HIGHLIGHT

Weekly Photo Challenge: Macro Photography

01 Juni 2012 19:39:48 Dibaca :
Weekly Photo Challenge: Macro Photography
Foto oleh Lebs To Lebs

13386082261412963795

Saya yakin anda masih teringat beningnya tatapan kekasih yang harap-harap cemas menanti kehadiran anda. Tentang sepasang bola mata kepunyaan buah hati yang memancarkan cahaya. Juga mungkin anda masih ingat kali pertama menyaksikan bulir embun yang menempel di dedaunan. Sebagian ingatan itu menyisakan sebaris kenangan, boleh jadi kenangan indah yang tak terlupakan.

Macro Photography

Beruntunglah daya ingat anda kini dibantu oleh fotografi yang memungkinkan mengabadikan semua hal yang disukai. Ketika peralatan rekam cahaya itu sudah merambah menjadi teknologi mikro, maka memungkinkan ia bersanding atau bahkan menempel dengan telpon genggam dengan kualitas yang unggul. Bukan hanya masalah optis berkualitas dan lampu blitz yang supermini, melainkan digitalisasi menyempurnakan cara kerja kamera hingga optimum, sehingga sekarang semua orang bisa belajar memotret. Membekukan waktu agar dapat dinikmati ulang segala sesuatu yang dilihat dan yang disukai.

Hal-hal tersebut terkadang sebagai sebuah bentuk ekspresi seni, ada kalanya sebuah bentuk narsisme: Apakah anda menyukai daun telingan anda sendiri? Kuku-kuku cantik berpoles warna-warni? Atau mungkin sepasang alis memesona pasangan anda. Ah, itu sah-sah saja bukan? Siapa lagi yang harus terlebih dahulu mencintainya kalau bukan diri sendiri?

13385646342065285393
Foto oleh Ajie Nugroho

Persoalan yang ada sekarang adalah apakah anda mampu menampilkannya dalam kaidah-kaidah estetika? Apakah peralatan anda memadai untuk mengatasi persoalan di atas? Mari kita buktikan pada Weekly Photo Challenge kali ini yang bertemakan: Macro Photography. Seperti biasa group Kampret mengajak anda semua untuk belajar melukis dengan cahaya, dengan kamera apapun yang anda miliki, baik berupa kamera ponsel, kamera saku, maupun DSLR.

13385647441724598488
Foto oleh Granito Ibrahim

Macro Photography adalah genre fotografi yang mengutamakan pemotretan jarak dekat. Setidaknya objek berbanding 1:1, lebih detil dan lebih bagus. Kendala kadangkala dihadapi oleh beberapa pemilik kamera utamanya (selain DSLR) untuk menghasilkan objek foto yang besar. Oleh karenanya kreatifitas kadang dibutuhkan untuk mengatasinya. Tautan berikut ini adalah beberapa contoh menghasilkan gambar makro dengan menggunakan kamera saku dan kamera iPhone: Macrophotography dengan Menggunakan Kaca Pembesar dan Close-up Shot with iPhone.  Tertarik mencobanya?

13385648562033823693
Foto oleh Dwi

Objek yang memesona dapat diperoleh dimana saja termasuk di sekitar rumah. Serangga yang kerap mendatangi seperti lalat, belalang, kumbang adalah salah satu contoh bentuk yang mungkin akan membuat anda terpana sendiri. Juga dengan barang-barang seperti tekstil, peralatan tulis dan elektronik yang seringkali luput dari perhatian; bahwa estetika bukan hanya sebidang lukisan mewah, bukan pula hanya gunung dan hamparan sawah.

1338564990338570356
Foto oleh Arif Hari

Putik bunga yang genit, detil buah-buahan dengan warna kontras, tekstur bebatuan atau pepohonan. Mungilnya jari jemari sang bayi, helai-helai rambut pujaan hati, atau bahkan anda mempunyai koleksi asesoris yang bahagian terkecilnya sering luput dari ingatan. Kesemuanya adalah sesuatu yang berharga untuk di abadikan secara maksimal.

1338565071680990960
Foto oleh Ningstami

Saya tidak akan berpanjang-panjang mengenai teknis. Mari kita praktekan bersama-sama bahwa keterbatasan anda melihat dari jarak yang amat dekat itu, kini akan menguak sebuah dimensi: tentang nirmana keindahan yang barangkali akan membuat anda sendiri terdecak kagum, apalagi orang lain. Dimensi dunia eksotis yang hanya dapat dilihat melalui Macro Photography. Selamat mencoba!

*****

Jangan lupa titipkan tautan (link) tulisan anda pada kolom komentar dibawah jika anda berpartisipasi dalam kegiatan Weekly Photo Challenge yang ke-7 ini. Dan jangan pula lupa untuk menautkan tautan tulisan ini ke artikel anda agar memudahkan teman-teman lain yang ingin berpartisipasi atau membaca karya-karya yang lain. Tema ini berlaku selama seminggu ke depan hingga tema baru keluar.

Pemenang WPC 6: Landscape Photography adalah postingan ini. Selamat kepada pemenang!

13385657631274017668

Salam Kampret!

Berikut daftar postingan WPC 7:

  1. Semarak Warna Kelopak Bunga
  2. Ketika Kaki Menjejak Pasir Pantai
  3. Iki JOGJA dab!
  4. (WPC-7) Spring Blossom in Wetland Park Hong Kong
  5. Bunga-Bunga Gulma
  6. [WPC] Kedamaian dari Dekat
  7. Serbaneka Disekitar Kita
  8. [WPC-7] Belajar Foto Makro (Close-Up) dari Objek Tumbuhan
  9. Kisah Capung Chicago
  10. Semut-Semut Nakal
  11. Macro Photography, dari Bunga, Buah Hingga ke Lilin
  12. Kecantikan di Sekitar Kita
  13. Diecast Toys dan Diecastography - Hobi Unik Segala Usia
  14. Seekor Ulat di Depan Rumah (WPC VII)
  15. Kekejaman Dunia Serangga.
  16. Belajar Menulis di Kompasiana
  17. "Teknik Fotografi Makro dan Hasil Bagus Itu Gampak Kok, Beneran!" ^_^
  18. Kupu-kupu [wpc-7]
  19. Rahasia Bikin Foto Makro dengan Lensa Standar Plus Editingnya
  20. Tips Fotografi Macro dengan Kamera Ponsel
  21. Manusia Berhati Ulat! - WPC 7
  22. Tidak Selalu, Busuk Itu Menjijikkan
  23. Uang Kembalian Diganti Permen, Menghidupkan Kembali Sistem Barter
  24. Surat Cinta
  25. WPC VII-Saya dan Kesukaan Memotret
  26. Macro Photography Versi Saya
  27. Aku, Perawan Tua Paling Beruntung Sedunia
  28. Tamu Tak Diundang
  29. Resleting Si 'kecil' Yang Sering Terlupakan
  30. Belajar dari Kesalahan Persepsi
  31. Foto Makro, Proses Mencari Tiada Akhir
  32. Betapa Lama Tlah Kurindukan
  33. Belajar Makro Fotografi: Nano-Nano Warna Di Sekitar
  34. Mari Belajar Bersama Memadukan Jurnalisme Warga dan Fotografi Bersama Kampret
  35. Bunga-Bunga Kota Pekalongan

Artikel Susulan:

  1. WPC 7, Kotak Mainan
  2. Korbankan Yang Lain Untuk Hasil Yang Optimal
  3. Macro Photography?
  4. Percobaan Foto Makro dengan Extension Tube

Kampret Klik

/kampretos

tempat bermain kami, eh salah, tempat bermain kita :D
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?