Mohon tunggu...
Erwin Mulialim
Erwin Mulialim Mohon Tunggu... wiraswasta -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Interests in Computer Technology, System Analyst & Networking

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Saran Yang MENYESATKAN Dari Petugas Call Center Mandiri 14000

27 November 2014   11:56 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:43 12915
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1417036208559103128

[caption id="attachment_378474" align="aligncenter" width="720" caption="Saran Yang MENYESATKAN Dari Petugas Call Center Mandiri 14000"][/caption]

Bersama dengan Surat Pembaca ini, saya (Erwin Mulialim) ingin menjelaskan bahwa saya adalah pemegang Kartu Kredit "Master Card Platinum (Feng-Shui Card)" dengan Nomor: "5573-3888-0013-7197" dan telah terjadinya PENIPUAN Kartu Kredit oleh Merchant Palsu (abal-abal) atas Kartu Kredit milik saya tersebut, yang terjadi pada hari Senin, tanggal 24 Nopember 2014, pukul 10.08 WIB.

Yang amat saya SESALKAN bahwa hal ini dapat terjadi atas saran yang MENYESATKAN dari seorang petugas Call Center Mandiri 14000 yang bernama FERA itu. Dan saya bahkan diyakinkan oleh Saudari FERA itu berulangkali bahwa pengisian data-data yang berkaitan dengan Kartu Kredit yang saya miliki pada semua situs-situs pihak ketiga di Dunia Maya (secara on-line) adalah AMAN dan TIDAK BERMASALAH, terutama adalah yang berhubungan mengenai data "CVV CODE" (angka TIGA digit terakhir yang tertera dibalik Kartu Kredit atau pada sisi belakang Kartu Kredit, tepatnya pada strip Tanda Tangan).

Berikut ini adalah kisah Kronologis lengkap atas terjadinya peristiwa penipuan dan pembobolan terhadap Kartu Kredit milik saya tersebut oleh Merchant Palsu (abal-abal) di Dunia Maya (secara on-line) itu :

Pada hari Senin, tanggal 24 Nopember 2014 pagi, saya berniat hendak mengunduh (download) Film "Beverly Hills Chihuahua 2 (2011)" buat bahan menonton Film putra saya, oleh karenanya maka saya kemudian melakukan penjelajahan (browsing)-nya pada situs GOOGLE ("https://www.google.co.id/") dengan kata kunci (keywords)-nya adalah "Download Beverly Hills Chihuahua 2 (2011)". Saya menemukan beberapa referensi dari GOOGLE terhadap situs-situs yang dapat dituju guna keinginan saya mengunduh Film "Beverly Hills Chihuahua 2 (2011)" itu, lalu satu per satu referensi dari GOOGLE saya coba untuk menjelajahinya dan tibalah saya pada situs "IWANNAWATCH" (Watch Movies Online Free) dengan alamat yang dituju adalah "http://www.iwannawatch.to/2011/01/beverly-hills-chihuahua-2-2011/", saya kemudian langsung berselancar meluncur ke lokasi dengan alamat yang direferensikan tersebut. Setelah situs tersebut terbuka, saya lalu klik pada tulisan "Watch Now" dan sesudah itu diarahkan oleh situs "IWANNAWATCH" ini menuju ke lokasi dengan alamat "http://www.fbnewstoday.com/k3/id.html?voluumdata=vid..00000002-ea30-4157-8000-000000000000__vpid..98d29000-737d-11e4-8ed5-4086f2b7fc1b__caid..63ac29ef-0007-4adc-ac10-43fedea12527__lid..225088ee-26da-4463-bd92-76ca5e0ce86e__rt..R__oid1..c8ac5458-1bf9-453c-9087-481cb8eb07e9__var1..quebec-rom-ADBa00Yf__var2..iwannawatch%2Ciwannawatch.to".

Sesampainya saya pada alamat lokasi yang baru ("BERITA FACEBOOK"), saya kemudian membaca artikel yang tertera di lokasi laman ini yang bertajuk "Facebook Bayar Warga Indonesia $247 USD/hari untuk Bekerja dari Rumah" dengan seksama dan mengunjungi laman utama "Facebook Fortunes" sebagai langkah selanjutnya untuk mendaftar pekerjaan dari rumah dengan Facebook seperti yang dijabarkan dalam penjelasan artikel tersebut. Saya lalu klik pada Tautan Terkait yang bertuliskan "Situs resmi Facebook Fortune" dan diarahkan oleh situs "BERITA FACEBOOK" ini menuju ke lokasi dengan alamat "https://ifhpurchase.com/fb/" ("Facebook Fortunes"). Sesampainya saya pada alamat lokasi yang baru lagi ini ("Facebook Fortunes"), saya kemudian diminta untuk mengisi formulir singkat untuk mendapatkan akses on-line instant terhadap program ini dengan TANPA menyebutkan ANGKA BIAYA sepeserpun yang akan dibebankan kepada saya dan bahkan pada laman utama "Facebook Fortunes" jelas tertera tulisan "Free to try" (yang sengaja ditulis dengan huruf yang berukuran besar), yang mana artinya adalah "Mencobanya dengan GRATIS".

Setelah saya mengisikan secara lengkap data-data yang diminta pada laman utama "Facebook Fortunes" ini, saya lalu klik pada tombol yang bertuliskan "GET MY FREE LOGIN NOW" dan saya kemudian dibawa ke laman kedua dari "Facebook Fortunes" ini dengan lokasi yang beralamatkan "https://ifhpurchase.com/fb/checkout.html?p=Zmlyc3ROYW1lPUVyd2luJmxhc3ROYW1lPU11bGlhbGltJmVtYWlsPWVyd2luLm11bGlhbGltJTQwaW5kb3NhdC5uZXQuaWQmcGhvbmU9JTJCNjItODEtMzM5LTMzOS0zNjEmYWRkcmVzcz1KYWxhbiUyMExpa2FuZyUyMFRlbHUlMjAtJTIwUm93YW5nJTJDJTIwUlQuJTIwMDE0JTIwLSUyMFJXLiUyMDAwMyUyQyUyMEtlbHVyYWhhbiUyMFdhc28lMjAtJTIwS2VjYW1hdGFuJTIwTGFuZ2tlJTIwUmVtYm9uZyUyQyUyMEthYnVwYXRlbiUyME1hbmdnYXJhaSUyQyUyMEZsb3JlcyUyQyZjaXR5PVJ1dGVuZyZzdGF0ZT1OdXNhJTIwVGVuZ2dhcmElMjBUaW11ciZ6aXA9ODY1MDgmY291bnRyeT1JRA==". Di laman kedua dari "Facebook Fortunes" ini saya lalu diminta untuk memasukkan data-data yang berkaitan dengan Kartu Kredit yang saya miliki (Kartu Kredit "Master Card Platinum), yang mana dijelaskan di sini bahwa gunanya untuk memverifikasi/memeriksa/memastikan usia dan identitas saya (tertulis: "Verify your age and identity") secara benar dengan melalui pilihan Kartu Kredit yang saya miliki (tertulis: "with your credit card of choice"). Lagi-lagi pada laman kedua dari "Facebook Fortunes" ini TIDAK menyebutkan ANGKA BIAYA sepeserpun yang akan dibebankan kepada saya. Namun karena timbul keragu-raguan di dalam hati saya, kemudian saya lantas memutuskan untuk MENUNDA terlebih dahulu pengisian data-data yang berkaitan dengan Kartu Kredit yang saya miliki dan saya lalu berinisiatif untuk menghubungi pihak petugas Call Center Mandiri 14000 yang diterima dan dilayani oleh petugas yang bernama FERA itu.

Nah, oleh petugas Call Center Mandiri 14000 yang bernama FERA itu saya meminta kepastiannya bahwa pengisian data-data yang berkaitan dengan Kartu Kredit yang saya miliki adalah AMAN adanya, dan terutama adalah mengenai data "CVV CODE" (angka TIGA digit terakhir yang tertera dibalik Kartu Kredit atau pada sisi belakang Kartu Kredit, tepatnya pada strip Tanda Tangan). Dan saya diyakinkan oleh Saudari FERA itu bahwa "AMAN dan TIDAK MASALAH Pak!", hal ini SUDAH saya tanyakan berulangkali kepada Saudari FERA itu dan jawabannya adalah TETAP SAMA saja, bahwa "TIDAK MASALAH dan AMAN Pak!", sebab dijelaskan pula olehnya bahwa akan ada otorisasi lanjutan lagi dari pihak "MASTER CARD" yang berupa "MasterCard SecureCode®" sebagai perlindungan terhadap para pemegang Kartu Kredit (cardholder of a Credit Card) yang berlogo "Master Card".

Sesudah itu saya kemudian menutup sambungan telephone dengan pihak petugas Call Center Mandiri 14000, Saudari FERA. Berdasarkan dan berbekal keyakinan dari Saudari FERA inilah, maka saya pun memberanikan diri guna melanjutkan pengisian data-data yang berkaitan dengan Kartu Kredit yang saya miliki, dan terutama adalah mengenai data "CVV CODE" tersebut. Setelah semuanya terisikan dengan lengkap dan benar adanya, saya lalu klik pada tombol yang bertuliskan "GET MY FREE LOGIN NOW" dan disampaikan pada laman berikutnya bahwa pendaftaran yang sudah saya lakukan berhasil. Dan untuk itu selanjutnya saya kemudian dibawa menuju masuk (login) ke situs "Home Income Flowâ„¢" ("http://homeincomeflow.com/").

Secara tak sengaja, saya mencoba mengakses "Mandiri Internet Banking" guna memastikan keamanan pengisian data-data yang berkaitan dengan Kartu Kredit yang saya miliki, dan terutama adalah mengenai data "CVV CODE" tersebut. Dan saya merasakan adanya pengurangan pada Saldo dari Limit pagu Kredit yang masih tersisa yang saya miliki ("Available Balance") dan informasi ini dapat saya ketahui pada bagian "Informasi Kartu Kredit" atau "Credit Card Summary", sehingga untuk kepastian akan transaksi fiktif dan indikasi pembobolan terhadap Kartu Kredit yang saya miliki oleh Merchant Palsu (abal-abal) tersebut, saya lantas segera menghubungi kembali pihak petugas Call Center Mandiri 14000 untuk kedua kalinya dan yang kali ini diterima dan dilayani oleh petugas yang bernama VINNI.

Alangkah terkejutnya saya bahwa Kartu Kredit saya telah TERDEBET senilai USD 157 (Seratus Lima Puluh Tujuh US Dollar), seperti yang dituturkan oleh Saudari VINNI dan dijelaskan pula olehnya bahwa transaksi tersebut adalah berupa transaksi on-line yang terjadi pada hari Senin, tanggal 24 Nopember 2014, pukul 10.08 WIB, dengan nomor kode transaksinya adalah "683860" dan nama Merchant-nya adalah "A LIND ENTERPRISES". Dan pada saat itu juga kepada Saudari VINNI saya menyatakan bahwa transaksi tersebut adalah TRANSAKSI ILLEGAL dan saya juga menyatakan bahwa saya MENOLAK adanya transaksi yang terjadi DI LUAR atau TANPA sepengetahuan saya tersebut dilakukan pendebetannya oleh Merchant yang adalah bernama "A LIND ENTERPRISES" (yang belakangan baru saya ketahui nama Merchant-nya ini dari Saudari VINNI). Saya juga meminta bantuannya Saudari VINNI guna menonaktifkan secara sementara Kartu Kredit "Master Card Platinum (Feng-Shui Card)" dengan Nomor: "5573-3888-0013-7197" yang saya miliki, sambil menunggu hingga datangnya Kartu Kredit "Master Card Platinum (Feng-Shui Card)" sebagai penggantinya yang baru dengan Nomor yang baru pula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun