Perbedaan Bukan Halangan untuk Membangun Bangsa

19 Mei 2017 07:22:58 Diperbarui: 19 Mei 2017 09:04:29 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Sudah seharus nya bangsa Indonesia  ini harus toleran menghadapi perbedaan, karena memang seharus nya sudah begitu . Dari nenek moyang kita dulu perbedaan sudah tidak menjadi halangan untuk saling menyatu dalam keberangam dan ke bersamaan, apalagi seperti kami yang tinggal di kampung, saat ada perbedaan di antara kami, itu sudah menjadi hal yang lumrah, terlepas suku,agama,dan ras karena toh semua kita tetap keluarga yang tidak akan pernah terpisahkan, perbedaan bukan halangan untuk membangun negeri ini ke arah yang baik dan maju, karena dengan perbedaan lah ide-ide baru muncul dan pemikiran kita terhadap sesuatu menjadi lebih baik. 

Apalagi jika perbedaan itu hanya karena perbedaan pemikiran tentang hal-hal kecil, kami di kampung selalu melakukan rapat desa di meunasah dan mengajak warga untuk lebih interaktif dalam menyampaikan pandangan nya secara aktif  dan interaktif tanpa menyanggah dan selalu mendengarkan walau nya satu atau dua patah kata yang di salurkan oleh warga desa, ini kami lakukan semata-mata untuk membuat isi hati masyarakat curahkan tanpa ada rasa yang saling memojokkan. 

Hal itu kami lakukan bukan hanya mulai sekarang tetapi memang sudah di contohkan oleh para pendahulu kami sebelumnya, karena sikap saling hormat dan menghormati sudah menjadi bagian dari bangsa ini. Semoga bangga Indonesia menjadi bangsa yang besar , bangsa yang toleran menghadapi perbedaan , dan saya cinta bangsa saya ini bangsa Indonesia.

Muhammad Ikhsan

/muhammadikhsan

pria biasa dengan tampang yang sangat pas-pasan dan gaya yang sangat urakan
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL muda

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana