Mohon tunggu...
Kanopi FEBUI
Kanopi FEBUI Mohon Tunggu... Jurnalis - Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI

Kanopi FEBUI adalah organisasi yang mengkhususkan diri pada kajian, diskusi, serta penelitian, dan mengambil topik pada permasalahan ekonomi dan sosial di Indonesia secara makro. Selain itu, Kanopi FEBUI juga memiliki fungsi sebagai himpunan mahasiswa untuk mahasiswa program studi S1 Ilmu Ekonomi dimana seluruh mahasiswa ilmu ekonomi merupakan anggota Kanopi FEBUI.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Influencer, Kontestan Baru dalam Arena Baru

6 Januari 2020   19:35 Diperbarui: 10 Februari 2021   08:32 1131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (shutterstock via kompas.com)

Setiap orang memerlukan informasi untuk menunjang kegiatan mereka dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk peningkatan taraf hidup mereka.

Menurut Lasa HS (1998:15), informasi yang dibutuhkan setiap orang terdiri dari empat jenis, yaitu informasi rutin (everyday need), informasi mutakhir (current need),  informasi mendalam (exhaustive need), dan informasi sekilas (catching need). Keempat jenis informasi tersebut merupakan sebuah kebutuhan yang selayaknya dipenuhi.

Akibatnya, informasi menjadi sebuah komoditas yang bernilai tinggi dan memegang peranan penting dalam dunia ekonomi. Menurut (Feather John, 1998}. untuk mendapatkan informasi dengan kualitas yang tinggi, maka informasi tersebut harus memenuhi tiga pilar, yaitu akurasi, ketepatan waktu dan relevansi. Kebutuhan akan informasi ini menciptakan permintaan yang berdampak langsung dengan munculnya industri informasi.

Pertumbuhan teknologi di era ini, terutama dalam bidang informasi dan komunikasi, telah mengalami perubahan secara signifikan. Dengan bantuan teknologi, komunikasi jarak jauh dan persebaran informasi dapat dengan mudah dilakukan. Keberadaan media sosial berperan semakin penting dalam pertukaran informasi, dimana media sosial seakan menjadi alat komunikasi wajib bagi setiap individu.

Kemajuan teknologi mendisrupsi semua industri, terutama industri telekomunikasi, karena harus melakukan digitalisasi. Proses revolusi industri ini serta digitalisasi media massa membutuhkan waktu agar dapat kembali menyesuaikan dengan kondisi pasar.

Pada senggang waktu ini penawaran akan berita dan informasi mengalami kendala karena tidak terdistribusinya supply informasi kepada konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen telah berubah menjadi berbasis internet sedangkan media massa konvensional masih merajalela.

Seiring terhubungnya individu, kebutuhan akan informasi dari seluruh dunia seakan tumbuh pesat. Rasa keingintahuan mengenai peristiwa, aktivitas, gaya hidup, dan kejadian lainnya dari seluruh dunia ada pada diri manusia saat ini.

Semua orang ingin merasa paling up to date atau "kekinian" hingga muncul istilah fear of missing out (FOMO) atau takut dengan tidak mengetahui kondisi terkini. Oleh karena itu, influencer berperan untuk menjadi produsen atau distributor informasi dari seluruh dunia dan membuat tren itu sendiri. Lalu bagaimana pesatnya pertumbuhan influencer terkait dengan peristiwa ini?

Globalisasi dan Digitalisasi Dalam Industri Media Informasi

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dahulu, sebelum ada internet media massa konvensional berfungsi sebagai suatu instrumen untuk penyebaran pesan atau informasi ke masyarakat dalam jangkauan yang luas. Saat itu juga terdapat dua jenis instrumen media massa konvensional yaitu media cetak dan media penyiaran.

Sebagai instrumen penyebaran informasi tentu banyak cara yang dapat digunakan, bisa melalui suara, gambar, dan tulisan. Dahulu media massa yang sangat digemari masyarakat adalah surat kabar, radio, dan televisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun