Serba Serbi Kamera Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

16 Mei 2017 16:34:09 Diperbarui: 17 Mei 2017 21:41:29 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Serba Serbi  Kamera Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui
Sumber: steemd.com

Meskipun kamu cukup familiar dengan kamera smartphone, tapi mungkin ada banyak hal yang belum kamu ketahui tentang fitur yang satu ini. Nah, berikut ini 7 fun facts kamera smartphone yang perlu kamu ketahui!

Serba-serbi kamera smartphone yang perlu kamu ketahui:

1. Ponsel Kamera Pertama di Dunia

Banyak yang menduga kalau ponsel kamera pertama diciptakan di negara barat. Tapi tahu kah kamu, kalau ponsel dengan fitur kamera pertama di dunia ternyata diciptakan di Asia loh.

So, pada pertengahan tahun 2000, Samsung memproduksi ponsel kamera yang dirilis di Korea Selatan. Dengan resolusi sebesar 350.000 piksel atau 0,35 megapiksel, kamera ponsel ini bisa mengambil 20 foto.

Namun, ternyata ada argumen lain yang mengatakan kalau ponsel kamera pertama sesungguhnya diproduksi oleh Sharp dan dirilis di Jepang pada bulan November 2000.

2. Penemu Ponsel Kamera yang Menjadi Cikal Bakal Kamera Smartphone

Sumber: Grounds For Sculpture: Expressions
Sumber: Grounds For Sculpture: Expressions

Pada tahun 1993, seorang penemu dan seniman bernama Daniel A. Henderson berhasil menemukan fungsi baru untuk ponsel selain sms dan telepon, yaitu kamera. Dari penemuannya tersebut, Daniel juga memegang lebih dari 26 hak paten yang memungkinkannya menjadi seniman seperti sekarang.

Hingga saat ini, ponsel berkamera yang menjadi cikal bakal kamera smartphone saat ini masih tersimpan di The Smithsonian National Museum of American History.

3. Kamera Smartphone dengan Resolusi Tertinggi Saat Ini

Sumber: Maddy Elliott
Sumber: Maddy Elliott

Kamera smartphone dengan resolusi paling tinggi untuk saat ini adalah smartphone dengan kamera 50 _megapixel_ atau setara dengan 50,000,000 pixel. Tapi apa itu pixel?

Pixel sendiri berasal dari kata picture element atau elemen gambar yang merupakan representasi titik kecil yang kemudian disatukan hingga menampilkan gambar.

So, semakin tinggi resolusi kamera yang digunakan, maka akan semakin banyak juga jumlah _pixel_ yang dibutuhkan untuk menyusun gambar. Semakin banyak atau padat pixel akan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan detil.

Oleh karena itu, Jika kamu ingin mengambil gambar untuk dicetak, gunakanlah kamera *smartphone* dengan resolusi yang tinggi seperti Smartphone Luna yang memiliki resolusi hingga 12 megapixel.

4. Pixel Bukanlah Penentu Kualitas Gambar

Sumber: www.bhphotovideo.com
Sumber: www.bhphotovideo.com

Ternyata ukuran megapixel di kamera smartphone bukanlah penentu utama kualitas gambar. Selain megapixel, masih ada yang namanya sensor kamera.

Sebagai bagian inti dan terdalam pada sebuah kamera, sensor memiliki berbagai sel yang tersusun membentuk persegi panjang dimana tiap sel merepresentasikan satu pixel.

So, jumlah sel yang ada didalam sensor kamera setara dengan besar pixel dari gambar yang dihasilkan oleh kamera smartphone.

5. Selfie Ternyata Bisa Membunuh

Sumber: Viralscape
Sumber: Viralscape

Sebagai aktivitas yang disenangi oleh kaum remaja, ternyata selfie menggunakan kamera smartphone bisa berbahaya, loh.

Pada tahun 2015, sebuah riset menemukan lebih banyak orang meninggal ketika sedang selfie dibandingkan karena diterkam oleh hiu.

Bagaimana tidak, banyak pengguna media sosial yang berusaha untuk mengambil selfie di tempat yang berbahaya seperti di atas gedung dan jalanan hanya untuk mengesankan para pengikut mereka di media sosial.

6. Wanita Terbukti Lebih Suka Selfie

Sumber: MyStock.Photos
Sumber: MyStock.Photos

Nah, mungkin kamu juga sudah menduga hal ini ya. Walaupun wanita dan pria sama-sama pemakai aktif smartphone, tapi ternyata wanita lebih banyak menggunakan fasilitas kamera depannya.

Hal ini dibuktikan oleh Selfiecity yang mengadakan riset terhadap 3,200 selfie instagram yang tersebar di lima negara yaitu New York, London, Moscow, Bangkok, and San Paolo.

Hasil penelitian tahun 2014 ini menemukan bahwa pada setiap negara, selfie lebih banyak dilakukan oleh perempuan daripada laki-laki dengan rasio 3:1. Bahkan, negara seperti Moscow dan Bangkok menunjukkan rasio yang lebih tinggi.

Pada tahun yang sama, Pew Research Center juga mendukung hasil penelitian tersebut dengan menyatakan bahwa 68% dari perempuan millenial melakukan selfie secara rutin, sedangkan hanya 42% dari laki-laki yang melakukan hal tersebut.

7. Dual Camera - Inovasi Canggih Kamera Smartphone

Sumber: mobilechoiceuk.com
Sumber: mobilechoiceuk.com

Permintaan yang tinggi di bidang teknologi membuat para produsen smartphone selalu memunculkan inovasi baru. Tidak hanya desain yang semakin tipis dan elegan, fitur seperti kamera smartphone juga mengalami perubahan yang dahsyat. Dual camera atau yang dikenal juga dengan nama kamera stereo adalah salah satunya.

Sebagai kamera dua lensa yang memiliki sensor gambar terpisah pada setiap lensa, dual camera ini mempunyai kemampuan untuk menangkap gambar tiga dimensi.

Di samping itu, kamera smartphone yang satu ini juga dapat digunakan untuk menangkap gambar dan video secara berbarengan, loh. Tidak heran kalau smartphone dengan dual camera dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

***

Ternyata banyak serba-serbi mengenai kamera smartphone yang belum kita ketahui, ya. Tentunya hal ini membuat kamu jadi makin tertantang untuk mengekplorasi lebih dalam fitur dari smartphone satu ini. Untuk pengalaman menggunakan kamera smartphone yang lebih keren, kamu bisa mencoba smartphone dengan kamera yang mumpuni seperti Luna smartphone

Markus Yohannes

/markusyon

Content Writer of Content Collision < contentcollision.co > == Tech - Lifestyle - Startup ==
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana