Hiburan

Pantai Bebas Haram

21 Maret 2017   18:42 Diperbarui: 21 Maret 2017   22:12 15 3 0
Pantai Bebas Haram
Gambar : Dokumentasi Pribadi

.



Banyuwangi - Selain terkenal akan kulinernya Banywangi merupakan Surga bagi para pelancong lokal maupun mancanegara. Setelah sukses dengan aneka festival, kini akan ada pantai halal khusus wanita dan anak.

Inilah yang terbaru Konsep wisata halal yang selama ini menjadi salah satu impian Banyuwangi kini terwujud. Pulau Santen beralaskan pasir hitam legam kini disulap menjadi jujugan baru berbasis pantai syariah. Wisata halal ini berdiri tepat di bekas kawasan lokalisasi pakem.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, konsep ini dikembangkan sebagai diferensiasi serta segmentasi pariwisata Banyuwangi terhadap daerah lain. Konsep halal tourism tidak serta-merta diperuntukkan bagi kaum muslim.

Halal tourism merupakan konsep besar pengembangan destinasi, yang di antaranya ditandai dengan jaminan fasilitas halal. Seperti, makanan halal, tidak menjajakan alkohol, pemberitahuan waktu jelang beribadah (azan), tempat bersuci lengkap dengan fasilitas tempat ibadah, serta fasilitas berkonsep pemisahan antara laki-laki dan perempuan.


"Ini bukan soal SARA, tapi bicara soal segmentasi pasar, bicara strategi pemasaran. Destinasi ini bukan hanya untuk muslim, tapi untuk semua umat. Pengunjungnya siapapun boleh menikmati. Konsepnya halal tourism, menjamin makanan halal. Semuanya kita lakukan bertahap seiring dengan penataan yang akan terus berjalan," ujar Anas saat pra-peluncuran Pulau Santen sebagai destinasi halal tourism.

Sebelum di bangun tempat ada tempat prostitusi Pakem yang telah ditutup. Kawasan Pantai Pulau Santen yang berada di Kelurahan Karangrejo ini dulu sebagai lingkungan kumuh. Tak jauh dari gerbang masuk Pulau Santen, ada. Kini pulau ini mulai ditata. Saat ini dengan bertahap, Pantai Pandanaan di sisi selatan akan dikembangkan beach club for women. Desainnya sedang digarap sejumlah arsitek kondang.

Bagaimana Anda Tertarik berkunjung kesini