Ancol Peduli Korupsi

16 Februari 2012 16:20:20 Dibaca :

Banyak yang sudah mengirimkan artikel di kompetisi ini. Sebagian besar mengangkat hal-hal yang bisa dikatakan "Indonesia banget" seperti seni budaya ataupun pariwisatanya.  Melalui tulisan ini, saya juga akan mengangkat sesuatu yang "Indonesia banget", yaitu korupsi. Hehe...


Media massa Indonesia semakin ramai oleh pemberitaan korupsi. Bukan hal baru, namun memang tidak ada habisnya terus terjadi di negara ini. Berbagai upaya untuk memberantas korupsi nampaknya belum berhasil, justru korupsi semakin merajalela terjadi di negara ini. Mengapa demikian? Jika diibaratkan, upaya pemberantasan korupsi saat ini hanya seperti menebang pohon pada bagian batang atau rantingnya, yang kemudian dapat tumbuh lagi dan tumbuh lagi. Perlu adanya upaya untuk menghilangkan korupsi hingga ke akar-akarnya, sehingga tidak dapat tumbuh kembali. Bagaimana hal ini bisa dilakukan? Salah satunya melalui upaya-upaya yang lebih bersifat preventif memberikan edukasi kepada generasi muda Indonesia agar perilaku korupsi tidak terulang lagi di masa depan.


Ancol dengan jumlah pengunjung mencapai lebih dari 14 juta pada tahun 2009 (sumber : laporan tahunan PT Pembangunan Jaya Ancol 2009) menyediakan pasar yang potensial untuk melakukan hal tersebut. Melalui event bernama "Ancol Peduli Korupsi", Ancol bisa berpartisipasi dalam upaya pemberantasan korupsi. Menyebarkan virus-virus anti korupsi dan mengedukasi masyarakat khususnya kepada generasi muda.


Banyak acara bisa diadakan dalam event ini, seperti festival pertunjukkan musik dengan mengusung tema anti korupsi, talkshow dan lain sebagainya. Event tersebut bisa diadakan di area Dunia Fantasi. Biar lebih seru, di dekat pintu masuk disediakan suatu media tulis, bisa berupa papanatau kain besar dimana pengunjung membubuhkan tanda tangan mereka beserta nama lengkap sebagai bentuk kepedulian dan sumpah mereka untuk melawan dan tidak melakukan korupsi. Nantinya media ini bisa dijadikan monumen atau simbol anti korupsi. Jumlah tanda tangan yang terkumpul merupakan gambaran seberapa besar tingkat kepedulian masyarakat untuk melawan korupsi. Kalau perlu undanglah para pejabat untuk ikut serta menaruh tanda tangan mereka. :)


Mengedukasi masyarakat melalui event yang seru dan menyenangkan, mengapa tidak?



Link Facebook : http://www.facebook.com/?ref=tn_tnmn#!/marinda.gunawan/posts/113788288746641



Link Twitter : https://twitter.com/#!/MarindaGunawan/status/170187759871459330


Marinda Gunawan

/marindagunawan

Abang Buku DKI Jakarta 2011 Vice Director of RnD Division of Garuda Youth Community
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?