Empat Kriteria Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan

17 Juli 2017   10:57 Diperbarui: 17 Juli 2017   11:01 9 0 1

Ketika sumberdaya atau kemampuan perusahaan memenuhi criteria-kriteria berikut, kemampuan tersedut dapat digolongkan sebagai kemampuan inti/kemampuan dasar (core competencies). Apabila sumberdaya atau kemampuan tersebut memenuhi kriteria maka ia juga turut berkontribusi pada keunggulan kompetitif perusahaan sehinggamemungkinkan perusahaan mencapai profitabilitas dan mampu bersaing diantara perusahaan lain dalam satu industri.

  • Bernilai (Valuable)
  •           Sumberdaya atau kemampuan perusahaan dikatakan bernilai apabila memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan peluang, atau menetralkan ancaman dari lingkungan eksternal, sehingga perusahaan dapat menciptakan nilai untuk pelanggan
  • Kelangkaan pasokan (Rare)
  • Ketika langka, sumberdaya menjadi lebih bernilai. Ketika perusahaan memiliki sumberdaya tertentu dan hanya sedikit perusahaan pesaing yang memilikinya, dan sumberdaya tersebut penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, maka sumber daya itu dapat menajdi sumber keunggulan kompetitif.
  • Mahal untuk diimitasikan (Costly to Imitate)
  • Sumberdaya atau kemampuan perusahaan dikatakan terlalu mahal untuk di'imitasi'kan ketika pesaing harus mengeluarkan biaya yang besar untuk mereplikasi kemampuan yang sama, atau perusahaan pesaing benar-benar tidak mampu mereplikasi kemampuan perusahaan sama sekali.
  • Tidak tersedianya substitusi (Nonsubstitutable)
  • Sumberdaya atau kemampuan perusahaan tidak dapat tergantikan apabila tidak ada sumberdaya lain yang mampu melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan sumberdaya tersebut.Contoh : Wendy's dan Mc Donalds, Aqua dan Club
  • Dari kombinasi criteria-kriteria yang telah disebutkan , dapat menghasilkan konsekuensi kompetitif yang dijabarkan dalam kolom berikut:
    • Is the capability valuable?
    • Is the capability rare?
    • Is the capability costly to imitate?
    • Is the capability nonsubstitutable?
    • Competitive consequences
    • Performance Implications
    • No
    • No
    • No
    • No
    • Competitive disadvantage
    • Below average returns
    • Yes
    • No
    • No
    • Yes/no
    • Competitive parity
    • Average returns
    • Yes
    • Yes
    • No
    • Yes/no
    • Temporary competitive advantage
    • Average returns to above average return
    • Yes
    • Yes
    • Yes
    • Yes/No
    • Sustainable competitive advantage