HEADLINE PILIHAN

Pelanggaran Lalin Vietnam Jangan Ditiru Indonesia

30 Agustus 2012 20:01:19 Diperbarui: 25 Juni 2015 01:07:20 Dibaca : Komentar : Nilai :
Pelanggaran Lalin Vietnam Jangan Ditiru Indonesia

lucu ya gaya orang Vietnam bonceng istrinya. Sumber Gb. VnExpress.com

Setahun saya tinggal di Ho Chi Minh dan setiap kali melihat kendaraan yang melintas ada saja pelanggaran lalu lintas yang saya temui. Kemarin ketika saya berada di Karawang-Cikampek hal serupa saya temui disana walau tidak separah di Vietnam. Arus lalulintas yang padat dipenuhi oleh kendaraan roda dua, entah karena masih arus mudik atau karena memang seperti itu keadaannya. Melihat seorang ayah naik motor sementara dibelakangnya ada tumpukan barang yang cukup tinggi tapi diduduki oleh seorang perempuan yang sedang mengendong anak kecil persis seperti yang saya lihat di Vietnam.

13463526772054451514
foto diambil di daerah Karawang, setiap melintas ada aja orang yang naik motor gak pakai helm seperti pada foto ini. By. Syasya

Sementara itu banyak banget orang yang gak pakai helm dan saya juga melihat mereka ada yang mengendarai motor sambil SMSan atau telpon-telpoan. Belum lagi kecepatan mereka mengendarai motor seperti orang yang kesetanan aja, mau nyebrang atau nyalip gak perduli dengan kendaraan yang lainnya. Hiks prihatin banget melihat kondisi seperti ini, dan yang buat saya tambah heran lampu merah, hijau atau kuning gak berlaku  dipasar Cikampek serta Karawang khusnya di dekat pasar Kosambi.

Sudah bisa ditebang kan semua kendaraan yang melintasi daerah tersebut gak ada yang mau kalah, akibatnya bunyi klakson dimana-mana. Belum lagi angkot yang sembarangan memarkir mobilnya karena mangkal tunggu penumpang menambah kemacetan didaerah itu. Dan anehnya tak ada satu orangpun polisi di daerah tersebut, entah karena gak tau atau karena sudah tutup mata atau tutup kuping untuk mengatur kesemrawutan lalu lintas disitu. Menurut kakak saya yang tinggal di Karawang padahal daerah itu banyak sekali memakan korban jiwa dan gak kapok-kapok masih ada saja pengendara motor yang gak pakai helm.

Ketika berada di sana saya sempat naik angkot hiks buat tegang saya, sudah duduknya didepan dekat supir, mobil melaju seperti gak ada remnya dan ketika ada penumpang naik tiba-tiba mobil berhenti seketika. Sport jantung saya naik angkot disitu lebih-lebih naik ojek ketika saya minta helmnya tukang ojeknya bilang gak usah pakai helm huwaaaaaaaa karuan selama naik ojek yang ngebut itu saya komat kamit semoga sampai rumah dengan selamat.

Hanya bisa berharap dan berdoa semoga pelanggaran lalulintas seperti ini gak berlaku di daerah lain dan semoga Cikampek serta Karawang mampu mengatasi kondisi ini. Jangan sampai karena kurang pedulinya kita akan keselamatan diri membuat kita rugi sendiri. Lihatlah Vietnam jangan sampai kita lebih buruk keadaannya dari negara ini, Yuk dari sekarang dimulai dari diri kita mengutamakan keselamatan daripada kecepatan atau daripada enaknya sendiri saja. Contohnya biasanya anak sekolah malas banget pakai helm karena berangkat sekolah pakai angkot otomatis gak bawa helm. Nah pas pulang nebeng temen yang bawa motor akibatnya naik motor gak pakai helm sama saja itu gak perduli dengan keselamatan diri. Seperti saya juga terpaksa naik ojek  walau gak ada helmnya walau dijalan kampung tetap aja gak pakai helm bahaya heheheheh inilah kali pertama saya naik motor gak pakai helm semoga kedepannya enggak lagi.

Pelanggaran lalulintas di Vietnam yang sudah sangat parah itu, namun pemerintah Vietnam sendiri sudah mulai membenahi diri agar masyarakatnya perduli dengan peraturan mengendari kendaraan di jalan. Tingkat pelanggaran lalulintas yang tinggi di Vietnam karena tidak memikirkan keselamatan adalah salah satu penyebab banyaknya korban jiwa karena kecelakaan. Seperti halnya tahun ini di Indonesia yang saya baca dibeberapa media ternyata korban jiwa karena kecelakaan pada arus mudik kali ini sudah cukup tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Semoga ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua agar lebih mementingkan keselamatan daripada hanya kecepatan sampai tujuan. Jalanan itu milik bersama artinya kita harus sama-sama juga menjaga keselamatan dan lebih perduli untuk kebaikan kita bersama.

13463533511368270413
lihatlah 1 orang pengendara dan 5 orang dewasa yang dibonceng di Vietnam. sumber gbr VnExpress.com
1346353578807384105
pakai kaki untuk mengendari motor sementara tangan buat smsan seorang pemuda di Vietnam, sumber Gb. VnExpress.com
1346353712572523502
bahayakan ini? di Karawang saya juga lihat yang beginian. sumber Gb. VnExpress.com
1346354095704136097
Gimana kalau jatuh ya, pasti membahayakan kendaraan dibelakangnya. pernah lihat juga pemandangan seperti ini di Karawang, sumber Gb. VnExpress.com

Salam Sya, 2012.08.31

Syasya Mama

/lakeisha

TERVERIFIKASI

Perempuan yang menyukai kesederhana, Orang yang berjiwa besar memiliki dua hati, satu hati menangis dan yang satu lagi bersabar.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Featured Article