Trik Catur yang Sederhana (6)

05 September 2011 19:53:41 Dibaca :

Tulisan sebelumnya menjelaskan tajamnya sorotan Gajah yang mengancam pertahanan lawan. Bentuk permainan catur yang terbuka menguntungkan Gajah. Sebaliknya fungsi Gajah akan tumpul jika bentuk permainan caturnya tertutup. Berikut ini contoh trik catur menutup sorotan tajam Gajah.

Diagram catur di atas memperlihatkan bidak hitam h3 dua langkah lagi promosi jadi Menteri. Hitam yang saat ini sedang giliran melangkah tidak ingin bidaknya tersebut ditukar dengan Gajah putih. Jika langkah hitam berikutnya h3-h2 atau Rg3-g2, Gajah putih akan menyorot dari diagonal (b8-h2).

Apa yang harus dilakukan oleh hitam untuk meraih kemenangan?.

1. e6-e5 ! Sorotan Gajah putih langsung tumpul. .......         Gc5-d6

Putih jangan melakukan langkah h3-h2 atau Rg3-g2. Bidak hitam yang sebentar lagi promosi akan hilang dimakan Gajah. Kadang langkah yang sederhana tidak terlihat, karena fokus ke satu arah. Jika fokus Raja hitam tidak ke satu arah, tidak hanya melangkah ke depan saja, maka langkah hitam berikut ini seharusnya bisa terlihat.

2. Rg3-f4

Contoh berikutnya sedikit agak rumit:

Bidak hitam d2 selangkah lagi akan promosi. Bidak putih h7 pun selangkah lagi akan promosi, tapi terhadang oleh Gajah hitam. Bagaimana caranya bidak putih h7 bisa promosi jadi Menteri?.

1. Kg4-f6+       Gh8xKf6

Putih melakukan kesalahan besar (blunder) jika langkah berikutnya adalah Bf7xGf6+. Langkah putih yang benar dan akurat adalah:

2. Bf7-g7+ !!.

Langkah ini membatasi gerak Raja hitam, sekaligus membuat sorotan Gajah hitam jadi tumpul, tak bisa mencegah bidak putih h7 melaju ke h8.

Setelah Re8-f8, bidak putih h7 promosi jadi Menteri (skak mat).

*****

Trik Catur yang Sederhana (5)

Neinjelen Menz

/lohmenz

sumber gambar: www.chess.com.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?