Teori Antropologi "Migrasi Deutero Melayu", Ditemukan Panembahan Tohpati, Sejarawan Nusantara abad ke-17M

07 Maret 2011 14:44:03 Diperbarui: 20 Agustus 2015 21:37:25 Dibaca : 0 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :

Menurut Teori Antropologi, Bangsa Melayu berasal dari percampuran dua bangsa, yaitu Proto Melayu dan Deutero Melayu. Proto Melayu adalah ras Mongoloid, diperkirakan bermigrasi ke Nusantara sekitar 2500-1500 SM, kemungkinan mereka berasal dari daerah : Provinsi Yunnan di selatan Cina, New Guinea atau Kepulauan Taiwan.

Sementara Bangsa Deutero Melayu berasal dari dataran Asia Tengah dan Selatan, yang datang ke Nusantara pada sekitar tahun 300 SM. Diperkirakan kedatangan Deutero Melayu membawa pengaruh budaya India yang kuat dalam sejarah Nusantara dan Asia Tenggara.

Jangan salah menduga, Teori Migrasi Deutero Melayu, ternyata bukan berasal dari Sejarawan Barat (Belanda), seperti NJ. Krom, Eugene Dubois, JG. de Casparis dan sebagainya, melainkan berasal dari seorang sejarawan Nusantara, yang telah mengungkapkan teori serupa, 100 tahun lebih awal, yaitu melalui penuturan Silsilah.

Panembahan Tohpati atau Pangeran Wangsakerta, diperkirakan hidup pada pertengahan abad ke-17M, mengungkapkan Silsilah Aki Tirem (Sesepuh masyarakat Salakanagara, pada abad 1 Masehi), sebagai berikut...

"Aki Tirem putera Ki Srengga putera Nyai Sariti Warawiri puteri Sang Aki Bajulpakel putera Aki Dungkul putera Ki Pawang Sawer putera Datuk Pawang Marga putera Ki Bagang putera Datuk Waling putera Datuk Banda putera Nesan"

Menurut Naskah Wangsakerta, leluhur Aki Tirem bernama Aki Bajulpakel berdiam di Swarnabumi (Sumatera) bagian Selatan, kemudian Datuk Pawang Marga berdiam di Swarnabumi bagian Utara dan Datuk Banda berdiam di Langkasungka India.

Dari penyelusuran Genealogy di atas, nampak jelas bahwa jalur migrasi bangsa Deutero Melayu, adalah bermula dari tanah India, lalu memasuki Nusantara melalui Swarnabumi (Sumatera) dan kemudian menuju ke pulau Jawa.

Boleh percaya atau tidak, teori migrasi dari Pangeran Wangsakerta inilah, yang sampai hari ini masih dipercaya sebagai data sejarah paling valid oleh para Antropolog.

Lintas Berita

Dinasti Giri Kedaton dan Silsilah Presiden Indonesia : Sukarno, Suharto, BJ.Habibie, Gusdur, Megawati serta Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Artikel di Kompasiana

01. Misteri HURUF HIEROGLYPH, mengungkap Kisah NABI IDRIS, dalam Peradaban MESIR PURBA?

02. Misteri Silsilah Yesus (Nabi Isa)

03. REVISI Periode KENABIAN?

04. Wormhole dan Alam Barzakh

05. Patung Sphinx, Bukti Arkeologis Bencana Nuh 13.000 tahun yang silam

06. Ibu Mega adalah Kerabat Presiden SBY…Kok Sulit Koalisi?

07. MISTERI ARKEOLOGIS, ditengah PUING reruntuhan TEORI EVOLUSI

08. Silsilah Trah Sunan Giri: Gusdur, Sultan HBX, HOS Tjokroaminoto, KH. Ahmad Dahlan dan KH. Kasan Besari

Kunjungi !!!

Kumpulan artikel di KanzunQALAM’s Blog

kanzun QALAM

/kanzunqalam

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana