T & K

22 Juni 2012 04:17:12 Dibaca :

T : Tamu

K : Kakek

(Setelah salam berbalas salam, lalu duduk dan minum kopi kami berbincang-bincang)

T : Menurut Pak Hakimi bagaimana maksud saya berapakah jumlah ayat AlQuran itu sebenarnya?



K : MasyaAllah, "sebenar"nya, mana saya tahu Pak. Alangkah beratnya kata "sebenar"nya itu. Pertanyaan itu tidak bisa saya jawab.



T : Hehehe, bagaimana kalau pertanyaannya saya ganti. Sepengetahuan Pak Hakimi berapakah jumlah ayat AlQuran itu?

K : Mmmm, saya akan coba jawab. Kalau ...kalau yang dimaksud adalah Kitab Suci AlQuran, nah yang ini (menunjuk Kitab Suci AlQuran) ini jumlahnya 6236. Saya sudah mencoba menjumlahkannya berkali-kali. Sama 6236. Selain itu dalam Kitab AlQuran Terjemahan keluaran Departemen Agama ada juga keterangan tentang jumlah yang 6236 itu.

T : Apakah ada AlQuran yang lain?

K : Kalau Kitab Suci AlQuran, yang lain, selain yang jumlahnya 6236 menurut saya tidak ada. Tapi kalau AlQuran, tanpa kata "kitab" menurut saya ada.

T : Apa dasarnya Pak Hakimi mengatakan itu ada?

K : Hehehe, mohon maaf kalau saya salah ya. Entah dalam Kitab Suci AlQuran, entah dalam AlHadits, entah dalam Hadits Qudsyi, ada keterangan, maksud saya, saya pernah baca, kira-kira begini : Jika lautan dijadikan tinta dan semua pepohonan dijadikan kalam atau pena lalu ditambahkan sebanyak itu lagi, dipakai untuk menuliskan ayat-ayatnya maka semua itu tak cukup. Nah dengan keterangan itu AlQuran itu ada. Di mana adanya tak tahulah saya. Barangkali Bapak bisa menerangkan tentang itu kepada saya.

T : Hehehe, saya tidak tahu juga.

K : Hehehe,  susah melihatnya karena terlalu besar. Saking besarnya maka tak muat diotak kita yang kepalanya hanya sebesar ini, hahahaha.

T : Lalu yang 6666 itu bagaimana?

K : Nah, ini yang lucu. Hampir setiap orang yang saya tanya kepada mereka berapa jumlah ayat AlQuran, semua menjawab, bahkan ngotot bertahan diangka 6666. Ya, saya kadang-kadang mengiyakan saja angka 6666 itu daripada ribut. Menurut saya sebaiknya setiap Muslim hendaknya mempertanyakan kenapa kok ada 6666. Untuk saya angka ini adalah angka kunci.

T : Maksud angka kunci itu apa?

K : Dengan adanya angka 6666 dan angka 6236 kita mendapat selisih 430. Dan dengan angka 430 ini kita bisa, meski sedikit sekali, menemukan keindahan yang mahaindah ...hahahaha ....

K dan T selanjutnya ngobrol yang lain, sambil sesekali kembali kepada obrolan pokok, namun T tak

pernah bertanya lebih lanjut. Dan kamipun berpisah.

Kota Baru_Karawang, Juni 14, 2011_21.35

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?