaya seperti gorengan, makanan olahan, dan makanan cepat saji. Semua makanan tersebut lebih susah untuk dicerna, berpotensi menaikkan berat badan dan kurang bergizi sebagai asupan makanan Anda. Hindari pula minuman manis saat sahur karena hanya akan membuat Anda dehidrasi di siang hari dan juga dapat menyebabkan kencing manis. Karenanya, perbanyaklah minum air putih sebanyak 1,5 – 2 liter sehari, untuk mencegah dehidrasi. Mudah, bukan?

6. Nikmati porsi cukup saat berbuka puasa

Jangan berlebihan saat berbuka puasa. Jika Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan, maka perut Anda akan kaget dibuatnya. Hal ini akan merusak ritme kerja sistem pencernaan. Bukan tidak mungkin pula penderita maag akan tiba-tiba kambuh. Tak hanya itu, hal makan banyak dalam waktu singkat juga berpotensi meningkatkan berat secara tiba-tiba. Jadi, jangan sampai kalap, ya!

(Baca: Cari Tahu Kalori Menu Buka Puasa Anda di Sini!)

7.  Hindari aktivitas berat di luar ruangan

Nah, ini penting! Sejatinya, Anda sangat diperbolehkan untuk memiliki semangat tinggi dalam beraktivitas sehari-hari, terutama saat puasa. Tapi, akan jauh lebih baik jika Anda hindari aktivitas-aktivitas di luar ruangan, terutama di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. Hal yang sebaliknya justru akan membuat Anda cepat lelah dan dehidrasi.

8. Tidurlah dengan cukup dan teratur

Nah, agar tubuh tetap fit dan bugar saat puasa, tidurlah dengan cukup. Jangan begadang dan jangan pula terlalu banyak tidur. Tidurlah dengan waktu kurang lebih 8 jam sehari dan usahakanlah untuk selalu tidur di bawah jam 10 malam. Dengan begitu, saat pagi tiba, Anda akan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Jadi, sekarang Anda bisa untuk tetap fit, bugar dan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari saat puasa, bukan? Cobalah cara agar tetap fit dan bugar saat puasadi atas ya!