Serba Serbi Masuk Politeknik Negeri Jakarta

20 Mei 2017 17:01:04 Diperbarui: 20 Mei 2017 17:23:54 Dibaca : 21 Komentar : 1 Nilai : 1 Durasi Baca :

Banyak banget nih para pejuang yang baru aja melepas pakaian White Grey Grey alias putih abu-abu pada nanya ke gua persoalan kampus gua yang udah terkenal seantero BEJI (Ga tau Beji? Yaudahlah ya)

Jadiii, Kampus gua bernama POLITEKNIK NEGERI JAKARTA atau biasa disingkat PNJ (read : PE - EN - JEEEHH). Kampus gua ini adaah kampus yang sering banget alamat palsu. kenapa? karena banyak orang mengira PNJ ini sodaraan sama Kampus X, Oke kita sebut saja Kampus X ini Universitas Negeri Jakarta. Padahal PNJ sama UNJ tuh LDR, LOOOONGGG DISTANCEE. Yap jauh bat dah.

Nah udah tau kan PNJ dimana? PNJ berlokasi di kota pinggirannya Jakarta selain bekasi. yap Depok City, tepatnya di dalem kampus UI deket Lapangan Kerangkeng UI atau FMIPA.UI. PNJ ini bisa gua bilang ga jelas, kenapa? Lokasinya ada di depok, tapi namanya Jakarta. Yaudalah ya yang penting kaga kegusur dah tu kampus.

Jadi, ceritanya nih yak, dulu pas gua masih menguasai elemen api  , pas gua baru lulus SMA, gua super duper kalang kabut. mau kemana setelah gua diusir dari sinii? kalo pas daftar sma mah pan gampang cuman bawa NEM kelar, la ini gua kudu ujian ini itu busyet ribet pisan. Nah dulu pan gua pernah daftar PMDKPN ke PNJ, tapi ditolak, argggghhh, yaudahlah ya gua memutuskan ikut Ujian Mandiri PNJ, setelah melihat dan menjadi saksi betapa susahnya baca soal SBMPTN, baca aja susah apalagi ngerjainnya yak.

Nah, gua ikut tuh gelombang 1 UMPN PNJ, datenglah gua pagi-pagi bener ke PNJ demi mencari sesuap korsi kosong, anjayy. Soalsoal Umpn tuh gampang. Asli, kalo lu bilang itu susah ya ada 2 kemungkinan, lu dari SMK (karena emang SMK pan ga terlalu fokus belajar teori) atau Lu menyia-nyiakan waktu belajar lu pas liburan. Pokoknya asli gampag banget dah, nah abis itu gua nunggu berapa minggu gitu buat pengumuman, ehhh ga taunya

Wah gila loncat loncat guaa, akhirnya perjuangan gua yang cuman baca buku menjelang ujian terbayarkan. 

Nah abis itu udah deh ikutin semua prosedur dari daftar ulang dll sampe Ospek.

Ospek PNJ ini unik. Mereka ga mau ribet. di hari pertama cuman pengenalan gedung, dan peraturan pendidikan, sama sosialisasi jurusan. nah di hari kedua sampe keempat ini lah yang bikin agak gimana gitu hehehe.

RINDAM JAYA

buat kalian yang ga tau apa itu Rindam Jaya, coba deh search di gugel. Kan siapa tau kalian jadi Maba PNJ entar hehe, jadi lebih preapare laah. Jadi gua jelasin aja deh wkwk, Rindam Jaya ini kayak Kesatuan  TNI gitu. punya markas di daerah condet. Nah, seperti yang gua bilang tadi PNJ ga mau ribet. Daripada diospek di PNJ entar babak belur ama BEM mungkin pikirnya, jadilah kita diospek sama Tentara, akhirnya lebih babak belur. 

Sialnya karena peserta Ospek (Ospek PNJ namanya PKKP lupa gua bilang sori sori) itu numpuk dan banyak banget, karena dari yang semester 3, 5 nya juga ada yang belum ospek sama sekali, kan di PNJ PKKP itu wajib, syarat kelulusan, jadilah mereka PKKP di semester berikutnya, jadinya PKKP yang harusnya di Rindam condet doang, akhirnya dibagi 2 kloter, kloter pertama yaitu cewek-cewek dan yang mungkin ada penyakit di tempatin di Rindam Condet. sedangkan cowok-cowok yang kuat di usir ke Gunung Bunder deket Gunung Salak Bogor untuk ditempa dan diasah, anjayy.

Gua ada di kloter mana? Sialnya gua ada di kloter kedua, cowok setrongg, jadinya gua diculik ke daerah Gunung Salak itu. Tapi gua applause lah buat Bapak-bapak pelatih, yap kita udu manggil tentara disana dengan sebutan Pelatih. Hari-hari disana diisi dengan kedisiplinan,teamwork,dll. Yangg paling enak tuh emang makan dan tidur. Karena 2 hal ini lah waktu istirahat lu yang kudu dimanpaatkan dengan sangat baik.

Ya pokoknya PKKP pnj emang nyisain kenangan sendiri deh hehe.p

Nah kelar PKKP, langsung dah tuh lu mulai ke kelas masing masing. Kalo udah di kelas, emang yangnamanya kelas baru pasti butuh adaptasi. Begitu juga gua, mulai dari temenan sama orang tertentu, sampe akhirnya kita solidbanget dah di TL-2B.

Satu lagi, di PNJ ini ada HMJ , Himpunan Mahasiswa Jurusan. Kalo gua di Elektro, ada HME Himpunan Mahasiswa Elektro. itu tuh kayak semacam BEM Fakultas gitu dah. cuman bukan BEM wkwk. Kalian yang mungkin nanti masuk PNJ dan masuk Jurusan Teknik Elektro, coba aja masuk Himpunan dulu, baru nanti pas semester 3 ambil BEM ;) Seenggaknya kalian udah ada pijakan lah kalo masuk Himpunan. hehe.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana