HIGHLIGHT

Weekly Photo Challenge: Olah Digital

21 September 2012 19:05:15 Dibaca :
Weekly Photo Challenge: Olah Digital
Foto oleh Naim Ali (Album Kampret)

1348253353353990701

Hello, kawan-kawan Kampret. Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Seminggu kemarin kami tidak menyapa Anda lewat tantangan yang baru oleh karena kegiatan Weekly Photo Challenge (WPC) yang ke-21 kemarin diperpanjang seminggu sesuai permintaan beberapa kawan.

Kami sangat senang dan bangga melihat antusiasme kawan-kawan semua dalam kegiatan kolaborasi kemarin. Dalam daftar tulisan yang berpartisipasi terdapat 32 buah tulisan yang masuk hingga tulisan ini dibuat. Dan berhubung sifatnya kolaborasi dengan maksimum anggota dua (2) orang, maka bolehlah dikatakan bahwa ada 64 tulisan yang masuk! Mengapa? Ya karena ada dua kepala yang menyusun dan menggarap satu tulisan tersebut. Anda semua hebat!

Kini memasuki minggu ketiga pada bulan keenam kegiatan WPC ini, kami ingin mengajak Anda bermain-main seputar olah digital. Ya, tema WPC 22 ini adalah tentang Olah Digital.

Olah digital adalah satu hal yang tidak terpisahkan dari dunia fotografi. Bagi penggemar fotografi maka selayaknya tahu hal-hal yang standar dalam olah digital ini seperti misalnya: mengubah ukuran file foto (resize), memotong sebagian gambar (cropping), mengatur gelap-terang sebuah foto (adjusting), membuat watermark, menimpakan atau menggabungkan dua atau lebih gambar (layer), mengkoreksi gambar, dan lain-lain.

1348253988865193572
Koreksi awan oleh Lebs to Lebs (Album Kampret)

Ada banyak piranti lunak (software) yang dapat dipakai untuk mengolah hasil foto mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar. Sebab itu, kami serahkan kepada Anda semua mengenai pilihan piranti lunaknya.

Olah Digital dalam fotografi masih dalam tahap perkembangan, sejauh mana teknik itu diperbolehkan atau tidak. Dahulu jaman fotografi analog Post Production dalam fotografi adalah cuci cetak, yang merupakan faktor penting. Kini peranan itu digantikan oleh software digital, dan baru 10 tahun ini fotografi masuk dalam ranah digitalisasi.

1348254072721503344
High Dynamic Range/HDR oleh Harja Saputra (Album Kampret)

Batasan-batasan mana yang baik mana yang kurang baik memang masih rancu. Sebagian menunjuk hal tersebut manipulasi, sebagian lain menganggapnya sebagai sarana ekspersi seni. Setiap perkembangan, apapun bentuknya tak lepas dari sisi baik dan buruknya.

Maka kali ini kami mengajak Anda untuk berkenalan dan menggali lebih dalam tentang Olah Digital, yang memberikan ruang kebebasan dalam berkarya. Hal penting lain adalah mutu sebuah foto ditentukan dari hasil pemotretan itu sendiri, sehingga sedapatnya tetap tunduk dalam acuan pembelajaran fotografi. Sejauh mana hal itu disebut sebagai ekspresi, maka mari kita belajar bersama. Jangan lupa untuk sertakan sebisa mungkin langkah-langkah yang dilakukan pada foto Anda dalam rangka mengolahnya (edit) secara digital, agar kita semua bisa saling berbagi dan belajar satu sama lain.

1348254174738107876
Foto oleh Si Eka (Album Kampret)

Jangan lupa titipkan tautan (link) tulisan Anda pada kolom komentar dibawah jika Anda berpartisipasi dalam kegiatan Weekly Photo Challenge yang ke-22 ini. Dan jangan pula lupa untuk menautkan tautan tulisan ini ke artikel Anda agar memudahkan teman-teman lain yang ingin berpartisipasi atau membaca karya-karya yang lain.

Postingan yang terpilih sebagai yang terbaik untuk WPC 21: Foto Kolaborasi, adapadapostingan ini. Selamat kepada yang terpilih!

Salam Kampret!

Berikut daftar tulisan yang masuk untuk WPC 22:

  1. WPC 22: Instagram, Mainan Asyik Bagi Pecinta Fotografi
  2. Portrait of Keke
  3. Kucingku Keren Habis
  4. Melanjutkan Tradisi Nenek Moyang
  5. Ekspresikan Fotomu Dengan HDR!
  6. Jalan Pintas ke Low-Key
  7. Rinduku pada Hijau Dedaunan
  8. Obyek Itu Hilang Tertimbun Pasir Letusan Gunung Bromo
  9. WPC 22: Olah Digital Foto dengan Picassa
  10. Tantangan Oldig Bagi Pemula
  11. Mengolah Foto Digital dengan Streamzoo
  12. BeFungky: Olah Digital Foto Artistik yang Menggabungkan Instagram dan Photoshop
  13. Mengolah Foto: Cropping
  14. [WPC 22] Tentang Olah Digital, "Be Funky"
  15. Uh, Oh... I Don't Care Anymore! (Fiksi Edukasi)
  16. Serba Serbi Oldig
  17. Utak-atik Foto dengan iPiccy

Kampret Klik

/kampretos

tempat bermain kami, eh salah, tempat bermain kita :D
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?