William Giovanni
William Giovanni Freelancer

Blogger Keuangan dan Teknologi. Pemilik blog www.kokogiovanni.com.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Meraih Keberkahan dengan Produk Keuangan Syariah

18 Juni 2017   18:53 Diperbarui: 18 Juni 2017   18:58 12 0 0

Ekonomi syariah ternyata perkembangannya cukup pesat saat ini, bahkan perbincangan yang menjadi cukup hangat saat ini. Yang menjadi cukup hangat saat ini. Terlebih di momen bulan Ramadan yang suci ini, pembahasan ekonomi syariah menjadi momen yang tepat. Apakah bedanya produk yang ditawarkan oleh lembaga keuangan syariah? Apa alasan harus menggunakan produk keuangan syariah?

Lembaga keuangan syariah memiliki prinsip keadilan dan kemaslahatan, sehingga tak semata sisi komersial saja. Ada sisi sosial yang ada di lembaga keuangan syariah, berbeda dengan lembaga keuangan konvensional. Tak hanya semata itu saja, lembaga keuangan syariah dalam menjalankan usahanya diawasi oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) sehingga sesuai prinsip-prisip syariah. Hal yang tak kalah penting adalah lembaga keuangan syariah melakukan aktuvitas ekonomi yang terhindar dari riba.

Saya saat ini sudah menggunakan berbagai produk keuangan syariah, keperluan transaksi sehari-hari saya menggunakan bank syariah. Berbagi fasilitas yang disediakan bank syariah sama lengkapnya dengan bank konvensional. Mulai dari ATM yang banyak tersebar, aplikasi mobile banking, dan layanan internet banking yang disediakan dan bisa digunakan oleh nasabah. Syukurlah kini market share perbankan syariah mencapai 5,23% usai konversi bank BPD Aceh menjadi bank syariah, kabarnya bank BPD lainnya juga akan menyusul.

Ternyata produk keuangan syariah tidak hanya dari bank syariah, ada juga produk keuangan syariah dari lembaga keuangan non bank (IKNB Syariah). Salah produk yang biasa masyarakat kenali adalah asuransi syariah, ada asuransi jiwa dan umum syariah. Tak hanya asuransi, ada pegadaian syariah, leasing syariah, perusahaan dana ventura syariah, dana pensiun, LKM, LPEI, dan SMI yang menawarkan produk keuangan sesuai prinsip-prinsip syariah.

Mulai dari tabungan, asuransi, leasing, dana ventura, dana pensiunan, dan pembiayaan semua tersedia lengkap dari lembaga keuangan syariah. Tapi, ternyata tak hanya itu saja ternyata kita tidak hanya perlu memikirkan masa kini, ada masa depan yang perlu kita pikirkan juga. Sehingga kita perlu melakukan investasi, tenang saja ada pasar modal syariah.

Pasar Modal syariah menawarkan pilihan produk berupa saham syariah, obligasi syariah, dan reksa dana syariah. Karena biaya hidup kita yang terus bertambah seiring dengan perubahan status: mulai dari sebelum menikah, punya anak, anak sekolah dan hingga lulus dari perguruan tinggi. Menabung itu baik, tapi berinvestasi menumbuhkan uang kita. Saat ini sudah ada 351 perusahaan tercatat yang menjalankan usaha sesuai syariah, sudah ada juga 12 perusahaan yang memiliki fasilitas online trading syariah.

Jadi, kesimpulannya ekonomi syariah menawarkan semua produk yang memenuhi semua kebutuhan kita dari saat ini hingga masa depan. Mulai gaya hidup baru dengan produk lembaga keuangan syariah.