HIGHLIGHT

"Chow Mein" Mie Gorengnya China

21 September 2012 16:04:42 Dibaca :
"Chow Mein" Mie Gorengnya China
Chow mein mie gorengnya China, by Syasya

Siapa sih yang belum pernah makan mie goreng, mungkin kebanyakan orang pernah makan mie goreng tapi bagaimana dengan Chow mein mie gorengnya orang China. Minggu kemarin saat berjalan-jalan disebuah pasar tradisional di Qingdao saat perut terasa lapar kami menemukan pedagang mie goreng yang berjejer dipingir-pinggir jalan. Dari salah satu pedagang tersebut  kami memesan 2 buah Chow mein lumayan dengan porsi yang menurut kami jumbo bisa menganjal perut untuk kami berempat.

Melihat dan memperhatikan pedagang Chow mien yang sedang membuatkan  mie goreng dengan sangat cekatan sekali. Wus wus tau-tau Chow mien sudah ada didepan mata, para pedangan disini biasanya piring atau mangkuk selalu dilapisi dengan plastik agar saat si pembeli selesai makan langsung bisa dibuang plastik dan sisa makananya tanpa harus mencuci piring atau mangkuk tersebut. benar-benar praktis ya cara berdagang mereka. Sementara untuk sumpit yang disediakan hanya sekali pakai saja heheheheh. Orang China gak mau repot kalau bisa dikerjakan sendiri tanpa harus mempekerjakan orang untuk membantunya berdagang kenapa enggak? Wissss bener-bener pinter ya segala sesuatunya banyak dipikir untung atau ruginya pantesan aja harga seporsi mie goreng disini bisa sama seperti di Indonesia.

13482172992020335731
Pedagang Chow mein sedang masak mie goreng, by Syasya

Lihatlah segala sesuatunya ditempatkan pada plastik-plastik besar yang sudah dipersiapkan tentunya sayuran sudah dipotong dan dibesihkan jadi jika ada yang pesan tinggal amil dan masak saja.  Kursi dan meja juga kecil dan pendek jadi makanya nyaman hehehehhe.

Kalau mau minum bagi pembeli silahkan beli minuman air mineral ditempat lain heheheh soalnya pedagang makanan jarang ada yang mau menyediakan minuman air putih bagi pembeli kecuali kalau kita beli makananya di restoran ya wekekekekek nah kalau itu beda cerita.

Ternyata oh ternyata harga mie goreng di China gak jauh beda dengan harga mie goreng kita di Indonesia cuma 5 yuan atau setara dengan 7500 rp perporsi heheeehhe murah kan? bedanya mie goreng di sini gak pakai bakso atau irisan ayam atau telur disini campuranya adalah sayuran berupa toge yang panjang, sawi putih dan sedikit sawi hijau. Kalau ditanya rasanya gak kalah juga dengan mie goreng Indonesia, pokoknya lumayan deh heheheheh.

13482173621950629776
Chow mein by, Syasya

Menelusiri sejarah mie ternyata di tahun 2005 di China ditemukan mie tertua di dunia yang berumur 4000 tahun. Penemuan ini membuktikan bahwa China moderen  merupakan orang yang pertama kali membuat mie.

Banyak sekali macam mie disini dari mie gepeng, bulat, tipis ataupun pipih semuanya ada disini mau mie goreng berbagai macam rasa ataupun mie kuah bisa dengan mudah diperoleh. Sayang karena saya hanya suka selera Indonesia jadi biar kata orang makanan di sini banyak macam dan enak tetep aja lidah kerasanya beda. Cuma Chow mien rasanya mendekati rasa mie goreng di Indonesia jadi kalau datang ke China pingin makan mie goreng Indonesia terus gak nemu coba aja Chow mien ini.

Salam Sya, Shandong (RRC) 2012.09.21

Syasya Syasya

/lakeisha

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Seorang Istri dan ibu dengan 2 putri. Mencoba menuliskan pengalaman hidup tentang indahnya Indonesia, serta uniknya kultur budaya dari Korea, China, Vietnam. Tak ada yang lebih bahagia selain mendampingi suami tercinta nguli diberbagai negara, Kompasiana adalah tempat menyalurkan hobi menulis serta tempat mengobati kangen akan negri sendiri. Semoga apa yang pernah saya tulis ada manfaatnya untuk para pembaca semua. Salam hangat Sya, terimakasih sudah mampir di akun ini.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?