Tekno

Peran TIK dalam Pembelajaran

13 September 2017   05:14 Diperbarui: 13 September 2017   05:44 210 0 0
Peran TIK dalam Pembelajaran
dokpri


Perkembangan TIK
saat ini sangat berkembang pesat dalam berbagai kehidupan, tidak hanya dikota besar tetapi sudah merambah tingkat pelosok/pedesaan.

 Perkembangan dunia Teknologi dan Informasi (TIK) seperti komputer, internet, video, dan sebagainya sudah kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan pendidikan di negara kita. Keberadaan berbagai media tersebut dapat berperan secara aktif dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan nasional serta dalam upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.


Peranan TIK dalam Dunia Pendidikan

  1. Kegiatan belajar mengajar diharapkan akan dapat lebih menyenangkan, menarik dan lebih efektif serta efisien apabila memanfaatkan teknologi TIK melalui penerapan sistem pembelajaran elektronik (E-learning) yaitu metode yang menggunakan alat-alat canggih seperti komputer, internet, video, infokus, dll
  2. Modul atau materi pelajaran yang ditampilkan dalam bentuk sistem pembelajaran elektronik (E-learning)akan dapat membantu dan mempermudah siswa dalam menguasai pelajaran sekolah. Dengan demikian para siswa diharapkan dapat mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
  3. Berfungsi sebgai alat atau media peraga, sehingga kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi lebih menyenangkan.

contoh gambar pembelajaran dengan tik: