Tips Memilih Website Builder untuk Toko Online Anda

17 Mei 2017 08:45:12 Diperbarui: 17 Mei 2017 09:12:14 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

Jika anda memiliki bisnis online "kecil-kecilan" anda sendiri, biasanya anda tidak memiliki dana ekstra untuk menyewa jasa pembuatan website professional yang mungkin bisa menghabiskan dana hingga puluhan juta. Untungnya, saat ini sudah banyak website builder atau "pembuat website" yang bisa anda gunakan di internet.

Apa itu website builder? Website builder adalah "aplikasi" atau "jasa" pembuatan website berbasis internet yang membantu anda untuk membuat website atau toko online sendiri dalam waktu yang singkat, murah, dan mudah. Dengan website builder seperti Limecommerce, toko online professional anda sudah dapat digunakan hanya dalam hitungan menit saja!

Lalu, dengan banyaknya pilihan website builder yang tersedia di luar sana, bagaimana anda bisa memilih yang terbaik untuk bisnis online anda?

Ada beberapa faktor yang bisa anda pertimbangkan ketika memilih website builder untuk toko online anda:

1. Harga

Hasil yang terlihat professional adalah tujuan utama anda ketika mencari website builder, jadi seharusnya harga tidak boleh dijadikan patokan utama. Tetapi memang sebagian besar pengusaha online memilih untuk menggunakan website builder sebagai jasa pembuatan website mereka karena mereka mempunyai dana yang terbatas (website builder memang jauh lebih murah dari jasa pembuatan website dengan kualitas yang kurang lebih sama).

Kebanyakan website builder juga biasanya menawarkan free trial atau masa percobaan gratis, sehingga anda bisa mengetes website dan fitur-fitur mereka tanpa perlu membayar terlebih dahulu.

Ketika berbicara mengenai masalah harga, ada beberapa faktor penting yang harus anda pertimbangkan:

  • Apakah mereka menawarkan masa trial / percobaan? Apakah anda harus memasukkan data kartu kredit anda terlebih dahulu sebelum bisa mencoba masa trial tersebut?
  • Apakah gratis atau tidak? Apa ada "biaya-biaya tersembunyi" yang harus anda bayar nantinya?
  • Apakah anda bisa menciptakan toko online dengan tampilan professional meskipun hanya dengan tema dan tool-tool gratis dari mereka?
  • Jika tidak gratis, apakah biaya yang diminta sepadan dengan fitur dan kualitas website / toko onlinenya? Apakah harganya cukup kompetitif dengan website builder lainnya?
  • Bagaimana dengan sistem pembayarannya? Apakah perbulan atau pertahun?

2. Kemudahan ketika digunakan

Apakah website / toko online dari website builder tersebut user-friendly? Website builder dibuat sebagai solusi untuk orang-orang yang ingin memiliki website sendiri tetapi mereka tidak mempunyai cukup dana untuk menyewa jasa professional dan juga tidak memiliki keahlian programming untuk membuat website sendiri. Dengan kata lain, website builder yang baik haruslah mudah digunakan, bahkan bagi orang-orang yang tidak memiliki kemampuan programming sama sekali.

Dengan menggunakan website builder, seharusnya anda tidak perlu lagi belajar HTML atau sejenisnya (walaupun sebenarnya pengetahuan programming cukup membantu, supaya anda tidak gampang "dikadalin" oleh oknum-oknum nakal di luar sana).

Website builder modern biasanya memiliki fitur WYSIWYG (What You See Is What You Get) didalamnya. Dengan fitur ini, anda bisa menginput teks, gambar, video atau lainnya tanpa perlu menuliskan kode HTML terlebih dahulu. Jangan pernah menggunakan website builder yang tidak memiliki fitur dasar ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk poin ini :

  • Apakah sistemnya bisa digunakan juga oleh pengguna pemula?
  • Seberapa "mudah" sistemnya untuk digunakan?
  • Apakah anda bisa selalu mengontrol website anda sendiri setiap waktu?
  • Bagaimana dengan support yang ditawarkan?

3. Teknologi yang digunakan dan widget

Apa itu widget? Widget adalah aplikasi yang dipasangkan didalam website atau blog dengan kode-kode tertentu. Widget bisa berupa banyak hal, seperti gambar, video, flash, dan masih banyak lagi.

Jika anda pernah berkunjung ke suatu website atau blog (atau mungkin anda memiliki blog sendiri), anda biasanya bisa -menemukan widget-widget disamping kiri atau kanan blog, seperti kalender, jam, penampilan jumlah visitor (pengunjung), dan lain sebagainya. Nah, itulah yang kita sebut dengan widget.

Contoh widget-widget yang bisa anda gunakan didalam toko online anda adalah :

  • HTML widget
  • Teks dan image
  • Slideshow / banner slide
  • Google Maps
  • dan masih banyak lagi!

4. Desain / tema dan tingkat kustomisasi

Website atau toko online yang baik bukan hanya harus memiliki fitur yang lengkap, tetapi juga tampilan yang menarik, terutama di mata pengunjung dan pembeli toko online anda.

Website builder jaman sekarang sudah mampu menyediakan berbagai macam tema dan desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan si empunya toko.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyangkut masalah tema dan desain :

  • Apa anda hanya bisa memilih dari desain atau tema yang tersedia atau anda bisa membangun desainnya dari nol?
  • Berapa banyak varian template dan warna yang tersedia?
  • Seberapa mudah kustomisasinya?
  • Apakah desain atau tema yang ditawarkan ada yang sesuai dengan kebutuhan anda?

5. Integrasi dengan sosial media

Saat ini sosial media menjadi bagian yang tidak terpisahkan didalam kegiatan online marketing. Sebagai bentuk revolusi terbesar dari media lama seperti televisi, sosial media mampu menawarkan kesempatan yang tidak terbatas dan sumber daya yang diperlukan suatu brand untuk bisa berinteraksi secara langsung dengan para pembeli.

Karena itu, ketika anda memutuskan untuk membuat website atau toko online dengan website builder, anda harus memastikan terlebih dahulu apakah website tersebut sudah terintegrasi dengan sosial media atau belum. Beberapa point yang perlu diperhatikan :

  • Apakah anda bisa mempromosikan toko online anda secara efektif ke semua situs sosial media yang sering digunakan oleh orang-orang?
  • Apakah anda bisa menerbitkan artikel dan membaginya langsung ke sosial media dari website anda?
  • Apakah anda bisa menambahkan tombol "like" didalam website anda?
  • Apakah anda bisa mengintegrasikan Twitter, Facebook, Instagram dan sosial media lain di halaman website anda?

6. SEO friendly

Toko online anda harus bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencarian seperti Google atau Yahoo. Jika tidak, maka anda akan kehilangan banyak sekali calon pembeli, karena mereka tidak tahu bagaimana cara menemukan toko online anda.

Terlebih lagi, SEO terus berkembang dari tahun ke tahun. Saat ini mesin pencari menjadi semakin "pemilih" ketika menyeleksi konten dan terus-menerus mengganti aturan SEO mereka.

Point-point yang perlu dipertimbangkan :

  • Jika anda berlangganan di website builder tersebut, apakah anda akan mendapatkan support untuk SEO?
  • Apakah builder tersebut memberikan anda kebebasan untuk mengoptimisasikan website atau toko online anda nantinya?
  • Berapa lama anda harus menunggu sampai website atau toko online anda ditemukan di hasil pencarian Google?
  • Apakah anda bisa dengan mudah mengedit title, meta tag, dan sebagainya?


Keputusan akhir tetap berada di tangan anda. Pilihlah website builder yang bisa anda pahami cara penggunaannya, memiliki semua fitur-fitur yang anda butuhkan, harga yang bisa anda jangkau, dan yang terbaik dari semua pilihan yang ada.

Menggunakan jasa pembuatan website dari website builder lebih terjangkau dari sisi harga dibandingkan jika anda harus menyewa jasa professional.

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana