Kang Masroer
Kang Masroer pegawai negeri

Pemerhati masalah agama, pendidikan, sosial, budaya, politik, hukum, & olah raga sepak bola | Prambanan-Kutoarjo, Jateng | GPAI di SMA N 1 Prambanan Klaten | Alumni SDN Bayem 2, SLTP N 2 Kutoarjo, MA PP. Miftahul Huda Malang, STAI Raden Rahmat Malang, dan Santri Mbeling di PPMH Kepanjen Malang | Gusdurians | Aremania | Milanisti | "Bersyukur dengan apa yang ada, bersabar dengan apa yang tiada.." | http://www.kangmasroer.com/ | http://menggapairidho-nya.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Tekno highlight

Bukan Sekadar "Tak Ada Koran, Kurio pun Jadi"

12 September 2017   22:58 Diperbarui: 13 September 2017   08:47 2910 1 0
Bukan Sekadar "Tak Ada Koran, Kurio pun Jadi"
Cari tahu berita terkini di sekitarmu jadi lebih mudah dengan Kurio

Saya adalah satu di antara Gen Y, generasi yang pada tahun 2017 ini menginjak usia antara 20 hingga 39 tahun. Kabarnya, penduduk Indonesia yang masuk pada generasi kategori ini, menurut Badan Pusat Statistik (BPS), mencapai 82,5 juta. Banyak banget ya?

Nah, menurut riset dari Nielsen, Gen Y inilah salah satu generasi yang cenderung memilih sesuatu yang berbasis online dalam kehidupan sehari-harinya. Tak hanya berkomunikasi hingga berjual beli, kini mencari berita dan informasi pun saya lakukan secara online, yaitu dengan mengakses aplikasi berita melalui smartphone. Bagi saya, keberadaan aplikasi berita itu memang membuat akses informasi semakin terasa cepat dan up to date.

Pilah-pilih Portal Berita itu Sangat Perlu

Memang benar sih, kata sebagian orang, segala yang berbau internet itu ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi berdampak positif dan di sisi lainnya berdampak negatif. Maka dari itu, kita harus benar-benar bijak dalam memanfaatkannya, termasuk ketika menggunakan internet untuk mencari berita atau informasi. Sebagaimana fenomena yang cukup memprihatinkan saat ini, yaitu kabar hoax yang kian bergentayangan di dunia maya.

Kalau kita tak pandai dalam memilah-milih portal berita, maka hampir bisa dipastikan tiap hari kita akan ‘sarapan’ dengan yang namanya berita hoax. Lebih bahaya lagi jika kita sering berbagi ‘sarapan’ berita hoax tersebut kepada orang lain melalui berbagai media sosial. Akibat buruk dari berita hoax ini sangatlah besar, mulai dari pembunuhan karakter, penyesatan opini publik, hingga perselisihan antar sesama. Bahkan berita hoax itu juga bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Sungguh mengerikan!

Berita hoax memang berbahaya (Source: https://i.ytimg.com)
Berita hoax memang berbahaya (Source: https://i.ytimg.com)
Oh ya, berbicara tentang berita hoax, saya sendiri punya sebuah pengalaman pahit masa lalu yang membuat saya menyesal hingga sekarang. Ceritanya, karena tidak sempat mengecek keakuratan sebuah berita, tanpa sengaja saya membagikannya di sebuah grup WhatsApp alumni SMA. Niatnya sihberbagi informasi, tapi usut punya usut, ternyata berita itu tidak benar. Nah, karena menyangkut sebuah hal yang prinsip, seketika itu grup WA pun memanas. Singkat cerita, banyak anggota grup yang saling bermusuhan satu sama lain. Bahkan beberapa teman juga keluar dari grup WA.

Beberapa waktu setelah itu, saya pun meminta maaf pada semua teman-teman. Memang mereka memaafkan, tapi nyatanya pengalaman pahit itu masih membekas hingga kini. Semacam rasa traumatik inilah yang kemudian menjadikan pembelajaran bagi saya untuk lebih selektif dalam memilih platform digital yang menyajikan berita dan informasi secara online. Hingga akhirnya Google Play mempertemukan saya dengan sebuah aplikasi penyedia konten informasi dan berita yang anti hoax, yaitu Kurio.

Sudah Kenal dengan Kurio?

Kurio merupakan salah satu aplikasi buatan anak negeri yang kegunaannya adalah untuk membaca informasi dan berita secara online. Aplikasi ini menyatukan berbagai konten dari portal-portal berita, media, hingga blog penyedia konten. Jadi, kalau boleh saya katakan, aplikasi ini ibarat ‘koran digital’ yang mengumpulkan beberapa informasi dan berita dari sumber yang terpercaya.

Nah, untuk memanfaatkan aplikasi ini sebagai ‘koran online’ caranya sangatlah mudah. Cukup dengan beberapa langkah saja: buka Google Play bagi pengguna smartphone berbasis android dan atau App Store bagi pengguna iOS, ketik ‘Kurio’ di kolom pencarian, pilih aplikasi ‘Kurio’ kemudian klik pasang. Selanjutnya, klik terima dan tunggu aplikasi terpasang di perangkat smartphone kita. Mudah sekali, bukan?

Langkah mudah memasang Kurio di smartphone
Langkah mudah memasang Kurio di smartphone
Lantas, sebenarnya apa sih yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi-aplikasi berita yang lain, sehingga aplikasi ini recommended bagi kita? Setidaknya ada tiga hal yang menjadikan konten di Kurio ini lebih unggul dari aplikasi berita lainnya. Pertama, informasi dan berita yang disajikan Kurio diambil dari berbagai sumber yang terpercaya. Karena sumbernya banyak dan terpercaya, maka informasi dan berita yang disajikannya akan menjadi bacaan yang bermutu bagi penggunanya.

Kedua, semua sumber berita di Kurio dipastikan kredibel dan terakurasi secara ketat. Sehingga bisa dipastikan, kita tak akan menemukan informasi hoax serta berita provokasi yang bergentayangan di Kurio. Dan ketiga, informasi dan berita di Kurio selalu update serta memuat berbagai macam topik. Dengan banyaknya topik tersebut, maka seolah-olah semua informasi dan berita itu benar-benar ada di dalam genggaman.

Bukan Sekedar “Tak Ada Koran, Kurio pun Jadi”

Selain ketiga keunggulan tersebut di atas, menurut saya, aplikasi Kurio juga mempunyai banyak nilai plus. Beberapa di antaranya adalah aplikasinya yang user friendly, tampilannya yang enak dilihat, dan fungsi navigasi menunya mudah dioperasikan. Ukurannya yang kecil juga menjadikan aplikasi ini instan loading, terasa ringan dan cepat saat dijalankan kapan saja dan di mana saja. Termasuk saat malam hari tiba, karena ada Night Mode yang akan memudahkan kita saat membaca di tempat yang minim cahaya.

Dengan night mode, membaca di malam hari pun terasa nyaman
Dengan night mode, membaca di malam hari pun terasa nyaman
Keunggulan-keunggulan tersebutlah yang menjadikan Kurio bukan sekedar pengganti koran digital semata. Sehingga, pepatah anak Pramuka, “tak ada rotan, akar pun jadi”, sepertinya tak cukup representatif menggambarkan keberadaan Kurio. Bagi saya, manfaat Kurio bukan sekedar “tak ada koran, Kurio pun jadi”. Karena nyatanya, selain sebagai teman penyedia informasi dan berita yang paling setia setiap saat, Kurio juga menjadi sumber inspirasi bagi saya.

Pernah suatu ketika, saat saya merasa buntu mencari ide untuk ikut serta dalam lomba menulis, saya justru mendapatkan ide itu dari aplikasi ini. Ceritanya, saat itu ada lomba menulis yang mengangkat tema tentang kisah inspirasi. Nah, dengan alasan biar gampang mencari referensi, saya pun mencari sosok tokoh inspiratif yang dekat dengan lokasi tempat tinggal saya.

Sebagai orang yang hidup di perantauan seperti saya, tentu bukan perkara mudah untuk mencari sosok inspiratif yang ada di sekitar tempat tinggal. Singkat cerita, saya iseng-iseng membuka Kurio dan mulai mencari informasi dengan beberapa kata kunci. Hingga akhirnya, saya pun menemukan sebuah informasi penting, bahwa di daerah Klaten tempat saya tinggal ini ternyata ada kisah para perajin payung lukis yang berjuang melestarikan sebuah tradisi yang sudah turun temurun.

Kurio menjadi sumber inspirasi
Kurio menjadi sumber inspirasi
Tema itu pun saya angkat dalam sebuah tulisan dan saya ikut sertakan dalam sebuah ajang kompetisi menulis yang bagi saya cukup prestisius. Hasilnya, syukur alhamdu lillah, tulisan tersebut mendapat apresiasi dari dewan juri sebagai Juara 1 Kategori Umum. Maka tidaklah berlebihan jika bagi saya, di mana ada smartphone, di situ ada Kurio yang akan menjadikan kita lebih tau tentang berbagai informasi dan berita. Termasuk informasi dan berita terkini di sekitar kita yang kini bisa diakses dengan mudah melalui fitur Lokasimu.

Selalu Lebih Tahu dengan Lokasimu

Fitur Lokasimu adalah satu di antara dua pembaruan terbaru yang ada pada aplikasi Kurio versi 3.2.3. Pembaruan lainnya adalah tampilan aplikasinya yang baru, yaitu fitur topik-topiknya yang makin mudah dilihat dan lebih berwarna.  Pada pembaruan aplikasi versi ini, pengembang Kurio juga banyak melakukan optimisasi sehingga aplikasi Kurio lebih cepat digunakan.

Kembali ke fitur Lokasimu. Fitur ini memudahkan kita sebagai pembaca untuk mengetahui informasi dan berita apapun yang terjadi di sekitar tempat tinggal kita. Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah. Kita cukup men-tab menu Lokasimu yang terletak di deretan menu sebelah atas. Setelah itu, atur lokasi yang kita inginkan. Bisa dengan deteksi lokasi secara otomatis, ataupun memilih lokasi secara manual. Setelah itu tunggu sejenak, maka Kurio akan menampilkan berbagai informasi dan berita terkini yang ada di sekitar kita.

Selalu lebih tahu berita di sekitar dengan fitur 'Lokasimu'
Selalu lebih tahu berita di sekitar dengan fitur 'Lokasimu'
Dengan fitur Lokasimu ini, maka sudah pasti kita tidak akan ketinggalan berita populer ataupun kehabisan bahan obrolan tentang apa saja yang ada di sekitar kita. Dengan mengetahui informasi dan berita terkini di sekitar kita, kita pun akan menjadi lebih punya rasa empati dan simpati terhadap masyarakat sekitar. Makanya, yuk buka Kurio dan akses Lokasimu! Kemudian ketahui dan lihat apa yang terjadi di sekitarmu!


*Referensi:

http://databoks.katadata.co.id

https://kurio.co.id