Media

Fenomena Generasi Muda Indonesia yang Sukses Menjadi Youtuber Fenomenal & Inspiratif

11 Agustus 2017   04:16 Diperbarui: 11 Agustus 2017   04:34 39 0 0

RUTH LOLA KRISTIANI

NPM   :201413500174

KELAS: Y6B

Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika dan IPA

Universitas Indraprasta PGRI

Jika dahulu kita sulit untuk membuat video, mengedit video bahkan sulit untuk membagikan video kita pada orang lain, maka tidak berlaku untuk era modern saat ini. Pada era modern saat ini, terdapat aplikasi youtube yang bisa membantu banyak orang untuk membuat, mengedit, mengunggah, dan melihat video dengan mudah. Youtube memiliki banyak konten video yang memiliki beragam informasi yang sifatnya bisa ditonton kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja. Maka dari itu, kenyataan yang bisa kita temui adalah banyak orang lebih tertarik membuka youtube daripada menyetel TV.

Di Indonesia sendiri, youtube dinikmati oleh banyak kalangan yang terdiri dari anak kecil sampai orang dewasa dan orang tua. Menariknya lagi, masyarakat di Indonesia saat ini sedang fenomenal dan gempar-gemparnya untuk menjadi seorang youtuber. Sebut saja beberapa youtuber Indonesia yang sudah sukses dengan konten video-videonya yang kreatif seperti Kevin Hendrawan dengan video review barang-barang mewah dan modern, Rachel Goddard dengan konten tutorial kecantikan dan travel, MiawAug dengan konten video game, Alphine Gaming dengan konten video game, Raditya Dika dengan konten video challenge dan Chef Marinka dengan konten video memasaknya. 

Mereka semua adalah beberapa youtuber Indonesia yang pengikutnya sudah melebihi 100 ribu bahkan beberapa dari mereka sudah ada yang memilki jutaan pengikut. Rupanya, kesuksesan beberapa youtuber Indonesia ini telah mampu memacu banyak orang untuk memiliki kesuksesan yang sama dengan menjadi seorang youtuber. Tak heran jika dari hari ke hari banyak youtuber baru yang bermunculan dengan konten video yang kreatif lainnya.

Para youtuber Indonesia tersebut berhasil menggunakan konten youtube untuk berkarya dengan kreativitasnya. Dimana, mereka bisa menghasilkan video yang memberi informasi positif atau menghibur para penontonnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat banyaknya like pada konten video, banyaknya jumlah viewer konten video para youtuber dan bertambahnya pengikut akun youtube mereka. Menjadi youtuber sungguh fenomenal sekali saat ini di Indonesia, apalagi setelah banyak orang yang telah mengetahui keuntungan besar yang bisa kita dapatkan dengan menjadi seorang youtuber. Selain kita bisa berkarya kreatif dengan video-video yang kita buat, menjadi youtuber juga bisa menghasilkan uang yang bisa menambah pundi-pundi keuangan kita dan secara tidak langsung kita pun menjadi sosok baru yang dikagumi oleh banyak orang seperti layaknya selebriti.

Nah, ternyata menjadi seorang youtuber fenomenal yang sukses dan inspiratif itu juga memiliki sebuah fakta menarik. Dimana, menjadi seorang youtuber tidak mengenal batas usia. Anak-anak bahkan bisa menjadi seorang youtuber. Mereka yang awalnya terinspirasi kemudian bisa menjadi sosok yang menginspirasi orang lain. Di Indonesia saja, banyak anak-anak yang sudah sukses menjadi youtuber. Contohnya, Almeyda Nayara, Azka Corbuzier, dan Romaria Simbolon. 

Para youtuber cilik ini bahkan telah memilki karya dan penghasilan yang cukup fantastis di masa bermainnya. Hal yang luar biasa bukan? Terpacu dari kisah kesuksesan para youtuber generasi muda Indonesia, tak sedikit orang bahkan anak-anak bangga untuk bercita-cita menjadi seorang youtuber. Pernyataan ini terbukti dari muncul banyaknya konten youtube anak-anak. Tak hanya itu, kita bisa melihat sebuah video di youtube yang mana memperlihatkan seorang siswa kelas VI, SDN 36 Pekan Baru bernama Rafia Fadila dengan lantang dan tanpa ragu menjawab pertanyaan Bapak Presiden RI, Bapak Jokowi  di depan banyak orang yaitu cita-citanya adalah ingin menjadi seorang youtuber. 

Untuk kalian generasi muda Indonesia yang ingin berkarya, berprestasi, sukses, menjadi fenomenal, bahkan mulai berpikir untuk menginspirasi orang lain atau menjadi inspirasi banyak orang dengan menjadi seorang youtuber itu merupakan hal baik yang tidak sia-sia dan tidak membuang waktu. Bercita-cita menjadi seorang youtuber bukanlah hal yang salah dan memalukan. Bercita-cita adalah hak kita setiap orang dan berkarya, berprestasi, serta menginspirasi orang lain dengan menunjukkan seluruh kemampuan terbaik kita adalah beberapa tujuan kita hidup. Maka dari itu, semangat terus generasi muda Indonesia !