Hiburan

6 Lagu Folk Indonesia Paling Adem

14 September 2017   03:21 Diperbarui: 14 September 2017   03:50 387 1 0

Beberapa tahun belakangan, perkembangan musik di Tanah Air mulai memperlihatkan tren positif. Penikmat musik di Tanah Air mulai dapat istirah dari musik yang alay-alay. Hal ini ditandai dengan makin maraknya musisi yang menerbitkan albumnya melalui jalur indie label. Lahirlah Banda Neira, Payung Teduh,Stars and Rabbit dan sederet band-band lain yang susah dihapal namanya. Meski begitu, saya akan memberi semacam mixtapeuntuk dapat kita nikmati bersama. Menjelang tidur, setelah mendengar berita-berita politik yang kian panas.

1. Banda Neira - Hujan di Mimpi

Banda Neira adalah masa lalu. Mereka sudah bubar. Ananda Badudu dan Rara Sekar memang agak egois. Kita diberinya dua album, lalu mereka pergi, lalu mereka hilang. Oh, bagaimanakah kesedihan harus disembunyikan? Ke mana mereka bawa "proyek iseng bertanggungjawab" mereka itu?

2. Payung Teduh - Untuk Perempuan yang Sedang dalam Pelukan

Mengutip Tegar, meski Payung Teduhyang dulu, bukanlah Payung Teduhyang sekarang, lagu ini adalah kunci khalayak musik Indonesia mulai menggemari musik dengan genre folk ini. Lebih-lebih setelah Payung Teduh mulai masuk tivi, makin cepatlah ketenaran itu diraih. Lagu baru Payung Teduh adalah soal lain, mungkin mereka sedang bermain-main lebih dalam lagi di musik, akan tetapi, khalayak masih kaget-kaget dengan pencapaian itu.

3. Amigdala - Ku Kira Kau Rumah

Jujur saja, awal mendengar lau ini di akun youtube-nya 'Indielokal' saya mengira ini adalah Banda Neira. Dan jleb, rupanya bukan. Amigdala adalah band Bandung, dari sumber blog yang (mungkin) dipercaya, orang dibalik Amigdala adalah Andari Jamalina Pratami dan Isamaulana Elfasya. Dan tentu saja, dunia belum kiamat setelah bubarnya Banda Neira.

4. Stars and Rabbit - Man Upon The Hill

Generasi millenial yang belum kenal Stars and Rabbitbaiknya di-museumkan! Sebab, jangan ragukan lagi bagaimana band ini perform, cara main Mbak Elda tidak akan ada yang dapat menggantikan. Hanya saja, lagu ini tidak cocok untuk orang yang LDR atau jomblo seratus tehun, karena ada ah...ah..ah...nya. Haha

5. Mustache and Beard - Senyum Membawa Pesan

Jangan dengarkan lagu ini ketika kau ditolak mertua. Sekali lagi, jangan dengarkan lagu ini ketika kau ditolak mertua!

6. Silampukau - Si PelangganSilampukau adalah band bahaya. Kuat dan nakal pada lirik. Cocok untuk anda yang menggemari filsafat dan mengagumi kerasnya industri dangdut.