Mohon tunggu...
Listhia H. Rahman
Listhia H. Rahman Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Ahli Gizi

Lecturer at Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik ❤ Master of Public Health (Nutrition), Faculty of Medicine Public Health and Nursing (FKKMK), Universitas Gadjah Mada ❤ Bachelor of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro ❤Kalau tidak membaca, bisa menulis apa ❤ listhiahr@gmail.com❤

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lewat Hobi, Cara Saya Berkontribusi untuk Indonesia

17 Agustus 2017   19:45 Diperbarui: 17 Agustus 2017   21:24 1265
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi (nowbali.co.id)

Sewaktu saya membaca pengumuman soal tema flashblogging #Kompasiana17an , kebetulan saya sedang berada di perjalanan bersama Bapak dan Mama. Selesai membacanya sendiri, saya malah jadi refleks bertanya pada mereka berdua yang duduk dibangku paling depan.

"Pak,Mah..Apa ya, yang sudah teh ita (panggilan saya yang lain) lakuin untuk Indonesia?"

Kemudian bapak berkata, "Ya apa saja yang sudah teteh lakuin, kayak yang teteh udah jalani sekarang, yang teteh suka apa? Kayak nulis dan nari. Itukan bisa dijadikan contohnya.."

"Iya, apa yang udah teteh lakuin sesuai hobi teteh aja.", kata Mama menambahkan.

Saya terdiam, sembari mikir. Oh iya, barangkali dari dua hobi tersebut saya sudah pernah berbuat untuk Indonesia tercinta.

Aha! Terima kasih inspirasinya, Bapak dan Mama sayang. Muah :*

Pertama, yang sudah dan masih terus saya lakukan sampai hari ini : Menulis untuk Mengedukasi

Sejak bergabung di kompasiana, saya jadi benar-benar tahu dan merasakan bagaimana rasa  kecanduan menulis. Padahal sebelumnya, ketika saya hanya mengurusi blog pribadi, saya tidak pernah merasakan  nyesek sedikitpun jikalau tidak menulis lama-lama.

Dari kompasiana pulalah, saya mulai berani belajar menulis lebih serius yang tidak hanya mengandalkan tulisan 'menye-menye' berdasarkan dari curhatan pribadi. Karena semenjak masuk menjadi bagian kompasiana, saya mulai berani menulis yang bersifat ilmiah, yang sesuai dengan bidang yang saat ini saya jalani, apalagi kalau bukan soal kesehatan.

Ya, selain jurusan yang saya geluti memang bidang kesehatan, alasan kuat lain mengapa saya menulis kesehatan sampai hari ini adalah karena paling tidak 'usaha kecil' saya ini bisa ikut mengamalkan apa cita-cita bangsa Indonesia seperti yang tertuang dalam Undang-undang dasar 45 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Berat yee katan-katanya. Singkatnya menulis untuk mengedukasi gitu.

Alasan saya untuk menulis kesehatan makin kuat lagi ketika saya sadar bahwa saat ini banyak sekali konten kesehatan yang tidak bertanggungjawab, maksudnya banyak sekali informasi kesehatan yang diragukan dan justru jadi pedoman mereka yang memang masih awam padahal belum tentu itu benar dan banyaknya malah menyimpang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun