Mohon tunggu...
Ko In
Ko In Mohon Tunggu... Wiraswasta - Berikan senyum pada dunia

Mendengar dan bersama cari solusi.

Selanjutnya

Tutup

Money

Balada Kelola Uang dari Amplop, Lemari Kost Sampai Rekening Jika Tanpa LPS

2 September 2017   00:45 Diperbarui: 3 September 2017   14:56 1961
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tanggal muda, selintas mengingatkanku pada kebiasaan ibu. Memasukkan sejumlah uang ke dalam amplop-amplop yang terpisah. Salah satunya amplop Sumbangan Pembinaan Pendidikan atau SPP. 

Tidak lupa juga menyisipkan selembar uang ke dalam buku tabungan sekolahku yang berwarna coklat. Bentuknya seperti buku catatan kecil. Isinya hanya beberapa halaman,  sangat tipis dua sampai empat halaman. Kira-kira cukup untuk satu atau dua semester.  

www.pelangipsikologi.com
www.pelangipsikologi.com
Boleh diisi seminggu sekali atau tiga hari sekali. Tujuannya untuk menyisihkan uang saku supaya berhemat dan meringankan biaya atau iuran perayaan kenaikan kelas akhir tahun. Dengan kegiatan wisata atau pertunjukkan seni. Dalam praktiknya, ibu yang lebih sering mengisi tabungan tersebut. 

Menabung itu merencanakan

Menabung, sekolah mengajarkan pentingnya berhemat dan memiliki rencana. Seperti kegiatan wisata atau pentas seni. Menabung itu merencanakan suatu kegiatan yang membutuhkan dana atau uang dikemudian hari. Belajar dari kebiasaan ibu yang selalu mengisi tabungan saya waktu itu.

Kebiasaan unik menurutku saat itu, memisah gaji bulanan ayah ke dalam amplop-amplop. Warnanya sampai kuning dan kusam karena tidak pernah diganti. Setelah besar baru mengerti itu merupakan cara praktik mengelola uang. 

Kebiasaan itu saya tiru saat saya kuliah. Bedanya, saya tidak menggunakan amplop. Tapi cukup disimpan di lemari di kost. Uang kiriman dari orangtua, saya pisah-pisah. Uang sewa kost saya letakkan paling depan di bawah tumpukan baju di sebelah kiri. Biar mudah mengambil dan dibayarkan ke ibu kost. 

www.ask.com
www.ask.com
Sementara uang transpot dan fotocopy materi kuliah, saya letakkan di sebelah kanan di bawah baju. Uang makan saya letakkan di tengah antara uang sewa kost dan uang transpot.

Sisanya saya letakkan lebih dalam atau kebelakang di bawah tumpukan baju. Supaya setiap membuka lemari tidak tergoda untuk mengambilnya. Jumlahnya sih tidak seberapa, sedikit namun sangat berarti bagi anak kost. 

Setelah tiga bulan, uang sisa kiriman baru saya tabung ke bank. Malu jika tiap bulan ke bank hanya menabung sedikit dan tidak sepadan dengan waktu saat antri. 

www.humairoh.com
www.humairoh.com
Waktu kunjungan ke bank menjadi lebih sering jika mendapat kiriman honor tulisan yang dimuat di koran atau majalah. Atau mendapat honor usai jadi pemandu wisata freelance  .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun