Perbedaan Manager dan Leader

23 Februari 2012 06:58:31 Dibaca :
Perbedaan Manager dan Leader
perbedaan maanger dan leader

Menjadi pimpinan perusahaan bukan berarti sebagai seorang leader. Seorang leader atau pemimpin adalah yang menjadi inspirasi untuk bawahan. Manager dan leader membutuhkan pandangan dan ketrampilan yang berbeda. Leader harus membedakan dengan baik antara keduanya dan memutuskan gabungan ketrampilan manager dan leader. Mana yang Anda pilih untuk diri Anda menjadi Manager ataukah ingin menjadi Leader? Silahkan Anda pilih tergantung keahlian yang Anda miliki Berikut perbedaan dari seorang manajer dan pemimpin yaitu :

  • Tugas manager adalah seseorang yang diangkat menjadi manager mengunakan surat resmi dari perusahaan melalui atasan. Manager berhubungan dengan sistem dan struktur dan mereka fokus kepada peraturan dan disiplin sehingga menjadikan motivasi untuk bawahannya.
  • Tugas Leader adalah seseorang yang diangkat menjadi leader karena kesepakatan atas dukungan dari bawahan, karena seorang leader mampu menjadi inspirasi untuk bawahannya. Leader berhubungan dengan orang dan mereka fokus kepada mengatur resiko sehingga resikonya lebih kecil.

Profesor Harvard Business School dan penulis kepemimpinan, John Kotter, berpendapat bahwa di saat manajemen berkutat dengan penyempurnaan sebuah proses yang telah ada, mengenyahkan kemajemukan dan risiko, kepemimpinan selalu berhubungan dengan  perubahan, yang tentu tidak bisa meninggalkan keterlibatan risiko di dalamnya. Orang-orang bisa ‘diatur’ sedemikian rupa untuk melakukan tugas-tugas rutin dan penting tetapi mereka akan membutuhkan inspirasi untuk memulai jalur baru yang berbeda dengan hasil yang tidak pasti. Berikut penjelasan antara peredaan manager dan leader. Nah bagi Anda yang ingin mengikuti pembelajaran selanjutnya tentang ciri menjadi kepemimpinan yang baik silahkan Anda bisa klik pelatihan leadership

Lio Ganteng

/lioganteng

Belajar Sukses bersama orang-orang dahsyat.!!!!
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?