Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media highlight headline

Ternyata Seperti Ini Wujud Tubuh Asli Ratu Cleopatra

11 Januari 2017   19:01 Diperbarui: 13 Januari 2017   10:46 2084 4 2
Ternyata Seperti Ini Wujud Tubuh Asli Ratu Cleopatra
Ilustrasi. Sumber: Stratablue.com

Arus artikel yang semakin deras setiap harinya membuat perputaran headline semakin cepat. Karena perputaran inilah mungkin Anda melewatkan beberapa judul headline yang sebenarnya layak untuk Anda baca. Oleh karena itu kami merekomendasikan 5 headline pilihan untuk hari ini.

1. "Hidden Canyon" Beji Guwang, Cantik tapi Menantang

Dokumentasi Kompasianer Tri Lokon
Dokumentasi Kompasianer Tri Lokon

Ada sebuah tempat indah untuk wisata yang belum terjamah orang-orang. Namanya Hidden Canyon Beji Guwang yang terletak di sekitar Bali. Untuk mencapai lokasi ini butuh perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam.

Tidak begitu jauh, hanya sekitar 24 km dari Kuta dan jika lalu lintas lancar, perjalanan bisa lebih cepat. Reportase tentang tempat wisata ini disajikan dengan apik oleh penulis. Menurutnya, tempat ini digunakan warga sekitar untuk memancing ikan juga airnya digunakan untuk kebutuhan minum.

Tebing di lokasi ini memang cukup curam, namun pemandangan indah yang disajikan akan sangat mengobati lelah yang kita rasakan selama perjalanan. Reportase selengkapnya bisa Anda baca melalui tautan berikut ini.

Selengkapnya

2. KPUD, Kami Sulit Mencari Penyelenggara Pemungutan Suara Pilkada DKI 2017

Surat suara. Tribunnews.com
Surat suara. Tribunnews.com

Persyaratan menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pilkada DKI 2017 memang beda jika dibandingkan dengan persyaratan-persyaratan anggota KPPS pada tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya, di tempat saya Pak RT cukup datang ke warga minta foto copy KTP untuk didaftarkan menjadi anggota KPPS. Untuk tahun ini Pak RT di wilayah kami mengalami kebingungan dan kesulitan untuk mendapatkan orang yang mau dengan suka rela dicalonkan menjadi anggota KPPS.

Beberapa hari yang lalu, penulis menemukan kasus tersebut di daerah tempat ia tinggal tepatnya Kapuk Jakarta Barat. Usut punya usut ternyata mereka-mereka yang tidak mau dicalonkan menjadi anggota KPPS karena terkendala dengan soal persyaratan.

Untuk itu, seharusnya KPUD DKI juga jangan menutup mata tentang masalah sulitnya mencari anggota KPPS di lapangan. Tulisan selengkapnya soal komplain dan masalah ini bisa Anda baca melalui tautan berikut ini.

Selengkapnya

3. Diet Ketogenik, Benarkah Bisa Melemahkan Sel Kanker?

Menu diet ketogenik. AlloDokter
Menu diet ketogenik. AlloDokter

Asal muasal konsep diet ketogenik berasal kata keton. Keton sendiri sangat berkaitan dengan sistem metabolisme tubuh dan kadar glukosa dalam darah. Diet ketogenik akan menuntut pelakunya mengkonsumsi sayuran dalam jumlah besar, protein dalam skala rendah dan lemak sehat dalam kadar relatif tinggi. Kadang bisa pula dipadukan dengan buah selama buah yang dipilih tidak terlalu manis.

Kunci utama dari adanya analisa bahwa diet ketogenik akan bekerja terhadap sel kanker adalah adanya fakta kalau glukosa atau gula dan protein adalah makanan untuk sel kanker. Sel kanker paling membutuhkan glukosa untuk menjadi bahan bakarnya melakukan agresivitas dan penyebarannya.

Dan dari asumsi ini kemudian sejumlah riset dikembangkan. Sebagian besar mengakui adanya pengaruh cukup relevan dari perilaku diet ketogenik dengan pelemahan sel kanker. Sejumlah riset mengakui terapi sederhana dengan diet ketogenik akan memberi efek mengobati kanker usus, kanker paru-paru, kanker hati juga kanker rahim.

Selengkapnya

4. Tintin Masih Bertahan Meski Berumur 88 Tahun

Tintin, Artligator
Tintin, Artligator

Jumlah total kisah petualangan Tintin memang tidak ada angka pastinya, tapi penulis memperkirakan kisah petualangan Tintin memang kalah jumlahnya dari komik lain seperti Donald Duck, Batman, dll.

Salah satu penyebabnya adalah karena setelah Herge meninggal dunia pada 1983, pada pewarisnya melarang ada komik-komik baru kisah Petualangan Tintin. Berbeda dengan Mickey Mouse, Donald Duck, dan kawan-kawan. Meski pun Walt Disney telah lama meninggal dunia, namun komiknya terus dibuat oleh generasi penerusnya. Demikian pula kisah-kisah superhero seperti Superman dan Batman, yang terus diciptakan kisah-kisah barunya.

Ini salah satu penyebab kisah Petualangan Tintin sulit berkembang. Hanya bertahan di 23 serial ditambah satu serial yang belum jadi. Itulah sebabnya ketika penulisberbincang dengan teman, dia mengatakan bahwa “Tintin nggak bakal bertahan lama. Sebentar lagi juga habis”.

Selengkapnya 

5. Mumi Tubuh Asli Ratu Cleopatra Tersimpan di London

Ilustrasi. Tellwut.com
Ilustrasi. Tellwut.com

Tubuh asli Ratu Cleopatra ternyata disimpan di Museum British, London. Tubuh ini telah diawetkan sejak ia meninggal namun jika dipindai dengan menggunakan sinar X, akan terlihat secara jelas organ-organ dalam yang masih memiliki bentuk utuh.

Laporan wisata ini ditulis oleh salah seorang Kompasianer yang berkesempatan mengunjungi objek tersebut. Menurutnya Museum British adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di London.

Mumi tubuh asli Cleopatra ini sangat menarik perhatian. Bahkan total ada 140 koleksi mumi yang ada di museum ini. Museum British sendiri merupakan museum kedua terbesar dan terlengkap untuk koleksi seni mesir kuno. Laporan selengkapnya bisa Anda baca melalui tautan berikut ini.

Selengkapnya

(YUD)