Globalisasi? Harus apa kita?

30 November 2016 22:59:35 Diperbarui: 01 Desember 2016 21:42:55 Dibaca : Komentar : Nilai :



Proses globalisasi takkan pernah berhenti di zaman modern ini, tapi bagaimana kita sebagai manusia yang hidup di zaman ini menyikapinya dan ikut bersaing dalam derasnya arus teknologi dan informasi.

Globalisasi dapat didefiniskan sebagai proses mendunia yang terlaksana oleh hubungan antarmanusia di seluruh dunia melalui interaksi perdagangan, wisata, investasi, dan banyak lainnya. Proses ini tidak dapat dihentikan terutama di zaman sekarang ini, dimana segala jenis informasi dapat diperoleh dengan cepat dengan munculnya internet dan media informasi lainnya.

Proses ini tentu memunculkan pengaruh positif maupun negatif juga pro dan kontra dalam masyarakat di berbagai negara. Secara positif tentu kita bisa melihat bahwa hubungan perekonomian dan perdagangan sangat berkembang pesat, dengan munculnya produk-produk asing yang berkeliaran di pasar Indonesia, juga di bidang teknologi dimana banyak muncul teknologi teknologi baru yang semakin mendukung proses globalisasi untuk semakin berkembang dengan cepat dan luas, dan banyak bidang lainnya. Selain positif ada juga dampak negatif yang muncul seperti semakin tinggi tingkat kriminalitas karena tarif hidup tentu semakin tinggi, kesenjangan sosial pun semakin jauh karena orang kaya semakin diperkaya namun orang miskin sulit untuk ikut bersaing karena tentu harapan dan kriteria dalam pekerjaan pun semakin tinggi dan rumit, hal ini disertakan semakin lunturnya jati diri bangsa karena terlalu banyaknya pengaruh barat dalam indonesia sehingga semakin banyak yang bersifat individualis dan melupakan nilai nilai budaya yang ada di Indonesia.

Di Asia tenggara sekarang muncul MEA dimana masyarakat disekitar Asia tenggara bersaing untuk mendapatkan jabatan di perusahaan perusahaan, perusahaan ini tidak memandang darimana asalnya namun ia akan mencamtukan kriteria yang dibutuhkan untuk memenuhi jabatan kosong tersebut.

Melihat dampak dan pengaruh globalisasi , apa yang harus kita lakukan untuk tetap mampu bersaing dan bertahan di era globalisasi modern ini, dimana semua informasi dapat tersebar dengan amat cepat?

Muncul banyak tuntutan baru dalam era globalisasi ini, muncul tuntutan kemampuan daya saung yang kuat dalam teknologi dan industri. Masing masing individu dituntut untuk memiliki kecakapan tertentu seperti penguasaan ilmu bahasa, teknologi, dan yang terutama adalah kreatifitas. Pasar bebas pun terbentuk dan meningkatkan minat masyarakat untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas kerja yang dapat kemudian disejajarkan dengan angka pendapatan mereka.

Dengan menignkatnya minat dan kriteria kerja,, muncul persaingan internasional antara para angkatan kerja untuk mampu memenuhi segala kriteria dan memperoleh pendapatan yang tinggi. Dalam bidang bisnis pun muncul persaingan, dimana orang orang kreatif semakin dibutuhkan oleh para pemilik modal untuk menciptakan suatu usaha atau bisnis, tentunya semua ditujukan untuk memperoleh keuntungan dan menjadi perusahaan yang punya fondasi kuat dipasar dan mampu terus berinovasi seperti contoh adalah Google, Apple, dan banyak contoh lainnya.

Selain di bidang ekonomi tentu kita juga harus dapat bertahan di dalam kebudayaan dan kepercayaan kita, beberapa cara yang dapat kita lakukan adalah untuk menyaring segala budaya asing yang masuk ke dalam negara kita, untuk mengetahui apa yang baik dan buruk, memang ada budaya yang mampu membangun diri namun ada juga yang malah merusak diri dan bukan hanya berdampak buruk pada diri sendiri namun juga kepada orang lain. Dengan adanya masalah seperti ini kita juga jangan hanya menghindari permasalahan tapi menegakkan kebenaran dan meluruskan pandangan orang untuk menilai kebudayaan tersebut dengan benar dan jangan sampai ikut terjerumus dalam budaya yang tidak baik tersebut. Ajaran aliran sesat pun bermunculan di dunia seperti munculnya ISIS, satanisme dan banyak lainnya yang menyimpang dari norma dan peraturan yang berlaku dengan adanya aksi kekerasan dan vandalisme yang dilakukan dengan mengatas namakan agama tertentu, hal ini perlu ditentang dan ditegakkan karena telah mengganggu perdamaian dunia dengan aksi aksi terorisme yang juga karap terjadi dewasa ini.

Jadi dari segala yang disebutkan diatas dapat dikonklusikan bahwa proses globalisasi ini memang sangat mendorong perkembangan dunia di berbagai bidang namun tidak semua merupakan perkembangan positif, maka itu kita harus bisa memilah hal-hal yang tersebar di era globalisasi ini. Persaingan antar individu juga semakin ketat, tuntutan kerja semakin tinggi dan perkembangan edukasi dan teknologi pun tidak pernah berhenti sehingga tentu saja mendorong generasi generasi baru yang lebih cerdas dan kreatif yang mampu memajukan bangsa Indonesia. Jadi apa yang harus kita lakukan sekarang? Semua ada di tangan kalian masing masing.

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article