Lambang Garuda Berarti Negara Berketuhanan

15 November 2011 14:43:56 Dibaca :
Lambang Garuda Berarti Negara Berketuhanan

Garuda di dadaku

Garuda kebanggaanku Ku yakin hari ini pasti menang.. Kobarkan semangatmu Tunjukkan keinginanmu Ku yakin hari ini pasti menang..

Sebagian besar pasti hafal dengan ref lirik lagu diatas, namun tak banyak yang faham mengapa mesti Garuda ? hal ini dikarenakan Lambang Negara Indonesia adalah Garuda, Kenapa lambang Negara Indonesia Garuda?

Garuda sebagai lambang Negara Indonesia

Burung Garuda merupakan burung mistis yang berasal dari Mitologi Hindu yang berasal dari India dan berkembang di wilayah Indonesia sejak abad ke-6. Burung Garuda itu sendiri melambangkan kekuatan, sementara warna emas pada burung garuda itu melambangkan kemegahan atau kejayaan

Lambang negara Indonesia berupa seekor Burung Garuda berwarna emas yang berkalungkan perisai yang di dalamnya bergambar simbol-simbol Pancasila, dan mencengkeram seutas pita putih yang bertuliskan “BHINNEKA TUNGGAL IKA”. Sesuai dengan desainnya, lambang tersebut bernama resmi Garuda Pancasila. Garuda merupakan nama burung itu sendiri, sedangkan Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang disimbolkan dalam gambar-gambar di dalam perisai yang dikalungkan itu. Nama resmi Garuda Pancasila yang tercantum dalam Pasal 36A, UUD 1945.

Garuda Manifestasi Tuhan

Garuda sebagai perwujudan Tuhan dan merupakan Wahana Bhatara Wisnu keteranganya dapat dijumpai didalam kitab suci Bhagavad Gita :

Di antara para raksasa Daitya Aku adalah Prahlada yang ber-bhakti dengan setia. Di antara para penakluk Aku adalah waktu, di antara para binatang Aku adalah singa, dan di antara para burung Aku adalah Garuda.

(Bhagavad Gita X.30)

Makhluk-makhluk apapun yang memiliki sifat-sifat yang agung, indah dan penuh kekuatan, ketahuilah bahwa semua itu mengalir dari sebagian kecil kebesaranKu. (Bhagavad Gita 41).

Garuda dengan Shri Wisnu

Dari sloka Weda tersebut pertanyaan diatas dapat dijawab bahwa Negara Indonesia berlambangkan Garuda bahwa Nusantara atau Indonesia adalah Negara yang Berketuhanan, Negara yang Kuat, Negara yang Megah. Kapan Nusantara akan mencapai Keemasan kembali seperti dari simbol Negara itu sendiri?

I Ketut Mertamupu

/mertamupu

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Seorang mahasiswa hukum, agama dan budaya . Pengamat sosial yang berpikir blak-blakan . Tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar. Situs Resmi : www.hukumhindu.or.id . blog : www.mertamupu.blogspot.com , FB:facebook.com/mertamupu
Contact person: merta_mupu@yahoo.com , Phone Number +6281916665553 , +6281246085553 . Motto gue dalam menulis "free think about everything".

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?