Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Blog Competition Artikel Utama

[Sayembara Menulis Cerpen] Valentine di Fiksiana

11 Februari 2017   09:35 Diperbarui: 28 Februari 2017   22:03 814
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Valentine di Fiksiana (Kompasiana)

Yang masih membuat Valentine's Day itu berkesan, barangkali, adalah dengan penuh kesadaran bahwa kita, sesama manusia, merayakan (hari) kasih sayang di tengah permusuhan yang kini lebih mudah dibuat. Perbedaan yang dilandasi kebencian. Dan, satu hari mungkin kita anggap kurang untuk menunjukkan seberapa besar kasih sayang yang ingin kita tunjukkan. Namun, bukankah itu jauh lebih baik: dalam satu hari kita bisa melihat dua orang saling mengasihi daripada berkelahi?

Ada satu kesempatan di mana Adimas Immanuel, seorang penyair dan cerpenis muda Indonesia yang belakangan karyanya banyak kita temui, mengaku bahwa move on itu tidak signifikan dengan diri masing-masing.

“Hati itu punya cara kerjanya sendiri,” ujar Adimas Immanuel. “Dalam artian, kalau kamu pernah melewatkan satu-dua hari, seminggu-dua minggu, setahun dengan seseorang, rasanya tidak tega menyematkan kata move-on ke orang itu.”

Karena memang, bila satu waktu dan kesempatan kita menyebut “nama itu” (baca: mantan) akan kembali mengingat semua yang pernah dialami. Hati itu, lanjut Adimas Immanuel, tempat yang sangat fleksibel; dia bisa menyimpan banyak hal. Semua itu ada dan tersimpan, walau dengan porsi yang berbeda.

Untuk itulah kami mengajak kompasianer dalam perayaan dan/atau dalam merayakan (hari) kasih sayang di Fiksiana. Tunjukkan cerita atau pengalaman tentang mantan yang pernah (atau barangkali masih hidup) dalam ingatan dan kenangan. Sebab masa lalu adalah teman untuk sepimu. 

Silakan simak syarat dan ketentuan beserta mekanismenya sebagai berikut:

SYARAT & KETENTUAN

  • Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di sini.
  • Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.
  • Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.
  • Share cerpen di Twitter dengan mention @Fiksiana dan mencantumkan tagar #ValentineDiFiksiana.

MEKANISME

  • Tema Lomba: Bersua dengan Mantan
  • Karya berupa Cerpen.
  • Periode Lomba: 11-25 Februari 2017
  • Tulisan tidak lebih dari 1.500 kata
  • Dalam setiap tulisan yang dilombakan, peserta wajib mencantumkan label: Valentine di Fiksiana.
  • Penjurian melibatkan komunitas Fiksiana Community dan Rumpies the Club. Pemenang ditentukan Kompasiana.
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Pemenang akan diumumkan setelah 14 hari kerja periode lomba usai.

HADIAH

Uang senilai @Rp 500.000,00 + merchandise Kompasiana untuk 10 orang pemenang

Rayakan Hari Kasih Sayang tahun ini dengan menulis kisah cinta di Kompasiana. Jadi sudah siap berdamai dengan diri sendiri dan mengingat kembali kenangan bersama mantan? Atau, jika memang belum pernah punya pasangan, silakan saja berkhayal. :*

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Blog Competition Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun