Tumbuh Kembang Fisik Anak

18 Februari 2017   00:32 Diperbarui: 18 Februari 2017   02:15 11 0 0

Periode sebelum kelahiran, perkembangan dan pertumbuhan fisik mengikuti prinsip cephalocuadal dan proximodistal. Merujuk prinsip caphalocuadal, pertumbuhan bergerak dari atas ke bawah. Karena otak tumbuh dengan cepat sebelum lahir, maka besar kepala bayi yang baru lahir selalu tidak proposional. Kepala tersebut akan menjadi proposional seiring dengan pertumbuhan tinggi anak dan perkembangan dan perkembangan tubuh bagaian bawah. 

Merujuk prinsip proximodistal, pertumbuhan dan perkembangan motoris bergerak dari bagian tengah tubuh keluar. Dalam rahim kepala dan tubuh lebih dahulu berkembang sebelum tangan dan kaki, kemudian telapak tangan dan kaki, dan akhirnya jari-jari tangan dan kaki. Sepanjang masa bayi dan kanak-kanak awal, tangan dan kaki bagian atas, baru kemudian bagian yang lebih jauh, dilanjutkan dengan kemampuan untuk menggunakan telapak tangan dan kaki dan akhirnya jari-jari tangan dan kaki.

Pertumbuhan tercepat anak terjadi sepanjang tiga tahun pertama, terutama selama beberapa bulan pertama. Pada bulan ke lima, berat rata-rata bayi laki-laki telah terlipat dua: mencapai 16 pound, dan pada usia satu tahun, berat tersebut hampir berlipat tiga menjadi 23 pound. Pertumbuhan yang pesat tersebut kemudian mereda pada tahun kedua dan ketiga dari usianya; anak laki-laki biasanya naik sekitar 5 pond pada ulang tahun keduanya dan 3 ½ pon pada ulang tahun ketiganya

Tinggi anak laki-laki biasanya meningkat 10 inci pada tahun pertama, hampir 5 inci pada tahun kedua, dan lebih dari 3 inci pada tahun ketiga, menjadi sekitar 37 inci. Anak perempuan mengikuti pola yang sama namun sedikit lebih kecil. Pada usia tiga tahun, berat rata-rata anak perempuan mengikuti pola yang sama namun sedikit lebih kecil. Pada usia ini, berat rata-rata anak perempuan satu pound lebih ringan dan satu inci lebih rendah dibandingkan dengan anak laki-laki.Seiring dengan tumbuhnya si bayi, bentuk dan proporsi tubuh juga berubah. Anak berusia tiga tahun tampak lebih langsing dibandingkan dengan anak berusia satu tahu yang menggemaskan.

Pertumbuhan gigi di mulai di usia sekitar 3 atau 4 bulan, ketika bayi mulai memungut hampir semua hal yang tampak dan memasukkannya ke dalam mulut mereka. Tapi biasanya gigi pertama akan muncul pada rentang usia 5-9 bulan, atau bahkan lebih lama dari itu. Sehingga biasanya pada ulang pertama si bayi telah memiliki enam gigi. Pada usia tiga tahun, semua gigi utama telah tumbuh,dan anak dapat mengunyah apapun yang di inginkan.

Berbagai pengaruh terhadap pertumbuhan gen yang diwariskan oleh bayi memiliki pengaruh yang kuat berkenaan dengan apakah si anak akan menjadi tinggi atau pendek, langsing atau montok. Pengaruh genetik yang berinteraksi dengan lingkungan pengaruh seperti nutrisi dan kondisi tempat tinggal juga mepengaruhi kesehatan dan kesejahteraan umum. Makanan dan perhatian yang baik akan membuat anak menjadi lebih tinggi dan lebih berat dibandingkan dengan anak yang mendapat makan dan perhatian yang kurang baik. Mereka juga matang secara seksual dan mendapatkan tinggi maksumum di kemudian hari, dan gigi seri mereka juga terlepas lebih awal.