Sejarah Toko Online Dunia

15 Januari 2012 13:27:48 Dibaca :

Toko online adalah toko yang dibuat dalam bentuk online. Biasanya toko ini dibuat menggunakan website atau  social media. Social media yang sering digunakan adalah Blogspot, Facebook, Twitter dan Multiply.  Ke empat social media ini tentu saja sudah dikenal oleh setiap orang yang suka melalang buana di dunia maya. Alasan tersebutlah yang membuat mereka terpilih menjadi tempat jual. Namun ini adalah kisah yang kita dengar setelah toko online terkenal tapi apakah kita tahu siapa yang pertama kali mencetuskan ide toko online, kapan dan dimana?

Sir Timothy John Berners Lee atau  Tim Berners Lee yang berasal dari Inggris berhasil meluncurkan server World Wide Web pertama kalinya di dunia pada tahun 1991. 3 tahun berikutnya atau pastinya tahun 1994, muncullah toko Pizza Hut online. Perusahaan Jerman bernama Intershop memperkenalakan system belanja  secara online pertama kalinya dan perusahaan Nestcape juga melunculkan SSL  untuk mentransfer data secara online pada tahun yang sama agar menjaga keamanan kegiatan berbelanja secara online. Yang kemudian disusul oleh Amazan pada tahun 1995 dan eBay pada tahun 1996.

Cara pembayaran pun semakin berkembang untuk pembayar menggunakan bank online seperti Pay Pal yang berdiri pada tahun 1999, Liberty Reserve pada tahun 2002,  Alertpay pada tahun 2004 dan bank online lainnya. Selain bank online, ada beberapa pembayaran alternative yang memang dari dulu sudah ada seperti kartu debit, cek, giro, atau wesel.

Selain cara pembayaran, pilihan cara pengirimannya semakin banyak seperti download untuk pembelian program atau software komputer dan handphone. Cara pengiriman yang popular adalah pengiriman menggunakan kapal, pesawat dan mobil. Cara pengiriman ini memang sudah ada sejak zaman dulu hingga sekarang. Semoga berguna –hm-

heni minata

/makanlagi

Anak cewek pemalas yang suka makan tapi juga mulai suka nulis berharap yang dibagikan berguna.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?