Mohon tunggu...
Dede Tatang
Dede Tatang Mohon Tunggu... Guru - Putra Kamal, Larangan Brebes

Tulisan Anak Desa Untuk Negeri Tercinta Me Visit us : www.duniaelektronik.net , www.inspirasi-dttg.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pentingnya Keberadaan Jurnalis di Desa

23 September 2017   15:39 Diperbarui: 23 September 2017   15:53 2079
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gb. Salah satu Desa di Brebes. Gb ini hanya pemanis belaka

Dewasa ini kebutuhan masyarakat akan  informasi semakin tiggi, pasalnya dengan hadirnya berbagai media informasi maka masyarakat akan semakin punya banyak bekal untuk menghadapi tantangan zaman. Media informasi selain menyediakan berbagai informasi berita juga tentu akan menghadirkan  ilmu dan berbagai pembelajaran berharga didalamnya.

Rasanya kita akan sangat tertinggal jauh  jika tidak mengikuti derasnya arus perkembangan tekhnologi dan informasi. Wilayah Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, terdiri berbagai pulau tentu bukan hanya merupakan wilayah perkotaan saja, bahkan penulis yakin wilayah pedesaan lebih dominan ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini.

Oleh karena itu saya berikan apresiasi tertinggi pada pemerintah , yang telah memprogramkan pemberian dana langsug kepada desa untuk dapat mengembangkan desanya secara mandiri, tepat, dan sesuai kebutuhan yang ada. Dengan berkembangnya semua desa maka , akan berkembang dan semakin majulah semua wilayah NKRI.

Kenapa Keberadaan  Jurnalis di Desa Itu Penting

Seperti kita tahu, jurnalis adalah suatu profesi yang sangat mulia, karena profesi ini ikut berperan besar dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Jurnalis, selain mampu menghasilkan berita dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, juga merupakan control baik untuk masyarakat bahkan untuk suatu pemerintahan. Penulis menganggap penting berada di desa bukan mengacu karena adanya dana desa yang begitu besar yang di alokasikan pemerintah pusat untuk setiap desa yang ada di Indonesia. Meskipun di lihat dari sudut pandang dana desapun , keberadaan jurnalis sangat penting namun ternyata ada yang jauh lebih penting dari pada itu diantaranya adalah sebagai berikut :

Jurnalis bisa menjadi control masyarakat dan pemerintah

Dipoint ini sangat panjang kalau di jelaskan, namun intinya jurnalis ikut berperan penting dalam  ikut mengontrol masyarakat dan pemerintah agar tidak berbuat seenaknya, hingga melanggar berbagai aturan hukum yang ada.

Saya ambil contoh demikian, di desa hampir sebagian besar menentukan keputusan hukum berada di tangan kepala desa. Coba bayangkan  jika kepala desa tidak hapal betul tentang hukum tentu ini akan sangat berakibat fatal terutama akan hilangnya keadilan.

Contoh Piktifnya seperti ini : Saya punya kakek,  kakek dan nenek memiliki sawah yang luas. Karena saya hidup di desa saya yakin pengetahuan hukum kakek, adik-adik kakek, dan semua anak kakek tidak memiliki pengetahuan hukum yang berarati terkait hukum tanah pusaka (tanah warisan), karena ternyata tanah itu kakek dapat dari tanah warisan.

 Saya buat kakek tidak sadar kemudian tanda tangan dimana dalam kertas tersebut saya katakana bahwa kakek sudah menyerahkan semua tanah yang dimilikinya untuk saya. Untuk memperkuat surat ini, saya minta tanda tangan salah satu perangkat desa .

Dengan menghalalkan berbagai cara perangkat tersebut mau menadatangi surat tersebut. Saya berikan kepada kepala desa surat tersebut, kalau kepala desa sama pikirannya dengan saya apalagi saya berikan dia tanda kutip , tentu ia akan mau bilang sah , tanah ini jadi milik saya pada semua ahli waris tanah pusaka tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun