Nama-nama Nabi utusan Allah

06 Oktober 2011 15:40:23 Dibaca :

25 NAMA-NAMA NABI yaitu :

ADAM,  IDRIS,   NUH,   HUD,   SOLEH,   IBRAHIM,  LUTH,

ISMAIL,   ISHAK,   YA’KUB,   YUSUF,   AYYUB,   SYU’AIB,   MUSA,   HARUN,   ZULKIFLI,   DAUD,   SULAIMAN,   ILYAS,   ILYASA’,   YUNUS,   ZAKARIA,   YAHYA,    ISA, dan terakhir    MUHAMMAD.

Dari keturunan Nabi Ibrahim, mempunyai anak Ismail dan Ishak.

Dari Ishak, terdapat silsilah keturunan nabi-nabi  sebanyak 14 nabi hingga pada Nabi Isa. Kecuali Syu'aib dari keturunan Nabi Luth.

Dari Ismail, terdapat keturunan hanya seorang nabi yaitu Nabi  Muhammad, dan  sebagai Nabi Terakhir.

Masing-masing Nabi membawa ajaran risalah kerasulan. Sebagian besar ajarannya hanya terbatas untuk kaumnya, dengan tuntunan ajaran sesuai perkembangan jamannya , sesuai tingkat perkembangan sosial kemasyarakatan pada masanya.  Bentuk-bentuk kewajiban ibadah menyembah Tuhan Allah belum selengkap sebagaimana yang telah dituntukan melalui Nabi Muhammad.

Sedang pada nabi Muhammad sebagai penutup para Nabi, tuntunan risalah  kerasulan sudah bersifat komplek menyeluruh, universal dan untuk menjadi tuntunan seluruh umat dimuka bumi. Ajaran tuntunannya  sebagai agama diperuntukan untuk semua umat manusia dimuka bumi, tidak untuk kaum tertentu, suku tertentu atau bangsa tertentu;  dengan Al Qur'an sebagai tuntunan.

Muhammad sebagai Nabi penutup Rasulullah. Tidak akan ada nabi lagi. Al Qur'an sebagai pedoman ajarannya. Sedang kitab zabur, taurat dan injil yang menjadi risalah nabi-nabi sebelumnya;  esensi pokok kandungannya sudah tercantum dalam Al Qur'an.

Hasyim Ludfi

/ludfiluk

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Pencinta NKRI dg Pancasila sbg dasar Negara. Cinta damai dalam jalinan persaudaran sebangsa dan setanah air, pendamba kerukunan antar umat beragama di Negeri Indonesia Raya.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?