Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana Artikel Utama

Rubrik Fiksiana, Kembali Diluncurkan!

17 Desember 2015   14:05 Diperbarui: 17 Desember 2015   21:55 908
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Laman Utama Fiksiana"][/caption]Apa yang paling diingat dari Kompasiana versi lama dengan Kompasiana Baru 2015 yang lebih segar dan bertenaga, seperti sekarang ini? Tentu salah satunya adalah menghilangnya rubrik Fiksiana yang dulu sempat memiliki tempat sendiri.

Pada Kompasiana Baru 2015 memang cukup sering kita jumpai kebingungan: mana artikel fiksi atau non-fiksi selain melihat “label” di bagian bawah artikel tersebut. Lewat pembenahan dan perbaikan rutin dari pihak IT Kompasiana, pada akhirnya rubrik Fiksiana telah kembali seperti sedia kala. Hanya ada sedikit perbedaan di antaranya:

Tidak adanya sub-rubrik Cermin (Cerita Mini)

[caption caption="Kategori di Kanal Fiksiana yang sudah tanpa Cermin"]

[/caption]

Memang tak bisa dibilang sedikit Kompasianer yang menuliskan Cermin dalam sehari. Selalu ada, bahkan cukup sering menjadi headline. Seperti halnya (benda)cermin tempat melihat rupa bayangan kita kala bersolek, sub-rubrik Cermin kadang hadir untuk melihat diri kita dengan sebuah cerita yang dikemas secara fiktif dan diharapkan belajar dari sebuah cerita tersebut.Berbeda dengan rubrik "Humaniora" yang di dalamnya adalah pengalaman pribadi atau orang lain yang diceritakan.

Namun, atas pertimbangan bahwa adanya kemiripan dengan Cerpen (Cerita Pendek), maka keduanya; cerpen dan cermin, disatukan.

Nilai Tertinggi dan Terpopuler

Sebenarnya sama seperti yang ada di laman utama Kompasisana, tetapi karena ini ada di rubrik Fiksiana maka Nilai Tertinggi (yaitu, sebuah artikel mendapat vote paling banyak dalam kurun waktu 12 jam) dan Terpopuler (yaitu, sebuah artikel yang dihitung berdasarkan banyaknya pengunjung dalam kurun waktu 12 jam) berisi semua artikel yang hanya terkategori di rubrik "Fiksiana".

Artikel Terkategori Fiksiana

[caption caption="Menu "+INDEX" untuk melihat artikel yang secara spesifik terkategorikan di Sub-Rubrik"]

[/caption]Semua artikel yang sudah terkategorikan "Fiksiana" akan secara otomatis mengalir di bawah kolom headine. Baik artikel itu di highlight atau tidak oleh admin, dan secara otomatis artikel yang sudah dijadikan headline tidak akan muncul kembali di aliran artikel.

Dan, sedang dalam tahap perkembangan, nantinya headline yang ada di rubrik Fiksiana, akan memiliki aliran yang berbeda dengan halaman depan Kompasiana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun