Mantra-mantra Seru Harry Potter

30 Juli 2011 06:45:26 Dibaca :
Mantra-mantra Seru Harry Potter
foto : blogheroes.com

Wingardium Leviosa!

Salah satu daya tarik kisah-kisah Harry Potter adalah mantra-mantra (spells), guna-guna (charms) dan kutukan (curses) yang digunakan para tokohnya. Saya ingin berbagi mantra-mantra-nya saja buat teman-teman. Asyiknya, mantra-mantra dalam kisah Harry Potter kebanyakan diambil dari bahasa Latin dan Yunani, dan biasanya dimantrakan dengan media tongkat sihir.

Ayo belajar mantra tokoh-tokoh kisah Harry Potter. Siapa tahu berguna. Eh berguna untuk apa ya? For fun aja deh! Expecto Patronum!

Accio (baca : akio) : mantra untuk memanggil sesuatu agar mendekat pada pengucap mantra. Berasal dari bahasa Latin accio yang artinya ‘aku memanggil’

Aguamenti (baca : akuamenti) : mantra untuk menyemburkan air dari tongkat sihir. Berasal dari gabungan kata bahasa Latin aqua (air) dan bahasa Inggris augment (menambah).

Alohomora (baca : alohamora) : mantrauntuk membuka atau menutup pintu. Menurut JK Rowling, pengarang HP, alohamora berasal dari dialek Sidiki di Afrika Barat, yang artinya ‘ramah pada para pencuri’.

Anapneo (baca : anapnio) : mantra untuk membuka jalan nafas seseorang yang tersedak. Dari bahasa Yunani anapneo yang artinya ‘bernafas kembali.

Aparecium (baca : aperisiam ) : mantra untuk memunculkan tinta kasat mata pada sebuah buku. Berasal dari bahasa latin appareo yang artinya ‘jadi kelihatan atau muncul’

Avada Kedavra (baca : avada kedavra), mantra yang menyebabkan kematian bagi penerima mantra ini.. Berasal dari mantra kuno Aramaic abracadabra yang artinya ‘biarkan hancur’, atau dari bahasa Latin cadaver yang artinya ‘mayat’

Avis (baca : avis), mantra yang digunakan untuk menghasilkan sekawanan burung dari tongkat sihir pengucapnya. Berasal dari bahasa Latin avis yang artinya burung.

Cave Inimicum (baca : kavei inimikem), mantra untuk memperkuat perlindungan dari musuh. Berasal dari bahasa Latin caveo inimicus yang artinya ‘awas ada musuh’.

Colloportus (baca : koloportes), mantra untuk mengunci pintu agar tidak dibuka para muggle. Berasal dari bahasa Yunani kollao yang artinya ‘merapatkan; dan bahasa Latin porta yang artinya ‘gerbang’.

Confringo (baca : konfringo), mantra yang menyebabkan ledakan api. Berasal dari bahasa Latin confringo yang artinya ‘hancur berkeping-keping’.

Defodio (baca : difodio), mantra untuk memahat atau menggali batu atau baja. Berasal dari bahasa Latin defodio yang artinya ‘menggali’.

Deletrius (baca : dilitries),mantra untuk membuang sisa mantra sebelumnya. Berasal dari kata Latin delere yang artinya merusak, atau bahasa Inggris delete yang artinya menghapus.

Densaugeo (baca : densojio), mantra untuk membuat gigi orang tumbuh cepat sekali. Berasal dari kata Latin dens (gigi) dan augeo (membesar).

Deprimo (baca : deprimo), mantra untuk mendatangkan angin kuat untuk melembekkan benda-benda. Berasal dari kata Latin deprimo, yang artinya ‘menggali dalam’

Descendo(baca : desendo), mantra untuk menenggelamkan atau menurunkan sesuatu. Berasal dari kata Latin descenso yang artinya ‘turun’.

Diffindo (baca : difindo), mantra ini digunakan untuk menyobek atau memisahkan kain. Berasal dari kata Latin diffindo, yang artinya “aku pisahkan’.

Duro (baca : duro),mantra yang diucapkan Hermione dalam Deathly Hallows ketika merlarikan diri dari Death Eaters di Hogwarts. Dari bahasa Latin duro yang artinya ‘aku jadikan keras’

Engorgio (baca: enggorjio), mantra untuk membuat benda jadi besar. Dari bahasa Inggris engorge yang artinya ‘mengisi penuh’

Episkey (baca: episki), mantra untuk mengobati luka ringan. Dari bahasa Yunani episkeu, yang artinya ‘memperbaiki, memulihkan’

Erecto (baca: erekto), mantra untuk menegakkan sesuatu. Dari bahasa latin erectus, yang artinya ‘berdiri tegak’.

Evanesco (baca : evanesko), mantra untuk menghilangkan sasaran. Berasal dari kata Latin evanesce (lenyap)

Expecto Patronum (baca : ekspektopatronum), mantra yang digunakan untuk melindungi diri dari para dementors. Dari bahasa Latin yang artinya ‘aku minta perlindungan’.

Expelliarmus (baca: eskspeliarmes), mantra untuk melepaskan tongkat sihir dari tangan musuh. Berasal dari bahasa Latin expellere myang artinya, ‘terlempar’ dan arma yang artinya ‘senjata’

Expulso (baca: ekspulso), mantra yang menyebabkan sesuatu meledak. Dari bahasa Latin expulso, yang artinya’meledak’.

Ferula (baca: ferula), mantra untuk membuat perban. Dari bahasa Latin ferula (tongkat).

Finite Incantatem (baca : finite inkantatem), mantra untuk melawan efek mantra lain. Berasal dari kata Latin finio dan canti, yang artinya ‘hentikan efeknya’.

Flagrate (baca : flagreiti), mantra yang memberi kekuatan pada tongkat sihir untuk membuat cahaya. Dari bahasa Latin flagro (bercahaya)

Geminio (baca : jeminio), mantra yang menggandakan benda yang dimantrai. Dari bahasa Latin geminio, yang artinya ‘menggandakan’.

Glisseo (baca: glisiou), mantra untuk meratakan anak tangga. Berasal dari bahasa Prancis glisser, yang artinya ‘bergeser’.

Homenum Revelio (baca: hominem revelio), mantra untuk menemukan orang yang tak tampak. Berasal dari Latin homo (orang) dan revelo (menampakkan).

Impedimenta: mantra untuk membekukan, melempar atau menghentikan pergerakan benda, namun tidak permanen (untuk beberapa menit). Berasal dari bahasa latin impedimentum yang artinya ‘menghambat’.

Imperio (baca : impiirio) : mantra untuk membuat korbannya menuruti segala yang diperintahkan oleh si pengirim mantra. Berasal dari bahasa Latin Imperare yang berarti ‘aku memerintahkan’.

Impervius (baca : impervies) : mantra yang digunakan untuk mengusir atau tahan terhadap zat dan kekuatan-kekuatan dari luar, termasuk air. Berasal dari bahasa Latin impervius yang artinya ‘tak tertembus’.

Incarcerous (baca : ingkarkeres) : mantra untuk mengikat sesuatu atau seseorang dengan tali. Berasal dari bahasa Inggris incarcerate yang berarti ‘memenjarakan’ atau ‘mengurung’.

Incendio (baca : insendiio) : mantra untuk menciptakan api. Berasal dari bahasa Latin incendo yang berarti ‘membakar’.

Langlock (baca : lenglok) : mantra untuk melekatkan lidah seseorang di langit-langit mulutnya. Mantra ini diciptakan oleh Severus Snape. Berasal dari bahasa Latin lingua yang artinya ‘lidah’ atau ‘bahasa’ dan bahasa Inggris lock yang artinya ‘mengunci’.

Legilimens (baca : lejilimenz) : mantra yang membuat pengucapnya bisa menyusup ke dalam benak si penerima mantra, termasuk melihat memori, pikiran dan emosinya. Berasal dari bahasa Latin legere yang artinya ‘membaca’ dan mens yang artinya ‘benak’.

Levicorpus (baca : levikorpes) : mantra untuk menggantung terbalik korban di salah satu pergelangan kakinya. Diciptakan oleh Severus Snape. Berasal dari bahasa Latin levo yang berarti ‘menaikkan’ dan corpus yang berarti ‘tubuh’.

Locomotor (baca : lookomootor) : mantra untuk mengangkat suatu benda dan menggerakkannya sesuai dengan keinginan pelafal mantra. Biasanya pengucapan mantra ini diikuti oleh nama benda yang ingin digerakkan. Berasal dari bahasa Latin locus yang berarti ‘tempat’ dan motor yang berarti ’pemindah’.

Lumos (baca : liewmos) : mantra untuk menciptakan penerangan jarak dekat dari ujung tongkat sihir. Berasal dari bahasa Latin lumen yang artinya ‘cahaya’. Mantra untuk mematikan cahaya tersebut adalah Nox.

Meteolojinx Recanto (baca : metiiolojingks rekantoo) : mantra untuk mengentikan kondisi cuaca . Berasal dari bahasa Yunani meteôrologia yang berarti ‘meteorologi’, bahasa Inggris jinx yang berarti ‘memberi nasib sial’, dan bahasa Latin recanto yang berarti ‘menarik’.

Mobilicorpus (baca : mobiliikorpes) : mantra untuk memindahkan seseorang ke tempat sesuai yang ditunjuk oleh pelafal mantra dengan tongkat sihirnya. Berasal dari bahasa Latin mobilito yang berarti ‘menggerakkan’.

Morsmordre (baca : morzmoordre) : mantra untuk memunculkan Tanda Kegelapan, yaitu tanda khas Lord Voldemort. Berasal dari bahasa Latin mors yang berarti ‘kematian’ dan bahasa Perancis mordre yang berarti ’menggigit’.

Muffliato (baca : mafliiato) : untuk membuat orang yang ditunjuk dengan tongkat sihir tidak bisa mendengar percakapan yang ada di sekitanya. Berasal dari bahasa Inggris muffle yang artinya ‘untuk membuat daya pendengaran tidak tajam dengan menutupi asalnya’.

Obliviate (baca : obliviieyt) : mantra untuk menghilangkan ingatan akan kejadian-kejadian tertentu. Berasal dari bahasa Latin oblivium yang berarti ’kelupaan’.

Oppugno (baca : eppugno) : mantra untuk membuat benda-benda yang telah tersihir sebelumnya untuk melakukan penyerangan. Berasal dari bahsa Latin klasik oppugno yang berarti ‘menyerang’.

Petrificus Totalus (baca : petrifikes totales) : mantra untuk membuat korban beku seketika, tetapi tidak menghambat pernafasan, penglihatan maupun pendengaran. Berasal dari bahasa Inggris petrify (berubah menjadi batu) dan total (secara menyeluruh).

Portus (baca : portes) : mantra untuk mengubah suatu benda menjadi Portkey. Berasal dari bahasa Latin portus (pintu gerbang).

Prior Incantato (baca : praiyer ingkantatoo) : mantra untuk membuat mantra terakhir yang dilakukan oleh sebuah tongkat sihir muncul dari tongkat tersebut. Berasal dari bahasa Inggris prior (sebelumnya) dan bahasa Latin incanto (menyihir).

Protego (baca : proteigo) : mantra untuk melindungi diri dari segala serangan, kecuali serangan Avada Kedavra. Berasal dari bahasa Latin protego (melindugi).

Quietus (baca : kwaites), mantra untuk mengembalikan suara yang keras jadi normal. Berasal dari bahasa Latin quietus (kalem, tak terganggu)

Reducio(baca : redusio), mantra untuk mengecilkan benda yang sudah diperbesar. Berasal dari bahasa Latin reducio (mengembalikan ke asalnya)

Reducto (baca : redukto), mantra untun meledakkan benda padat. Berasal dari bahas latin reductio (restorasi).

Relashio(baca : relasyio), mantra untuk memaksa orang atau benda untuk melepaskan benda yang dipegangnya. Berasal dari bahasa Italia rilasciare (melepaskan)

Rennervate (baca : renerveit), mantra untuk menyadarkan orang pingsan. Dari ‘re-en-nerves’ (mengembalikan kesadaran)

Reparo(baca: reparo), mantra untuk memperbaiki sesuatu yang rusak. Dari bahasa Latin reparo (memperbaiki).

Repello Muggletum (Baca : repelo mageltem), mantra agar para Muggle tak pernah mengenali dunia sihir. Dari bahasa Latin repello (menyingkirkan)

Rictusempra (baca : riktsempra), mantra untuk menggelitik sasaran. Berasal dari bahasa Latin rictus (mulut terbuka) dan semper (selalu)

Riddikulus (baca : ridikulus), mantra yang digunakan untuk memerangi makhluk jadi-jadian. Dari bahasa Latin ridiculus (aneh).

Salvio Hexia (baca : salvio heksia), mantra untuk melindungi diri dari kutukan. Berasal dari bahasa Latin salvus (aman), dan Inggris hex (kutukan).

Scourgify (baca : skerjifai), mantra untuk membersihkan sesuatu. Berasal dari bahasa Inggris scour (menggosok sampai bersih).

Sectumsempra (baca : sektemsempra), mantra untuk melukai sasaran seperti dibelah pedang. Berasal dari Latin secrum (memotong) dan semper (selalu)

Serpensortia (baca : serpensortia), mantra yang bisa mengeluarkan ular dari tongkat sihir. Berasal dari bahasa Latin serpens (ular), dan Prancis sortir (keluar)

Silencio (baca : silensio), mantra untuk membisukan orang. Berasal dari bahasa Italia silenzio yang artinya ‘diam’.

Sonorus (baca: sonorous), mantra untuk mengeraskan suata pemantranya. Berasal dari kata Latin sonorous (keras).

Specialis Revelio (baca : specialis revelio), mantra untuk mengungkap rahasia gaib suatu objek. Dari bahasa Latin specialis (khusus) dan ‘revelo’ (menyingkap).

Stupefy (baca : scupifai), mantra untuk membuat orang pingsan. Berasal dari bahasa Latin stupefacio yang artinya ‘menjadikan bodoh’.

Tarantallegra (baca: tarantalegra), mantra yang membuat korbannya berjoget heboh. Dari bahasa Italia taranta (menari) dan allegra (gembira).

Tergeo (baca : terjio), mantra untuk menghilangkan sesuatu dari permukaan benda (misalnya darah dari kain). Berasal dari Latin klasik tergeo (membersihkan).

Waddiwasi (baca : wadiwasi),mantra untuk melontarkan benda kecil ke udara. Berasal dari bahasa Inggris wad yang artinya ‘secuil benda empuk’. Digunakan dalam Prisoner of Azkaban.

Wingardium Leviosa (baca : wingardiem leviousa), mantra untuk mengangkat benda. Berasal dari bahasa Inggris wing (sayap), Latin arduus (tinggi) dan levis (ringan).

Rictusempra!

Sumber :

www.wikipedia.org

Nadia Seassi Roesdiono

/nadiaroesdiono

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Seseorang yang ingin belajar berkarya dengan baik dan berkualitas :)
Mahasiswi Sastra Inggris Unair :)

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?