Tulisan yang Banyak Dicari dan Cara Menjaga Eksistensi Ngeblog

10 Januari 2012 14:59:56 Dibaca :
Tulisan yang Banyak Dicari dan Cara Menjaga Eksistensi Ngeblog
Menikmati ngeblog sebagai sebuah hoby (Photo: workhardloveharder)

Akan ada 2 bahasan yang akan ditulis di posting ini, yaitu tentang tulisan apa saja yang banyak dicari dan tips menjaga eksistensi ngeblog. Jika ingin dihubungkan, keduanya secara langsung atau tidak langsung berhubungan. Ngeblog adalah kegiatan menghasilkan tulisan. Yang pertama adalah tulisan yang banyak dicari, yang dimaksud di sini adalah jenis tulisan yang banyak dicari oleh orang di internet khususnya melalui search engine (mesin pencari). Tulisan yang Banyak Dicari

  • Tulisan Berjenis How To (Tutorial). Yaitu jenis tulisan yang berisi tentang bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu. Jenis tulisan ini adalah salah satu tulisan yang banyak dicari, biasanya berisi tahap demi tahap cara melakukan atau membuat sesuatu. Contohnya adalah: Cara membuat blog terlihat profesional, Cara membuat Tempe, Cara Menjaga Eksistensi Ngeblog, dan lain-lain.
  • Tulisan Berjenis Definition (Pengertian). Yaitu jenis yang berupa pembahasan makna, arti, atau pengertian. Jenis tulisan ini memberikan pengetahuan tentang arti sebuah kata dan maknanya dengan pembahasan yang lebih mendalam. Contohnya banyak kita jumpai di wikipedia.org. Banyak orang mencari kata untuk mengetahui arti atau definisi dari kata tersebut.

Itulah 2 jenis tulisan yang banyak dicari, dan cenderung bisa bertahan lama. Dibanding dengan jenis tulisan yang lagi hits atau trend akan dicari pada waktu tertentu saja. Cara Menjaga Eksistensi Ngeblog Membuat blog itu mudah tapi menjaga eksistensinya itu yang sulit. Tidak butuh waktu lebih lama untuk membuat blog tapi untuk menjaga eksistensinya sampai sekarang itulah yang sulit. Ada banyak alasan orang tidak lagi mengupdate atau memperbarui tulisan di blognya. Produktivitasnya tidak terjaga. Tidak ada ide dan kesibukan adalah alasan utama. Lalu bagaimana cara menjaga eksistensi ngeblog, berikut beberapa tipsnya.

  • Membuat postingan terjadwal. Karena eksistensinya itu lebih ditekankan pada rutinitas atau bahasa agamanya adalah istikomah maka tidak perlu banyak tetapi rutin. Jika hari ini ada 2 ide tulisan, jangan mempostinganya keduanya hari ini juga. Bisa jadi besok dan besoknya lagi sedang tidak ada ide atau sibuk sehingga tidak bisa ngeblog. Maka lebih baik membuat posting terjadwal untuk waktu ke depan.
  • Variasi dalam menyajikan konten. Salah satu tidak bisa eksis itu karena bosan. Sama seperti ngeblog, kalau menulis teks saja juga bosan. Ngeblog bisa dilakukan lebih variatif, tidak hanya teks tetapi juga bisa upload photo atau embed video. Kadang photo atau video bisa lebih berbicara daripada hanya sekedar teks. Lebih variatif bisa membuat ngeblog tidak membosankan begitu juga yang membaca.
  • Menikmati ngeblog dan jangan takut menulis. Blog itu bukan seperti mengerjakan tugas yang diberikan guru dan akan dinilai salah atu benar. Ini adalah halaman milik kita sendiri. Jadi nikmati saja ngeblog, yang ingin ditulis, tulislah. Tidak perlu terbayang-bayang dengan penulis hebat yang tulisannya selalu jadi Headline (HL) atau terekomendasi. Kita bisa dengan cara kita sendiri.

Demikian tadi, tulisan yang banyak dicari dan cara menjaga eksistensi dalam ngeblog. Semoga bermanfaat, jika ada komentar silahkan tulis di kotak komentar. Tulisan Sebelumnya: Bagaimana Cara Memperbaiki Mouse yang Rusak? Download Aplikasi Kompasiana di Nokia-mu Kibarkan Merah Putih, Ayo Indonesia Bisa Ketika Perut Menjadi Buncit Tidak Ada Perekrutan CPNS untuk Sementara

Kurnia Septa

/kurniasepta

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Tak ingin melewatkan kompasiana begitu saja, walau hanya sebulan sekali mengisinya. Karena memang blognya di http://kurniasepta.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?